Breaking

Januari 23, 2021

Curug Ngebul, Tempat Liburan di Bandung Barat

Curug Ngebul, tempat liburan di Bandung Barat. Liburan dan menentramkan diri di alam memang menjadi trend saat ini di kelompok remaja. Sebab tidak hanya menentramkan diri, bermain di alam mempunyai beberapa bonus, pemikiran tenang, tubuh berasa fresh, dan menambahkan koleksi foto tentu saja. Tetapi terkadang niat untuk menentramkan pemikiran dapat buyar sebab ricuhnya situasi alam oleh pengunjung yang terlalu banyak, hingga kurangi ketenangan yang sekian lama ini dicari.

Bila seringkali sobat mendatangi wilayah liburan alam dan gagal lantaran begitu banyak orang, tidak halnya dengan satu liburan alam yang masih amat perawan ini. Berada di Kabupaten Bandung Barat, pasnya di Kp. Cisitu, Dusun Sindangjaya, Kec. Gununghalu, ada satu curug yang benar-benar perawan dan tersembunyi dari publik umum yaitu Curug Ngebul.


Curug Ngebul ini dapat disebut masih murni dan bersih dari jamahan tangan usil beberapa pengunjung, sebab Curug Ngebul belum diatur oleh pihak mana saja. Cuman diatur oleh beberapa masyarakat sekitar, hingga sarana di Curug Ngebul masih minim. Curug ini mempunyai ketinggian kira-kira 20 mtr., dengan lebar kira-kira 5 mtr.. Lantaran ketinggian curug berikut, sewaktu debit air sedang tinggi, air yang jatuh akan memunculkan butiran - butiran embun yang berkumpul seperti asap. Hingga curug ini diberi nama Curug Ngebul.


Air dari Curug Ngebul ini berawal dari salah satunya curug yang fenomenal di Bandung Barat, yakni Curug Malela. Lantaran, Curug ini ada dibagian hulu dari Curug Malela, yang aliran airnya berawal dari aliran sungai Cidadap.


Lokasi

Disebabkan masih tersembunyi, akses ke arah Curug Ngebul ini cukup susah dan cuman dapat memercayakan masyarakat sekitar sebagai petunjuk arahnya. Sebab tidak ada panduan jalan sekalipun untuk ke arah lokasi. Untuk arah pertama yang perlu sobat lewati ialah Cililin. 


Dari Cililin, terus melaju menuju Gununghalu. Sesampai di Gununghalu, arahkan kendaraan sobat ke Dusun Celak Kidul, saat sobat sampai di Celak Kidul, tanyalah pada masyarakat sekitar jalan setapak ketujuan Curug Ngebul.


Tidak ada komentar: