Breaking

Januari 30, 2021

Cara Memperbaiki USB Flashdisk Write Protected

Masalah flashdisk mungkin membuat banyak orang menjadi bingung. Setelah kita sempat membahas tentang cara memperbaiki USB Device Not Recognized, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara mengatasi USB Flashdisk Write Protected.
Cara Memperbaiki USB Flashdisk Write Protected
Cara Memperbaiki USB Flashdisk Write Protected

Memang masalah flashdisk yang satu ini jarang dialami banyak orang dibandingkan flash drive lainnya. Namun jika flashdisk sudah menunjukkan write protected atau berarti error dalam menulis maka untuk mengatasi dan memperbaikinya bisa dikatakan sangat ribet. Namun anda tidak perlu bingung karena pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi USB flash drive full write protected.

Write Protected USB Flashdisk biasanya akan muncul saat Anda ingin memformat flashdisk. Biasanya bila menemui error berupa USB flash drive yang diproteksi tulis, maka akan muncul tulisan seperti berikut.

Tidak dapat menghapus nama flashdisk: Disk dilindungi dari penulisan
Hapus file-porotection atau gunakan disk lain
Biasanya dalam memperbaiki flash drive USB yang dilindungi tulis ini, sebagian besar pengguna akan menggunakan aplikasi yang digunakan untuk memperbaiki flashdisk yang terbaca sebesar 0 byte. Namun perlu Anda ingat bahwa setiap software dan aplikasi memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda. Dan tentunya tidak mungkin bahwa perangkat lunak yang Anda gunakan untuk memperbaiki flash disk 0-byte yang dapat dibaca dapat digunakan untuk memperbaiki flash drive usb yang dilindungi penulisan ini.

Langsung saja, berikut cara yang bisa Anda coba untuk memperbaiki penulisan USB yang dilindungi tulis sebagai berikut.

Memperbaiki Tulisan Flashdisk USB yang Dilindungi Melalui Safe Mode

1. Restart Laptop atau Komputer Anda

2. Setelah booting di BIOS (sebelum logo Windows muncul), buruan tekan tombol F8 pada keyboard anda hingga muncul gambar seperti di bawah ini.



3. Pilih Safe Mode dan tekan Enter

4. Setelah login ke Windows, kemudian klik kanan pada USB Drive (Flashdisk) Anda

5. Setelah itu klik format. Pilih Format Cepat

6. Jika berhasil, teks "Format is Complete" akan muncul. Jika gagal, silakan coba cara kedua di bawah ini.

Memperbaiki USB Flashdisk Write Protected Through Registry

1. Colokkan USB Flashdisk ke Komputer atau Laptop Anda

2. Setelah flasdisk terinstal. Buka registri windows. Caranya klik start, lalu tulis run di kolom pencarian. Kemudian ketik REGEDIT

3. Setelah itu masuk ke jendela registry editor, cari key berikut


HKEY_LOCAL_MACHINE SYSTEM Currentcontrolset Control

dan cari string StorageDevicePolicies.

Jika Anda tidak menemukannya, lakukan langkah-langkah berikut:

Klik HKEY_LOCAL_MACHINE SYSTEM Currentcontrolset Control

lalu klik kanan di folder Kontrol

4. Pilih New - Key lalu ubah nama menjadi StorageDevicePolicies

5. Klik kanan di folder StorageDevicePolicies yang baru dibuat, lalu pilih DWORD (32-bit) bagi mereka yang memiliki OS 32bit, atau DWORD (64-bit) bagi mereka yang memiliki OS versi 64-bit.

6. Ubah nama DWORD yang baru saja kita buat menjadi WriteProtect dan double click kemudian ubah nilai datanya menjadi 0 dengan hexadecimal.


7. Setelah itu tutup jendela Registry Editor. Selanjutnya, restart komputer Anda

8. Kemudian pasang kembali flashdisk Anda. Kemudian lakukan langkah-langkah untuk memformat flashdisk Anda

Begitulah cara menangani USB flash drive yang memiliki proteksi tulis. Dengan langkah-langkah ini, flashdisk Anda mungkin tidak lagi dilindungi dari penulisan. Namun, jika Anda telah melakukan kedua cara di atas pada flashdisk Anda tetap menulis error protected.

Maka kemungkinan terbesar flashdisk Anda adalah flashdisk yang hanya memiliki kemampuan membaca. Bukan flashdisk yang bisa memiliki fitur untuk menulis perintah. Oleh karena itu, sebelum membeli flashdisk, pastikan flashdisk yang Anda beli memiliki kemampuan yang cukup lengkap sehingga dapat digunakan untuk membaca (membaca) dan juga menulis (menulis).

Tidak ada komentar: