4 Cara membersihkan file sampah di Laptop Windows 10 - Tanpa Aplikasi dan dengan Aplikasi

Kali ini kami akan membagikan tutorial tentang Cara Membersihkan / Menghapus File Sampah (cache, file sementara, sisa dari aplikasi yang terhapus, entri registry, file dari versi windows lama, dan file lainnya) di laptop / komputer / pc windows 10 tanpa aplikasi dan berdasarkan Aplikasi.

Cara membersihkan file sampah di Laptop Windows 10
Cara membersihkan file sampah di Laptop Windows 10

Tentunya anda akan sangat kesal jika ruang penyimpanan laptop atau komputer terlalu penuh karena dipenuhi dengan berbagai macam file, maka kinerja dari komputer atau laptop tersebut bisa menurun. Apalagi jika ruang penyimpanan terbatas dan banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, maka akan sangat menyiksa karena kita tidak dapat bekerja secara efektif dan efisien.

File sampah adalah istilah yang digunakan untuk file yang tidak lagi berguna tetapi masih disimpan di drive komputer. Kemudian jika tidak dibersihkan, maka file sampah tersebut akan menumpuk dan membuat hard disk cepat terisi, bahkan dalam kondisi yang demikian Memiliki terlalu banyak file sampah juga dapat membuat Windows 10 menjadi lambat.


Sekarang, untuk mempercepat Windows 10 dan menjaga sistem tetap sehat, kita harus membersihkan file sampah secara teratur. Lalu bagaimana cara membersihkan file sampah di komputer khususnya untuk laptop Windows 10? Simak tutorialnya di bawah ini.


1. Cara Membersihkan File Sampah di Laptop Windows 10 Menggunakan Disk Cleanup

Bersihkan file sampah di Windows 10 dapat dilakukan tanpa aplikasi yaitu dengan Disk Cleanup. Fitur ini sudah ada sejak lama dan masih disertakan di Windows 10 serta masih bisa berfungsi dengan baik untuk membersihkan file sampah di hard disk, baik itu drive C: (sistem), maupun drive D: (data).

Menggunakan Disk Cleanup juga tidak kalah efektifnya dengan aplikasi lain di daftar ini. Meski terlihat kuno namun fungsinya tetap berjalan mulus.


Jika Anda termasuk orang yang malas menginstal aplikasi tambahan, maka menggunakan Disk Cleanup sudah lebih dari cukup untuk menjaga kebersihan sistem dari file-file yang tidak berguna.


Cara menggunakan Disk Cleanup untuk membersihkan file sampah di Laptop Windows 10

  1. Pertama buka aplikasi Disk Cleanup, caranya ketik “disk cleanup” (tanpa tanda kutip) di search bar kemudian pilih aplikasi Disk Cleanup.

  2. Pilih drive yang ingin kamu bersihkan, misal kamu ingin membersihkan drive C kemudian pilih (C :), jika ingin membersihkan drive D maka pilih (D :)

  3. Periksa jenis file sampah yang ingin Anda bersihkan.

  4. Klik Bersihkan file sistem.

  5. Klik OK.

2. Cara Membersihkan File Sampah di Laptop Windows 10 Menggunakan Storage Sense

Membersihkan file sampah di Windows 10 bisa dilakukan tanpa aplikasi kedua yaitu Storage Sense. Jika Anda tidak suka menginstal aplikasi tambahan untuk melakukan tugas ini, Storage Sense lebih dari cukup untuk membersihkan semua jenis file sampah dan mengosongkan ruang pada hard disk Anda.

Storage Sense merupakan fitur built-in yang hanya ada di versi Windows 10, di versi Windows yang lebih lama tugas membersihkan hard disk biasanya dilakukan oleh Disk Cleanup seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Dibandingkan pendahulunya, Storage Sense memiliki tampilan yang lebih modern dan akses yang lebih mudah.


Storage Sense dapat digunakan untuk membersihkan drive penyimpanan dari file sementara, cache lama, file update sebelumnya, dan file sampah lainnya yang biasanya mengisi hard disk dan membebani sistem.


Jika fitur pembersihan otomatis diaktifkan, maka Anda dapat menjaga Windows 10 tetap bersih dari file sampah tanpa harus membersihkannya secara manual karena Storage Sense akan melakukannya secara berkala sesuai jadwal yang Anda tentukan.


Cara menggunakan Storage Sense untuk membersihkan file sampah di Laptop Windows 10

  1. Pertama, buka Pengaturan >> Sistem >> Penyimpanan.

  2. Nyalakan Sensor Penyimpanan dengan menekan tombol ke On.

  3. Klik Configure Storage sense atau jalankan sekarang.

  4. Untuk menghapus file sampah secara otomatis di Windows 10 maka Anda dapat menentukan jadwal, sebulan sekali adalah yang paling ideal.

  5. Jadi, pilihlah Every Month. Kemudian centang "Hapus file sementara yang tidak digunakan aplikasi saya"

  6. Tekan tombol Bersihkan sekarang untuk memindai hard disk dan membersihkannya.

Storage Sense sangat efektif untuk membersihkan file sampah di Windows 10 secara otomatis, terutama untuk menghapus file yang tersisa dari update Windows yang seringkali bisa mencapai ukuran hingga 5 GB. Jika tidak dibersihkan file ini bisa membuat drive C cepat penuh.


Hebatnya kita bisa melakukan semuanya tanpa menginstal aplikasi tambahan lagi, cukup menggunakan Storage Sense yang merupakan fitur default di setiap versi Windows 10.

3. Cara Membersihkan File Sampah di Laptop Windows 10 Menggunakan CCleaner

Cara membersihkan file sampah di Windows 10 selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi CCleaner. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi pembersih PC terbaik untuk Windows yang bisa Anda dapatkan secara gratis.

CCleaner memiliki sejumlah alat yang sangat lengkap untuk menjalankan tugas pembersihan PC, mulai dari membersihkan file sementara, cache aplikasi, cache dan pelacak browser, serta registri sistem.


Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memiliki software uninstaller dan updater tools untuk memastikan tidak ada file yang tersisa saat kita menghapus program dari Windows 10.


Cara menggunakan CCleaner untuk membersihkan file sampah di Laptop Windows 10

  1. Pertama, tutup semua aplikasi, terutama browser yang aktif.

  2. Kemudian, buka aplikasi CCleaner.

  3. Buka tab Easy Clean.

  4. Klik Analisis, lalu tunggu hingga pemindaian selesai.

  5. Setelah pemindaian selesai, Anda akan melihat daftar file sampah yang dapat dibersihkan dengan aman.

  6. Klik tombol Bersihkan Semua.

Menu Custom Clean juga dapat digunakan untuk membersihkan file sampah dari browser atau aplikasi tertentu yang kita inginkan. Fitur ini berguna jika Anda tidak ingin file cache dari salah satu browser tertentu terhapus karena ada data penting di dalamnya yang ingin Anda simpan.


Untuk membersihkan System Registry kita bisa menggunakan fitur Registry Cleaner, namun dalam menggunakan fitur ini Anda harus berhati-hati karena jika sembarangan malah bisa membuat system error. Sebaiknya lakukan backup terlebih dahulu sebelum menggunakannya.


Pada tab Tools terdapat beberapa fungsi yang cukup berguna seperti Software Uninstaller dan Updater untuk menghapus dan mengecek apakah ada update terbaru dari program yang terinstal di Windows 10. Ada juga tool bernama Duplicate Finder yang berfungsi untuk mendeteksi file duplikat dan bersihkan mereka.


4. Cara Membersihkan File Sampah di Laptop Windows 10 Menggunakan Total PC Cleaner

Cara membersihkan file sampah di Windows 10 selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Total PC Cleaner. Aplikasi gratis ini juga cukup bagus untuk membersihkan file sampah di Windows 10. Tampilannya sederhana dan sangat mudah digunakan oleh orang awam, hanya dengan beberapa klik saja semua file sampah yang memenuhi hard disk sudah bisa dibersihkan.

Cara menggunakan Total PC Cleaner untuk membersihkan file sampah di Windows 10

  1. Unduh dan instal aplikasi Total PC Cleaner dari Microsoft Store. Caranya buka Microsoft Store lalu ketik "total pc cleaner" pilih aplikasinya lalu klik Install.

  2. Buka aplikasi Total PC Cleaner.

  3. Klik Mulai Pindai.

  4. Tunggu hingga prosesnya selesai.

  5. Setelah selesai, pilih file sampah yang ingin Anda bersihkan.

  6. Klik tombol Bersihkan.

Aplikasi ini dapat membersihkan semua cache file dari sistem, aplikasi, email dan browser. Saat memindai, aplikasi Total PC Cleaner juga akan mendeteksi file besar di folder Unduh sebagai file sampah. Nah, disini anda harus hati-hati, jangan di centang Download pilihan jika ada file yang masih dibutuhkan.


Setelah menyimak tutorial diatas, bagaimana menurut anda? mudah kan? Demikian artikel 4 Cara membersihkan file sampah di Laptop Windows 10 Tanpa Aplikasi dan Dengan Aplikasi. Semoga bermanfaat dan bisa membantu anda. Terima kasih telah berkunjung.

Posting Komentar

0 Komentar