Breaking

Februari 18, 2021

Cara Mereset Pengaturan Tampilan ke Default pada Windows 10

Sering pembaruan perangkat lunak kemungkinan berakhir mengacaukan pengaturan tampilan Anda pada PC Windows 10. Reaksi uniknya ialah cari tombol pengaturan ulang tampilan. Tetapi, tidak ada tombol atau pintasan keyboard seperti itu untuk mengatur ulang atau balik ke pengaturan tampilan awalnya di Windows 10. Anda harus mengendalikan tiap pengaturan satu demi satu, sama seperti yang diperlihatkan di tulis ini.

Cara Mereset Pengaturan Tampilan ke Default pada Windows  10
Cara Mereset Pengaturan Tampilan ke Default pada Windows  10

Tidak selamanya pembaruan perangkat lunak yang mengganti pengaturan tampilan. Kadang, saat bermain dengan pengaturan atau seorang anak kemungkinan secara tidak menyengaja mengganti bermacam pengaturan tampilan. Seseorang tidak percaya pengaturan apa yang sesungguhnya sudah diganti. Di sini kami sudah mengulas cara mengganti sejumlah besar pengaturan tampilan pada computer Windows 10 untuk memudahkan Anda. Dimulai dari warna, ukuran text, kontras, dan lain-lain.Mari disimak!


CATATAN: Sebagian besar cara berikut mewajibkan Anda buka Pengaturan Windows 10. Anda bisa membukanya dari Start Menu atau Action Center. Atau, pakai pintasan keyboard tombol Windows + I untuk buka Pengaturan.


CARA MENGEMBALIKAN TEMA WINDOWS 10 DEFAULT

Berulang-kali, cuman balik ke tema Windows 10 default menuntaskan semua permasalahan tampilan. Untuk melakukan, ikuti beberapa langkah berikut ini:

Cara 1 : Membuka Pengaturan di PC Anda. Membuka Personalisasi.

Cara 2 : Dalam Personalisasi, membuka Tema. Gulir ke bawah di Tema, dan click tema Windows 10 untuk mengaplikasikannya.


CARA MENGUBAH WARNA TEMA

Anda pun harus coba mengganti warna tema pada PC Anda. Anda bisa pilih di antara terang dan gelap atau memakai gabungan ke-2 nya dengan bantuan pengaturan warna Custom.


Untuk mengganti warna Windows 10, membuka Settings > Personalization > Colors. Di bawah kotak tarik-turun Tentukan warna Anda, tentukan Terang atau Gelap. Bila Anda ingin memakai warna berlainan untuk program dan bilah tugas, tentukan Custom. , tentukan warna biru di bawah Tentukan warna aksen Anda bila Anda ingin memakai warna standar Windows 10.


CARA MENGUBAH APLIKASI DAN UKURAN LAYAR

Bagaimana content diperlihatkan ke Anda bergantung pada tampilan dan pengaturan skala. Bila Anda melihat tata letak text besar atau kecil dari umumnya, Anda harus mengganti pengaturan penskalaan.


Untuk melakukan, ikuti beberapa langkah berikut ini:

Cara 1: Membuka Pengaturan dan membuka Sistem.

Cara 2: Di bawah Display (dari bilah sisi kiri), tentukan persentase penskalaan yang seperti di bawah Skala dan tata letak. Coba semua pilihan yang ada dan lihat yang mana pas untuk Anda. Anda pun harus melakukan eksperimen dengan resolusi monitor


BAGAIMANA MENGUBAH UKURAN TEKS

Tidak hanya pengaturan di atas, Anda bisa mengganti ukuran text pada tempat lain di Windows 10. Membuka Settings > Ease of Access > Display. Sesuaikan penggeser di bawah untuk Memperbesar text.


CARA MENONAKTIFKAN MODE KONTRAS TINGGI

Bila Anda melihat warna berbeda atau gelap pada PC Windows 10, Anda kemungkinan tidak menyengaja aktifkan pengaturan kontras tinggi. Jadi Anda perlu mematikannya, sama seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Cara 1: Membuka Pengaturan di komputer Anda dan masuk di Ease of Access

Cara 2: Click Kontras tinggi. Matikan sakelar di samping ‘Turn on high contrast.’


CARA MEMATIKAN CUSTOM SCALING

Bila Anda memakai pengaturan rasio khusus pada PC Windows 10 Anda, karena itu beberapa text, aplikasi, atau item lain kemungkinan terlihat memiliki ukuran tidak teratur. Anda perlu menonaktifkan penskalaan khusus, sama seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Cara 1 : Membuka Pengaturan dan membuka Sistem.

Cara 2 : Click Display dari sidebar. Selanjutnya click pengaturan Advanced Scaling.

Cara 3 : Hapus nomor apa saja yang ditambahkan di kotak scaling costum dan tekan Terapkan.


CARA MEMATIKAN CAHAYA MALAM

Bila Anda melihat warna oranye atau kemerahan di monitor, artinya lampu malam diaktifkan di komputer/PC Anda. Anda bisa menonaktifkannya dengan 2 cara.


Pertama, membuka Pusat Tindakan dari bilah tugas. Click pada pilihan Lampu malam untuk menonaktifkannya bila diaktifkan.

Atau, membuka Settings > System > Display. Matikan sakelar di sebelah Lampu malam, click pada pengaturan lampu Malam dan nonaktifkan Jadwalkan lampu malam.


TIP: Nonaktifkan filter Warna di bawah Settings > Ease of access > Turn on color filters.


CARA MEMATIKAN MODE TABLET

Saat model Tablet diaktifkan, komputer/pc Anda dioptimalkan untuk sentuhan. Jadi aplikasi Anda akan terbuka dalam mode layar penuh, termasuk Start Menu layar penuh. Anda akan melihat pengubahan pada ikon bilah tugas dan desktop. Bila itu terjadi, Anda harus menonaktifkan mode Tablet.


Untuk itu, membuka Pusat Tindakan dan click mode Tablet untuk menonaktifkannya.

Atau, membuka Settings > System > Tablet. Click Ubah pengaturan tablet tambahan.

Matikan sakelar di samping mode Tablet. , verifikasi pengaturan yang lain berkaitan dengan mode Tablet dan lihat apa mereka mengganggu pengaturan tampilan.


CARA MEMATIKAN KACA PEMBESAR (TURN OFF MAGNIFIER)

Saat Kaca Pembesar diaktifkan, Anda akan melihat semuanya menjadi diperbesar di komputer Anda. Untuk menonaktifkannya, membuka Settings > Ease of access >Magnifier. Nonaktifkan sakelar di sebelah Turn on Magnifier.


GUNAKAN PENGATURAN TAMPILAN GANDA

Bila Anda memakai beberapa monitor untuk PC Anda, Anda harus mengatur monitor ganda secara benar. Setelah itu Anda bisa memakai dan menyesuaikan setiap tampilan secara terpisah. Maka cek apa Anda mengganti pengaturan di atas untuk tampilan yang benar.



Tidak ada komentar: