Daftar Curug Wilayah Parongpong dan Cisarua, Kabupaten Bandung barat

Daftar Curug Wilayah Parongpong dan Cisarua. Curug atau air terjun yang ada di Kabupaten Bandung Barat memang tidak ada batasnya, dapat disebutkan di tiap wilayah nyaris mempunyai curug, yang tentu saja populer dengan keelokannya.kesempatan ini kita akan meringkas curug yang ada di seputar Parongpong-Cisarua. Didaerah Parongpong-Cisarua sobat dapat pilih tujuan wisata curug yang tidak kalah menarik, sebab di wilayah ini ada serangkaian beberapa curug dengan keelokan yang alami. 


Di bawah ini ialah daftar Curug di wilayah Parongpong-Cisarua

Daftar Curug Wilayah Parongpong dan Cisarua, Kabupaten Bandung barat

1. Curug Layung

Curug layung adalah satu dari beberapa Curug di saluran Sungai Cimahi. Berada di Dusun Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, curug ini sempat tertutup untuk umum saat dahulu daerahnya terhitung ke dalam tempat latihan Kopassus di kaki Gunung Burangrang. Tetapi semenjak tahun 2012 tempat ini mulai dibuka kembali selaku tempat wisata.


Curug Layung ini tidak begitu tinggi salurannya, tetapi mempunyai kolam alami yang lumayan luas. Umumnya curug ini jadi area berenang untuk beberapa pengunjung yang tahan dengan dinginnya air sungai Cimahi yang mengucur dari hulunya di wilayah Situ Lembang. Curug ini berada di posisi paling hulu di saluran Sungai Cimahi, menuju hilir semakin ke bawah masihlah ada curug lain, yaitu Curug Tilu, Curug Bugbrug, Curug Cimahi, Curug Panganten, dan Curug Lalay.


Lokasi Tujuan

Ke arah Curug Layung ini ada dua jalan khusus yang dapat dilalui, yaitu melalui lajur Komando dan melalui lajur wilayah wisata CIC. Bila dari arah Bandung/Lembang, sobat dapat masuk jalan Kolonel Masturi sampai melewati tempat wisata Curug Cimahi lalu masuk di jalan Komando. Bila dari arah Cimahi, sobat dapat melalui Jalan Kolonel Masturi lalu masuk di jalan Komando saat sebelum object Rekreasi Curug Cimahi. Ikuti lajur naik sampai masuk gerbang rekreasi Curug Layung. 


Di sini sobat dapat memarkirkan kendaraan dan beli ticket masuk dengan harga Rp 10.000. Disini, sobat dapat hiking telusuri lajur hutan pinus di kaki Gunung Burangrang ke arah Curug Layung. Pilihan lain dapat melalui object Wisata CIC (Ciwangun Indah Camp). Tempat wisata CIC ini masih ada di dekat pintu gerbang tempat wisata Curug Cimahi. Masuk dan ikuti lajur ke arah CIC dan beli ticket dengan harga Rp 7.000. Dari area wisata CIC ini, sobat dapat ke arah Curug Layung melalui lajur sungai atau lajur kebun teh.


Untuk pencinta hiking, lajur CIC ini lebih menarik sebab bisa hiking menyusuri lajur Sungai Cimahi melalui jembatan bambu yang membentang di atas saluran sungai sekalian dapat nikmati Curug Tilu yang mengucur sesudah Curug Layung. sobat bisa juga nikmati hijaunya Perkebunan Teh Sukawana saat sebelum sampai di Curug Layung. Dari tempat wisata CIC ke arah Curug Layung dapat dilakukan dengan waktu 30 menit sampai 1 jam perjalanan jalan kaki menyusuri Sungai Cimahi. Perjalanan ini akan terbayarkan dengan cantiknya panorama sejauh perjalanan dan segarnya air di Curug Layung yang bersih dan alami.


2. Curug Tilu Leuwi Opat

Curug tilu leuwi opat sebuah area wisata alam yang menyediakan udara sejuk dan panorama yang asri yang berada di wilayah Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Curug ialah air terjun dalam bahasa sunda. Diberi nama curug tilu sebab air terjun ini mempunyai tiga tingkatan air terjun, dan mempunyai empat leuwi (sungai). Sebetulnya, di area ini tidak cuma ada curug tilu, tetapi ada pula beberapa curug yang lain seperti curug aseupan, curug citulang, dan curug cilaki.


Lokasi Tujuan

Agar bisa mengunjungi area wisata ini, ada dua lajur. Bila sobat datang dari arah Cimahi, karena itu sobat harus ambil jalur Kolonel Masturi. Sedangkan buat sobat yang tiba dari arah Bandung, karena itu alternatiff jalan yang diambil ialah Ledeng - Sersan Bajuri. Dari Sersan Bajuri, sobat harus melanjutkan perjalanan menuju Parongpong. 


Ke-2 lajur ini bertumpu di satu titik yakni CIC (Ciwangun Indah Camp) menjadi pintu masuknya. Akses menuju wilayah ini juga cukup bagus. Apabila sobat ingin berwisata alam ke wilayah ini, sobat perlu mengambil dompet senilai Rp. 10.000,- untuk ticket masuk dan Rp. 2.000,- untuk parkir kendaraan sobat. Tetapi untuk mengadakan aktivitas camping sobat akan dikenai biaya tambahan yang umumnya dapat dibicarakan lebih dulu dengan petugas keamanan di pintu depan.


3. Curug Bubrug

Curug Bugbrug adalah tempat rekreasi di Bandung yang tersembunyi. Bandung sendiri populer dengan rekreasi alamnya yang perawan dan belum tersentuh banyak wisatawannya. Kami tunjukkan salah satunya tempat rekreasi alam air terjun yang cantik di Bandung yang harus sobat datangi. Rekreasi itu adalah salah satunya tujuan rekreasi lembang yang lebih terkenal dengan panggilan Curug Bugbrug Sesuai namanya kata Bugbrug dengan bahasa sunda ialah bermakna bertumpuk atau tumpah tindih.


Lokasi Tujuan

Tempat Curug Bugbrug beralamatkan di Jalan Kolonel Masturi, Dusun kertawangi, Kecamatan Cisarua, Lembang Kabupaten Bandung Barat. Dari arah ledeng, patokannya ialah terminal Parongpong, -+ 1KM sebelum curug pelangi/curug cimahi di samping kanan jalan sobat akan mendapati gerbang ke arah CIC. ikuti jalan itu. Belum ada penglola resmi curug bugbrug, hingga tidak ada gerbang masuk resmi. untuk penitipan kendaraan sobat dapat memercayakan di warung atau rumah masyarakat.


Tempat ini benar-benar mudah untuk di capai walau tempatnya ada di pedalaman. Lalu untuk jam kunjungan rekreasi ini sebetulnya tidak ada batas waktu selama 24 jam.kebanyakan mulai pukul 09.00 - 16.00 WIB.


4. Curug Pelangi atau Curug Cimahi

Curug Cimahi, atau kini lebih dikenal dengan nama Curug Pelangi. Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 87 meter ini disebut dengan curug Pelangi karena pihak pengelola yaitu Perhutani melakukan inovasi baru dengan menambahkan lampu di ujug curug sehingga terpancar warna – warni indah bak pelangi. Lampu ini pula lah yang membuat curug Pelangi tidak hanya dapat dinikmati saat siang hari, namun juga malam hari.


Lokasi Tujuan

Untuk dapat mencapai lokasi ini, sobat bisa melewati jalur Kolonel Masturi untuk yang memulai perjalanan dari Cimahi, dan melewati jalur Ledeng – Sersan Bajuri – Parongpong untuk sobat yang memulai perjalanan dari Bandung.  Tiket masuk untuk menikmati keindahan curug pelangi ini pun dibagi menjadi dua harga. Yaitu Rp. 12.000,- untuk sobat yang berkunjung sebelum pukul 17.00, dan Rp. 15.000,- untuk sobat yang berkunjung setelah pukul 17.00. Kawasan wisata ini sendiri dapat dikunjungi hingga pukul 21.00. Jadi, jika sobat bosan menikmati keindahan air terjun pada siang hari, cobalah datang pada malam hari dan rasakan sensasinya.


5. Curug Anom Natural Hill Cisarua

Curug Anom, belum terlalu terkenal di kalangan media, bahkan mungkin baru beberapa orang yang tahu dan pernah main kesini. Terletak di sebuah tempat wisata keluarga bernama Natural Hills, Curug Anom ini biasanya menjadi salah satu destinasi pengunjung yang mengadakan acara atau sekedar menginap di Natural Hills.


Lokasi Tujuan

Rute yang harus sobat tempuh untuk dapat mencapai Curug Anom, sama dengan rute yang harus sobat tempuh menuju Curug Pelangi. Dari Curug Pelangi, lanjutkan perjalanan sobat mengikuti alur jalan. Dan sobat akan mendapati Natural Hills. Tidak perlu khawatir akan tersesat, karena papan Natural Hills cukup besar dan terlihat jelas. Alamat lengkap dari Natural Hills sendiri adalah Jl. Kolonel Masturi belakang pom bensin Sukajaya rt 02/06, Desa Sukajaya, Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.


6. Curug Panganten

Bertempat di Bandung Barat, persisnya di Dusun Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, ada sebuah air terjun yang sering dipanggil Curug Panganten. Sebuah air terjun pada ketinggian 1050 Mdpl dengan tinggi lebih kurang 50 mtr. ini simpan cerita dan riwayat tertentu. Dahulu, Curug Panganten ini dikenali dengan Curug Manglayang.


Lokasi Tujuan

Untuk capai Curug Panganten, dari arah Cimahi sobat harus ambil jalan ke arah Parongpong. Persisnya di dekat perumahan dan Rekreasi Alam Katumiri. Dianjurkan untuk memakai sepatu atau sandal gunung bila akan berkunjung ke sini. Sebab dari Rekreasi Alam Katumiri, sobat harus menepuh jarak kira-kira 2 Km dengan trek berbatu dan licin bila turun hujan.


Itulah beberapa destinasi wisata alam Daftar Curug Wilayah Parongpong dan Cisarua, Kabupaten Bandung barat yang dapat kami rangkum. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar