13 Tip dan Trik Label Gmail, Mengatur dan Mengelola

Tip dan Trik Label Gmail, Mengatur dan Mengelola.Anda dapat menambahkan Label di Gmail untuk menemukan yang penting dan mengaturnya secara sistematis. Gmail memberi Anda beberapa label yang telah ditentukan sebelumnya seperti Sampah, Spam, dan Draf. Kami akan membagikan tip untuk membantu Anda membuat label Gmail baru untuk mengkategorikan dan mengatur semua email yang ada dan yang masuk.

13 Tip dan Trik Label Gmail, Mengatur dan Mengelola

Salah satu hal keren tentang Label adalah satu email dapat memiliki banyak label. Misalnya, Anda dapat membuat label untuk email berdasarkan prioritas tugas (prioritas tinggi, prioritas rendah), orang (pengelola, editor), subjek, jenis, dan lainnya.


Berikut beberapa tips yang akan membantu Anda bagaimana mengatur dan mengelola label di Gmail.


Di Mana Anda Melihat Label

Anda dapat melihat label dari sidebar kiri di versi web Gmail. Klik pada label mana saja untuk melihat email di dalamnya. Cara lainnya, Anda akan menemukan label sebelum subjek email di daftar email.

1
Anda juga akan menemukan label di samping subjek email saat Anda membuka email.

2

1. Buat Label di Gmail

Ada dua cara untuk membuat label dari situs web Gmail. Pertama, buka Gmail dan klik Buat label baru dari sidebar kiri. Jika Anda tidak melihatnya secara langsung, klik Lainnya> Buat label baru.

3


Pop-up label baru akan terbuka. Ketik nama label Anda dan klik Buat. Label baru akan muncul di sidebar kiri.

4

Cara lain untuk membuat label adalah dari email itu sendiri. Misalkan Anda membaca email dan ingin menambahkannya ke label. Tetapi Anda tidak menemukan label yang cocok. Anda dapat membuat label secara instan.


Untuk itu, buka emailnya. Klik ikon Label di bagian atas dan pilih Buat label baru dari menu. Ketik nama dan tekan Buat.

5

catatan: Anda tidak dapat membuat, mengedit, atau menghapus label dari aplikasi Gmail Android. Namun, Anda dapat melakukannya di aplikasi iOS.


2. Tambahkan Label ke Email

Setelah membuat label, saatnya menerapkannya ke email Anda. Untuk itu, buka email yang diminta. Klik pada ikon Label. Centang kotak di samping label yang ingin Anda terapkan ke email Anda dan tekan tombol Terapkan.

6

Saat Anda menerapkan label ke email, label tersebut akan tetap memiliki salah satu label yang ada seperti Kotak Masuk, Pembaruan, dll., Tempat pertama kali menerima email. Menambahkan label tidak akan menghapusnya dari folder tersebut. Jadi Anda dapat mengaksesnya dari kotak masuk utama dan label tambahan. Jika Anda ingin menghapus email dari label yang ada, periksa cara memindahkan label dari bagian berikutnya.


3. Pindahkan Email ke Label

Jika Anda ingin kotak masuk yang bersih, Anda dapat menghapus email label Kotak Masuk dan menyimpannya di label khusus mereka saja. Saat Anda melakukannya, Anda hanya akan menemukan email di bawah label yang ditambahkan ke dalamnya dan bukan di kotak masuk utama.


Anda dapat memindahkan email ke label dengan tiga cara. Pertama, buka email yang diperlukan dan klik ikon Pindah ke. Pilih label yang diperlukan dari menu.

7

Kedua, tambahkan label yang diperlukan ke email Anda terlebih dahulu. Kemudian klik ikon silang di samping label tempat Anda ingin menghapus email. Katakanlah Inbox. Simpan hanya label di tempat Anda ingin email muncul.

7

Terakhir, seret dan lepas email dari daftar email ke label yang diperlukan di bilah sisi kiri.

8

4. Tambahkan Warna ke Label

Untuk mengidentifikasi email Anda dengan mudah, Anda dapat memberi kode warna pada label. Misalnya, Anda dapat menggunakan warna merah untuk email prioritas tinggi atau menambahkan warna merek ke label, dll. Label berwarna akan muncul di daftar email.

9

Untuk menambahkan warna ke label apa pun, arahkan mouse Anda ke atas label dari sidebar kiri. Klik panah bawah atau ikon tiga titik di sebelah nama label. Pilih Warna label dari menu. Kemudian pilih warna dari daftar. Jika Anda tidak menyukai warna yang ditawarkan, klik Tambahkan warna khusus.

10

5. Ubah Nama Label

Untuk mengganti nama label apa pun, klik ikon tiga titik di sebelah kiri nama label sidebar. Pilih Edit. Kemudian ketikkan nama baru untuk label Anda. Ini akan secara otomatis diterapkan ke email di bawah label itu.

11

6. Buat Label Bersarang

Label bertingkat seperti subfolder. Anda memiliki label utama, lalu Anda dapat membuat label bertingkat di bawahnya. Dengan begitu, Anda dapat mengatur email lebih lanjut dengan cara yang jauh lebih baik. Email hanya akan muncul di label bertingkat. Tetapi nama label akan memiliki nama dari semua label teratas yang ditambahkan ke dalamnya. Misalnya, Anda dapat memiliki label Tagihan utama diikuti dengan label bertingkat - listrik, gas, air, dll.

12

Tip: Anda dapat membuat beberapa hierarki label, misalnya, Anda dapat memiliki sublabel di bawah label bertingkat.


Untuk membuat sublabel di bawah label, klik ikon tiga titik di sebelah nama label. Pilih Tambahkan sublabel.

13

Atau, saat Anda membuat label, Anda pasti telah memperhatikan label Nest di bawah opsi label baru. Centang kotak di sebelahnya dan pilih label yang Anda inginkan untuk dijadikan sublabel.

14

Tip: Untuk melapisi label yang ada, klik ikon tiga titik di sebelahnya. Pilih Edit. Kemudian dari pop-up, pilih label Nest di bawah.


7. Hapus Label Dari Email

Untuk menghapus label dari email, buka email. Sekarang klik ikon silang di sebelah nama label untuk menghapusnya. Cara lainnya, klik tombol Hapus label di bagian atas. Anda juga dapat menghapus centang pada label yang tidak Anda perlukan dari opsi Label.

15

8. Hapus Beberapa Email Dari Label

Terkadang, Anda ingin menghapus label tertentu dari beberapa email. Jika Anda menggunakan metode di atas, itu akan memakan waktu. Ada alternatif yang lebih baik.


Buka label yang diperlukan dari sidebar kiri di Gmail. Anda akan menemukan semua email yang memiliki label itu. Pilih email yang ingin Anda hapus labelnya. Setelah dipilih, klik tombol Hapus label di bagian atas.

16

9. Temukan Email Tanpa Label

Sebelum Anda menghapus label, periksa apakah email memiliki label. Jika email tidak memiliki label apa pun, Anda tidak akan menemukannya di kotak masuk utama. Email yatim piatu tersebut masuk ke folder All Mail yang dapat diakses dari sidebar kiri.

17

10. Gabungkan Label

Misalkan Anda ingin menggabungkan email dari dua label Gmail yang ada di label baru. Ada banyak cara untuk mencapainya.


Pertama, buat label baru. Kemudian pilih semua email dari label pertama dan seret dan lepas ke label yang baru dibuat. Demikian pula, pindahkan email dari label kedua ke label baru. Kemudian hapus dua label pertama.


Tip: Alih-alih menyeret dan melepas, Anda dapat menggunakan opsi Pindahkan ke untuk memindahkan label.


Pada metode kedua, Anda perlu mengambil bantuan pencarian Gmail. Pertama, buat label baru. Kemudian masukkan nama label yang ingin Anda gabungkan di bilah pencarian. Mereka harus dalam format 'label: nama1 ATAU label: nama2', dengan nama1 dan nama 2 adalah nama label. Misalnya, label: catatan ATAU label: GT. Pilih semua email yang muncul di hasil pencarian. Seret dan lepas ke label baru atau gunakan opsi Pindahkan ke. Hapus label asli.


Tip: Jika nama label Anda memiliki spasi, gantilah dengan tanda hubung -.

18

11. Secara Otomatis Menambahkan Label ke Email Baru

Dengan bantuan filter Gmail, Anda dapat membuat filter di mana email yang diterima yang memenuhi kriteria filter akan secara otomatis menerapkan label tertentu.


Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:


Langkah 1: Klik pada ikon Pengaturan di Gmail. Kemudian pilih Lihat semua pengaturan dari menu.

19



Langkah 2: Klik pada tab Filter dan alamat yang diblokir. Kemudian klik Buat filter baru.

19

Langkah 3: Tetapkan kriteria filter di jendela pop-up. Anda dapat menggunakan alamat Subjek atau Dari email. Klik Buat filter.

20

Langkah 4: Anda akan diminta untuk memilih tindakan untuk filter tersebut. Centang kotak di samping Terapkan label dan pilih label dari daftar. Klik Buat filter.

21

12. Tampilkan atau Sembunyikan Label

Sidebar kiri di Gmail dapat menampung 500 label. Saya yakin Anda tidak memerlukan banyak label itu. Namun, alih-alih menghapus label, Anda dapat menyembunyikan label agar tidak muncul di sidebar kiri. Anda hanya dapat menampilkan label yang diperlukan.


Untuk melakukannya, klik ikon tiga titik label di sidebar kiri. Centang kotak di samping Tampilkan / sembunyikan di mana pun diperlukan, tergantung kebutuhan Anda. Atau, buka Pengaturan Gmail> Label. Di sini Anda akan melihat semua label, termasuk label Sistem. Sembunyikan atau tampilkan sesuai preferensi Anda.

22

Tip: Cari tahu cara membuat tanda tangan email di Gmail.


13. Hapus Label

Jika Anda tidak memerlukan label sama sekali, Anda dapat menghapusnya. Menghapus label tidak akan menghapus email terkait. Mereka akan terus muncul di label lain jika ditambahkan. Namun, jika tidak ada label yang ditambahkan, Anda akan menemukannya di bawah folder Semua Surat, seperti yang ditunjukkan di atas.


catatan: Menghapus label akan menghapus semua sub labelnya.


Untuk menghapus label, buka menu dari ikon tiga titik label. Pilih Hapus label. Atau, buka Pengaturan Gmail> Label. Tekan Hapus di sebelah label Anda.

23

Atur Gmail

Label hanyalah salah satu cara untuk mengatur kotak masuk Gmail Anda. Anda dapat menggunakan fitur lain seperti arsip, tab, dll. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar