Breaking

Februari 01, 2021

7 Cara Terbaik Memperbaiki Google Chrome Yang Tidak Bisa Dibuka

Banyak yang percaya itu Popularitas Google Chrome di Android karena sudah dimuat sebelumnya secara default. Jadi bisa dibayangkan berapa juta pengguna yang mengambil bantuan Chrome untuk aktivitas browsing mereka. Namun, jika Chrome berhenti bekerja atau mogok secara acak, apakah Anda akan mempertimbangkan untuk beralih ke browser baru? Yah, seharusnya tidak. Anda selalu dapat memperbaiki kerusakan Google Chrome di Android dengan solusi di posting ini.

Cara Terbaik Memperbaiki Google Chrome Yang Tidak Bisa Dibuka Di Android

Saat Anda membuka browser Chrome di Android dan mendapatkan kesalahan 'Sayangnya Chrome telah berhenti' pada perangkat, itu bisa mengganggu. Tentu, cara termudah adalah dengan mencobanya Alternatif Google Chrome seperti Microsoft Edge atau Firefox dari Play Store. Tetapi jika Anda ingin tetap menggunakan Chrome, baca terus untuk memperbaiki Chrome yang mogok pada masalah Android.


1. Reboot Ponsel Anda

Hal pertama dan paling dasar yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki masalah mungkin adalah memulai ulang perangkat Anda. Mem-boot ulang perangkat Anda akan menghapus beberapa file sementara dan memperbaiki banyak gangguan utama yang ada di perangkat Anda, yang membantu memberikan perangkat dan Chrome Anda awal yang baru. Selain itu, banyak ponsel Android modern yang mengusung versi Android yang di-tweak untuk menghadirkan masa pakai baterai yang tahan lama daripada fungsionalitas.


Ini bukan peluru perak, tetapi ini adalah opsi termudah yang tersedia saat ini.


Langkah 1: Cukup klik pada tombol Power di sisi kanan perangkat dan tahan selama beberapa detik.

Langkah 2: Anda akan mendapatkan layar popup dengan opsi berbeda.

Langkah 3: Sekarang klik pada opsi "Reboot".


Perangkat Anda akan mulai reboot sekarang. Anda mungkin perlu menahan tombol ini selama tiga hingga lima detik sebelum perangkat menyala kembali. Setelah perangkat Anda dihidupkan, sekarang periksa sekali apakah pesan kesalahan yang Anda temukan diselesaikan atau tidak. Jika tidak, lanjutkan ke solusi berikutnya.


2. Tutup Tab yang Tidak Relevan

Hampir setiap pengguna memiliki kebiasaan membuka terlalu banyak tab secara bersamaan untuk pekerjaan sehari-hari. Tetapi rutinitas terkadang dapat membuat Anda berisiko karena Anda mungkin akan membuka terlalu banyak tab sekaligus dan mulai mendapatkan pesan kesalahan.


Membiarkan semua tab terbuka akan memperlambat kinerja ponsel Anda karena Chrome mungkin menghabiskan sebagian besar RAM pada perangkat. Oleh karena itu, untuk mengatasi situasi ini, cukup tutup tab yang tidak perlu, keluar dari aplikasi, dan luncurkan sekali lagi.


3. Setel Ulang Data Cache

Chrome Cache dapat menjadi penyebab pesan kesalahan, jadi Anda harus memperbaikinya. Beberapa file mungkin rusak, yang menimbulkan masalah, jadi penting untuk menghapus data dan cache browser Chrome.


Ikuti langkah-langkah di bawah ini dan hentikan Chrome yang mogok pada masalah Android.


Langkah 1: Buka Pengaturan> Aplikasi> Unduh> Google Chrome.

Langkah 2: Klik di Google Chrome dan Anda dapat melihat dua opsi- Hapus Penyimpanan dan Hapus Cache.

Langkah 3: Pertama, ketuk Hapus Data untuk menghapus semua data yang disimpan dari browser dan kemudian klik Hapus Cache untuk menghapus file cache.


Sekarang saatnya untuk melihat apakah pesan kesalahan yang sama muncul lagi.


4. Bongkar Aplikasi dari Latar Belakang

Banyak ponsel membawa versi Android dengan pengoptimalan tingkat sistem yang mendeteksi aplikasi haus sumber daya yang berjalan di latar belakang dan menghentikannya. Namun, beberapa skin pihak ketiga membalikkan perilaku ini dan memungkinkan aplikasi berjalan di latar belakang untuk pengalaman multitasking yang sebenarnya. Meskipun itu terasa hebat, itu akan menghabiskan lebih banyak memori dan membuat ponsel Anda tampak lamban.


Jadi, saat Anda membuka atau menggunakan browser Chrome, browser itu mungkin macet atau menjadi tidak responsif. Anda harus membuka menu multitasking pada perangkat dan menutup aplikasi yang tidak diperlukan dari daftar.


5. Nonaktifkan Google Chrome


Anda dapat memasang ulang Aplikasi Google Chrome untuk memperbaiki bug dan masalah peramban.


Langkah 1: Buka Pengaturan> Aplikasi> Unduh

Langkah 2: Cari aplikasi Chrome dan klik di atasnya. Setelah itu, ketuk Nonaktifkan dan tekan tombol OK.

Langkah 3: Setelah dinonaktifkan, sekarang saatnya menginstalnya lagi.

Langkah 4: Buka Google Play Store> tab pencarian, ketik Google Chrome.

Langkah 5: Kemudian instal pembaruan terbaru untuk Chrome dan gunakan.

Semoga sekarang browser Chrome tidak akan membuang pesan error apapun.


6. Terapkan Pembaruan Sistem

Google Chrome terus mogok di perangkat Anda mungkin karena ketidakcocokan antara versi aplikasi terbaru dan ponsel Anda menjalankan versi Android lama di ponsel. Anda dapat mendownload dan menginstal update sistem terbaru, termasuk patch keamanan di ponsel Anda.


Buka aplikasi Pengaturan dan perbarui ponsel Anda ke versi Android terbaru.


7. Coba Alternatif Chrome

Jika tidak ada solusi di atas yang berfungsi, Anda harus membuang Google Chrome untuk mendukung browser lain seperti Microsoft Edge, Brave, Opera, Firefox, atau Samsung Internet dari Play Store.

Tidak ada komentar: