Breaking

Januari 21, 2021

10 Tempat Wisata di Bandung Barat Paling Populer

Tempat wisata di Bandung Barat paling populerBerbicara mengenai tempat wisata di Bandung Barat tidak pernah usai, apa lagi mengulas wisata alam Bandung Barat yang tidak ada selesainya. Beberapa ratus tujuan wisata tersaji dengan bagus dan menarik, baik yang telah diatur atau yang dalam step peningkatan.


Beberapa tujuan wisata di Bandung Barat jadi tempat favorite oleh pengunjung, baik sebab kemegahan alamnya atau sebab sarana yang disiapkan oleh pengurus, atau bisa saja sebab tempat wisatanya mempunyai spot foto yang bagus. di bawah ini ialah tempat wisata di Bandung Barat yang lagi hits dan difavoritkan oleh pengunjung.


10 Tempat Wisata di Bandung Barat yang Paling Populer


1. Sungai Cikahuripan
photo by @ucup.uliners on instagram

Keindahan yang disuguhkan di Sungai Cikahuripan ini, bukan berasal dari air sungai nya. Meskipun memang air di Sungai Cikahuripan masih sangat bersih, dan tidak memiliki bau ataupun rasa. Adapun yang menjadi daya tarik dari Sungai Cikahuripan adalah bebatuan yang tersebar di sekitar sungai, serta dua buah tebing yang menjulang tinggi mengapit aliran sungai, mirip seperti di Green Canyon. 


Akses menuju sungai cikahuripan ini sama seperti jika sobat akan menuju Waduk Saguling di Rajamandala, jalan yang ditempuh untuk mencapai Sungai Cikahuripan masih berbatu, sehingga sobat harus berhati – hati saat berjalan.


2. Taman Lembah Dewata (Ganesha Equestrian)

Taman Lembah Dewata (Ganesha Equestrian)
photo by @why_ajie on instagram

Nama Taman Lembah Dewata sendiri belum diketahui asal usul nya. Namun tak ada salahnya jika diartikan dengan sebuah taman surga yang berada di pelataran perbukitan (lembah). Betapa tidak, tempat ini tentu menjadi surga nya para penikmat alam dan pecinta fotografi. Hijaunya perbukitan yang terhampar di Taman Lembah Dewata ini dipercantik dengan adanya sebuah danau tadah hujan di bagian tengah. 


Selain itu terdapat sebuah dermaga kecil yang terbuat dari bambu dan letaknya menjorok ke tengah danau.Untuk dapat menikmati keindahan alam danau tadah hujan di Taman Lembah Dewata ini, sobat hanya perlu berangkat kea rah utara dari pusat kota Lembang, tepatnya ke arah Tangkuban Parahu. Tepatnya sebelum kawasan Cikole, di sebelah kanan sobat akan menemukan kawasan Wisata berkuda Ganesha Equestrian.


3. Benteng Pasir Ipis

Benteng Pasir Ipis
photo by @infobdg on Instagram

Untuk dapat menyambangi Benteng Pasir Ipis ini, sobat hanya perlu menuju pusat Kota Lembang. Sebelum memasuki kawasan Pasar Lembang, sobat akan mendapati sebuah rumah makan bernama Mandarin. 


Ada sebuah jalan kecil dekat rumah makan tersebut, ikutilah jalan tersebut atau bertanya langsung pada warga sekitar untuk dapat sampai ke Benteng Pasir IpisPenampakan dari Benteng Pasir Ipis ini sendiri tidak seperti yang sobat bayangkan jika mendengar kata “benteng”. Tentu sobat akan berkhayal sebuah tembok besar yang membentang dan memiliki panjang berkilo – kilo meter. 


Tidak dengan Benteng Pasir Ipis. Bangunan Benteng Pasir Ipis sudah sebagian yang tertimbun tanah dan pepohonan. Serta bagian badan dari benteng ini pun sudah ditumbuhi lumut. Namun jika sobat pintar memanfaatkan kamera yang sobat punya, dijamin sobat akan mendapatkan hasil gambar yang bagus jika berfoto di Benteng Pasir Ipis ini.


4. Bukit Gantole

Bukit Gantole
photo by @sinta.l on instagram

Ada beberapa alternatif jalur yang dapat sobat gunakan untuk menuju Bukit Gantole. Bagi sobat yang berasal dari Kota Bandung atau Jakarta, patokan yang harus sobat ingat adalah CImareme atau arah Batujajar. 


Selepas jembatan Sasak Bubur Cihampelas, ambil lah jalur kiri kea rah Nyalindung. Dari sana sobat hanya perlu mengikuti jalan saja sampai menemukan Bukit Gantole.Dari Bukit Gantole ini, sobat bukan hanya dapat menyaksikan para atlet atau pecinta paralayang berlatih. sobat pun dapat menikmati pemandangan indah yang terhampar. 


Sejauh mata memandang, sobat dapat menyaksikan keindahan hutan pinus milik perhutani, saguling, dan pemandangan Cimahi dan Kota Bandung dari atas sini.


5. Hutan Pinus PAL 16

photo by @rachmanharyanto on instagram

Letaknya yang tidak jauh dari Wana Wisata Gunung Tangkuban Parahu, membuat Pal 16 memiliki udara yang dingin dan sejuk. Pal 16, dulunya hanya sebuah hutan pinus kosong. Namun seringkali digunakan berhenti sejenak oleh para pengendara motor ataupun mobil untuk beristirahat sejenak. 


Ada sebuah tempat beristirahat atau rest area yang berbeda dari rest area biasanya. Terletak di jalan raya Cikole, Lembang, sobat yang mengemudi menuju Subang, bisa berhenti sebentar di Pal 16. Pal 16 merupakan sebuah lahan seluas 2 Ha yang ditumbuhi pohon – pohon pinus, atau lebih tepatnya Pal 16 adalah kawasan hutan pinus.


6. Gunung Batu Lembang

Gunung Batu Lembang
photo by @tyuniar93 on instagram

Akses menuju Gunung Batu Lembang ini tidak lah sulit. sobat dapat mengunjungi tempat ini dengan menggunakan angkot, ojeg, ataupun kendaraan pribadi. Dari pusat Kota Lembang, ambilah arah menuju jalan Maribaya. Di Jl. Raya Maribaya, lurus terus dan belok kanan sampai Jl. Buka Nagara. Dari sini sobat sudah dapat melihat Gunung Batu dari kejauhan. Setelah melewati Jl. Buka Nagara, belok kiri melewati Jl. 


Buniwangi dan sobat sudah berada di jalur pendakian Gunung Batu.Tidak jauh dari pusat Kota Lembang, terdapat sebuah destinasi wisata alam yang tidak masih jarang disambangi. Gunung Batu namanya. Gunung Batu, merupakan salah satu patahan Lembang dengan lebar sekitar 300 meter dan panjang 22 kilometer. Gunung Batu merupakan tempat yang cocok untuk sobat jika ingin berburu matahari terbit ataupun menikmati indahnya senja dari ketinggian. 


Dari puncak Gunung Batu, jika sobat melihat ke sebelah utara, sobat akan secara langsung melihat Gunung Tangkuban Parahu, Gunung Burangrang dan Gunung Putri. Jika sobat melihat ke sebelah timur, sobat akan melihat penampakan dari Gunung Bukittunggul dan agak jauh dari situ sobat akan melihat gambaran Gunung Manglayang. Sedangkan jika melihat ke arah selatan, sobat akan melihat jajaran Gunung Malabar, Gunung Haruman dan Gunung Patuha dari kejauhan.


7. Orchid Forest

Orchid Forest
photo by @nizaramrullah on instagram

Orchid Forest berada di Jalan Tangkuban Parahu Raya, Km 8. Sehingga bagi sobat yang ingin menikmati wisata edukasi di Orchid Forest, sobat hanya perlu mengarahkan kendaraan sobat ke arah Tangkuban Parahu, dan sobat akan menemukan gerbang masuk Orchid Forest yang siap menyambut sobat. Orchid Forest terletak di ketinggian sekitar 1.500 Mdpl. 


Cuaca dingin dan hawa sejuk yang dihasilkan dari pohon – pohon pinus yang menjulang tinggi mempercantik suasana di sekitar penangkaran bunga anggrek ini. Tidak hanya satu atau dua macam bunga anggrek yang akan sobat temukan di Orchid Forest, tapi berbagai macam jenis anggrek ada disini.


8. Puncak Eurad

Puncak Eurad
photo by @zoddy11 on instagram

Untuk dapat menjangkau Puncak Eurad, sobat hanya perlu berangkat melalui Lembang menuju Pasar Ahad, kemudian dilanjutkan menuju Cikareumbi dan sobat akan menemukan Puncak Eurad. Sudah banyak papan penunjuk yang tersebar, namun jika sobat ragu, sobat dapat bertanya pada warga sekitar mengenai keberadaan Puncak Eurad.


Tempat wisata yang sedang hits ini didominasi oleh warna hijau yang berasal dari pohon pinus, perbukitan dan kebun teh disekitarnya. Meskipun terbilang baru, Puncak Eurad cukup menarik perhatian dengan dihadirkannya beberapa spot foto yang sangat instagramable. Seperti perahu yang terbuat dari bambu yang bisa sobat gunakan untuk berfoto. Atau sebuah gardu pandang yang didirikan tepat di sisi tebing.


9. Air Panas Nagrak

Air Panas Nagrak
photo by @sisadoe on instagram

Untuk mencapai kolam air panas Nagrak ini, ada dua alternatif jalan. Jika sobat dari arah Bandung, arahkan kendaraan ke Ledeng – Cihideung – Patrol. Dari Patrol, arahkan kendaraan sobat ke kanan menuju Lembang. Tidak jauh dari pertigaan Patrol tersebut, sekitar 100 meter, sobat akan menemukan jalan Nagrak. 


Jika sobat dari arah Cimahi, ambilah jalir Kolonel Masturo menuju Parongpong, kemudian menuju Patrol, dan ambil jalur kiri ke arah LembangKolam air panas Nagrak, sebenarnya sudah ada sejak lama, namun baru dibuka usai lebaran kemarin. 


Kolam ini memiliki sumber air panas yang berasal dari aliran air belerang Gunung Tangkuban Parahu sehingga, selain rasa nyaman dan relax, air di kolam air panas Nagrak ini tentu saja memiliki banyak manfaat. Bentuk kolam di kolam air panas Nagrak tidak seperti di pemandian air panas yang pada umumnya sudah dipatenkan. Kolam air panas Nagrak ini berada tepat di aliran sungai, dan dibendung sehingga sobat dapat berendam di dalamnya. Hal ini membuat nuansa alam sangat terasa kental saat sobat berendam disana.


10. Curug Ngebul

Curug Ngebul
photo  by @mochadjamalfarizqi on instagram

Dikarenakan masih tersembunyi, akses menuju Curug Ngebul ini cukup sulit dan hanya bisa mengandalkan warga sekitar sebagai penunjuk arahnya. Karena belum ada petunjuk jalan sama sekali untuk menuju lokasi. Untuk arah pertama yang harus sobat lalui adalah Cililin. Dari Cililin, teruslah melaju ke arah Gununghalu. 


Sesampainya di Gununghalu, arahkan kendaraan sobat ke Desa Celak Kidul, ketika sobat sampai di Celak Kidul, tanyakanlah pada warga sekitar jalan setapak menuju Curug Ngebul.Jika beberapa kali sobat mengunjungi daerah wisata alam dan batal karena terlalu banyak orang, tidak halnya dengan satu wisata alam yang masuh sangat perawan ini. 


Terletak di Kabupaten Bandung Barat, tepatnya di Kp. Cisitu, Desa Sindangjaya, Kec. Gununghalu, ada satu curug yang masih sangat perawan dan tersembunyi dari khalayak umum. Namanya, Curug Ngebul. Curug ini bisa dibilang masih murni dan bersih dari jamahan tangan jahil para pengunjung, karena Curug Ngebul belum dikelola oleh pihak manapun.


Itulah 10 Tempat wisata di Bandung Barat paling populer atau sedang hits. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar: