Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

9 Cara Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Merespon Di HP Android

Cara Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Merespon Di HP Android. Ponsel Smartphone Android sekarang jadi salah satunya Operating Sistem paling sering dipakai di dunia. Android sendiri banyak disukai karena kecanggihannya dan bermacam sejumlah fitur didalamanya. Android telah lakukan seringkali up-date atau penyempurnaan sampai jadi seperti saat ini yang di mana telah Android 10, dan up-date paling akhir Android 11 telah masuk ke sesi Beta.

Aplikasi Yang Tidak Merespon/Not Responding Di HP Android

HP Smartphone Android mempunyai toko aplikasi yang mana namanya Google Play Store, Play Store sendiri berisi bermacam program-aplikasi yang hebat yang bisa berfungsi menolong beberapa orang. Tidak hanya perangkat aplikasi, play-store sediakan toko buku / ebook, Movies, dsb. Baca Juga : 6 Cara Mengatasi Picture in Picture Facetime iPhone dan iPad Tidak Berfungsi


Untuk itu pada smartphone sobat sendiri, tentu sudah ada aplikasi tidak tahu itu bawaan atau install sendiri. Tetapi terkadang kita mendapati persoalan yang terjadi pada aplikasi di android kita. Seperti aplikasi yang stop mendadak ataupun lebih dikenali dengan istilah not responding atau aplikasi yang tidak merespon di Smartphone Ponsel / HP Android. Jadi Bagaimana Cara Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Merespon Di HP Android, Mari simak metodenya berikut ini.


10 Cara Mengatasi Aplikasi Yang Not Responding Di HP Android


1. Perbarui Aplikasi

Perbarui aplikasi ialah mengecek dan melihat apa tidak ada pembaruan yang ada untuk aplikasi itu. Membuka Google Play Store, tap menu hamburger di pojok kiri atas, lalu tentukan  `Aplikasi dan game saya`. Aplikasi yang mempunyai pembaruan ada tertera di sini. Bila Sobat menyaksikan aplikasi Sobat yang tidak berperan dalam perincian, ketuk Perbarui lalu check kembali untuk melihat apa permasalahan sudah dituntaskan.


Atau, Sobat cukup cari aplikasi memakai bilah penelusuran di sisi atas. Apabila ada pembaruan yang ada, Sobat akan melihat tombol Perbarui di bawah gambar mini aplikasi.


2. Hentikan Paksa Aplikasi

Apabila Sobat sudah coba segala hal di atas tapi aplikasi terus tidak berfungsi, coba dan hentikan aplikasi secara paksa lewat Pengaturan telepon. Kerap kali saat aplikasi berhenti atau macet, itu karena Sobat belum menutupnya seutuhnya. Hentikan paksa aplikasi akan membunuh contoh aplikasi sekarang ini secara cepat dan tanpa merasa sakit.


Cara Hentikan Paksa Aplikasi

  1. Pengaturan 
  2. Aplikasi dan Pemberitahuan (atau Aplikasi di hp lain) 
  3. Lihat Semua Aplikasi

Note: Temukan dan ketuk aplikasi tertentu yang mengakibatkan permasalahan. Di bawahnya, Sobat akan menyaksikan beberapa tombol atau opsi. Tentukan salah satunya yang tertulis `Paksa Berhenti`, lalu balik ke aplikasi dan coba luncurkan lagi.


3. Copot Pemasangan Pembaruan Penampilan Web Sistem Android

Pada Maret 2021, terjadi kekeliruan yang semakin makin tambah meluas di sebagian besar perangkat Android yang mengakibatkan beberapa aplikasi - termasuk Gmail - berhenti bekerja. Pada akhirnya, Google melaunching pembaruan yang mewajibkan pemakai mengupdate aplikasi Chrome dan Android Sistem WebView (apabila Sobat belum melakukan, lakukan sekarang).


Tetapi saat itu, pemakai yang berani mendapati pembaruan yang bisa diaplikasikan bila Sobat hadapi permasalahan sama di masa yang akan datang. Android Sistem WebView ialah aplikasi latar belakang penting yang memungkinkannya aplikasi lain tampilkan konten web. Apabila ada kekeliruan di sini, itu bisa mempengaruhi banyak aplikasi, dan mencopot pemasangan pembaruan terbarunya dapat membantu. Baca Juga 


4. Periksa Pembaruan Android Baru

Cara lain untuk mengatasi permasalahan aplikasi Android yang tidak berfungsi dengan mengupdate sistem Sobat. Pemakai diberi tahu lewat pemberitahuan saat OTA ada untuk didownload dan dipasang, tapi terkadang, karena alasan apa saja, kami menunda lakukan peningkatan dan lupakan semua.


Mengupdate perangkat Sobat umumnya membawa banyak kegunaan termasuk pastikan kelancaran aplikasi Sobat. Untuk mengecek apa pembaruan sudah mendarat di perangkat Sobat dengan manual, 

  1. Buka Pengaturan
  2. Sistem 
  3. Pembaruan sistem perangkat Sobat. 

Note : Bergantung pada model hp Sobat, jalurnya kemungkinan berlainan. Sobat kemungkinan perlu lewat 

  1. Sistem
  2. Lanjutan 
  3. Pembaruan sistem, atau sebagai gantinya, cari bagian `Tentang ponsel` dan disana tentukan `Pembaruan perangkat lunak`.


Sobat akan mendapati status pembaruan Sobat sesudah mengikut beberapa langkah ini. Bila pembaruan baru memang ada, turuti beberapa langkah yang ada di layar. Seusai dipasang, hp akan lakukan boot ulang, lalu Sobat bisa coba kembali memuat aplikasi yang memiliki masalah.


5.Copot Pemasangan dan Pasang Aplikasi Kembali

Bila tidak ada jalan keluar yang diulas di atas yang berhasil untuk Sobat, Sobat bisa coba melepas pemasangan dan memasang aplikasi kembali. Untuk menghapus aplikasi, cukup tekan tombol icon apikasi dengan lama sampai daftar pilihan ada di layar. Pilih opsi Uninstall, lalu teruskan ke Google Play Store, cari aplikasinya, dan instal kembali di handset Sobat.


Jalan keluar lain ialah ke Google Play Store, cari aplikasinya, dan disana ketuk tombol Uninstall yang umumnya diposisikan di bawah di samping kiri. Baca Juga: Cara 2 Layar Xiaomi 4a


Harus diingat jika mencopot pemasangan beberapa aplikasi akan menghapus data / media Sobat.


6. Hapus Cache dan Data Aplikasi

Jalan keluar lain untuk permasalahan yang mengganggu ini ialah mengulas lebih dalam dan menghapus cache dan data aplikasi. Sekali lagi, cara-caranya beragam berdasar pabrikan, tapi pada handset OnePlus, Sobat perlu mengetuk 

  1. Pengaturan 
  2. Aplikasi dan Pemberitahuan 
  3. Lihat Semua Aplikasi"
  4. Ketuk tombol pada aplikasi masing-masing serta selanjutnya pada `Penyimpanan`
  5. Hapus Cache.


Lihat jika ini ialah pemecahan sementara dan seiring berjalannya waktu, cadangan data yang di-cache akan berisi kembali, jadi Sobat harus mengulang prosesnya.


7. Periksa Kartu SD Sobat (Apabila Ada)

Untuk mereka yang bermasalah dengan aplikasi yang berhenti, pelakunya kemungkinan kartu memory yang rusak. Dalam kasus seperti itu, aplikasi apa saja yang menulis ke kartu memori yang rusak akan terganggu oleh macam kesalahan ini.


Untuk mengecek apa itu permasalahannya, keluarkan kartu memory Sobat dan luncurkan aplikasi sekali lagi. Apabila berfungsi sekarang, bagus, tapi Sobat kemungkinan perlu mendapati kartu memori baru. Akan tetapi, kartu SD kemungkinan tidak seutuhnya tidak berfungsi, jadi kemungkinan Sobat segera dapat mentransfer data ke PC Sobat dengan aman. Baca Juga : Cara Mengatasi Xiaomi Redmi 2 Layar Mati Ketika Telepon


8. Hidupkan Ulang Ponsel Sobat

Ini ialah hal pertama yang harus Sobat lakukan saat mengatasi aplikasi yang tidak merespon. Tekan tombol daya perangkat Sobat sepanjang kira-kira 10 detik dan pilih opsi Restart / Reboot. Apabila tidak ada opsi Restart, matikan, tunggu waktu lima detik, dan nyalakan kembali.


Seusai sistem termuat kembali, coba luncurkan aplikasi kembali untuk melihat apa permasalahannya masihlah ada. Apabila ya, teruskan menyimak.


9.Reset ke Pengaturan Pabrik

Sebagai usaha terakhir, setel kembali perangkat Sobat ke pengaturan pabrik. Jangan mencoba ini terkecuali Sobat sudah membuat cadangan semua data Sobat sebelumnya. Reset pabrik mempunyai dampak menghapus semua yang ada di hp atau tablet Sobat. Seusai dokumen selesai, Sobat segera dapat mengembalikan semua secara cepat dan tanpa merasa sakit, tapi hanya seandainya Sobat sudah membuat cadangan.


Untuk lakukan reset pabrik pada perangkat Sobat , membuka 

  1. Pengaturan
  2. Sistem
  3. Hapus semua data (reset pabrik)

Note: Tergantung pada hp yang Sobat pakai, jalurnya kemungkinan sedikit tidak sama. Misalkan, pada beberapa ponsel, Sobat harus buka 

  1. Setelan
  2. Cadangkan dan setel ulang
  3. Kembalikan ke setelan pabrik.


Itulah ulasan mengenai Bagaimana Cara Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Merespon Di HP Android atau Bagaimana Cara Mengatasi Aplikasi Yang Not Responding Di Smartphone Android, Semoga ulasan ini bermanfaat dan semoga aplikasi smartphone Sobat cepat pulih kembali.

Posting Komentar untuk "9 Cara Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Merespon Di HP Android"