3 Cara Mengupload Foto di Google Drive Dari Android

3 Cara Mengupload Foto di Google Drive Dari Android . Google Drive, layanan penyimpanan awan dari Google, telah menyederhanakan hidup kita dalam beberapa cara. Sobat dapat menyimpan foto atau jenis file lain di dalamnya dan mengaksesnya dari perangkat atau bagian mana pun di dunia. Menyimpan foto ke Google Drive membantu melestarikannya tanpa menggunakan PC. Tapi bagaimana cara menyimpan foto ke Google Drive dari ponsel Android? Di sini kami akan memberi tahu Sobat cara mengupload foto ke Google Drive dari ponsel Android.

Cara Mengupload Foto di Google Drive

Sobat dapat mengupload foto dan file lain dari ponsel dan tablet berbasis Android ke Google Drive dengan tiga cara berbeda. Dari ketiganya, Sobat harus menambahkan foto ke Google Drive secara manual dengan dua cara pertama. Metode ketiga membantu dalam menyelaraskan foto secara otomatis ke Drive. Baca Juga : 5 Alternatif Aplikasi Google Kalender Untuk Android

Foto yang ditambahkan ke Google Drive akan dihitung dalam keseluruhan kuota penyimpanan Google Drive Sobat . Untuk caranya yuk mari disimak.


1. CARA MENGUPLOAD MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE DRIVE

Salah satu cara termudah untuk mengupload atau mengunggah satu atau beberapa foto, video, dll., Ke Google Drive adalah menggunakan fungsi upload yang sudah ada di dalam aplikasi Google Drive.

  1. Instal aplikasi Google Drive Android di ponsel Sobat jika belum diinstal. Download Aplikasi Google Drive Disini
  2. Luncurkan aplikasi Google Drive di ponsel Sobat . Sekarang Sobat dapat mengupload atau mengunggah foto langsung di direktori root atau di folder tertentu. Untuk yang terakhir, ketuk folder untuk membukanya lalu ikuti langkah berikutnya.
  3. Ketuk ikon Add mengambang dan tekan tombol upload atau unggah dari layar pop-up.
  4. Aplikasi File Explorer akan terbuka. Ketuk foto yang ingin Sobat upload atau unggah ke Google Drive. Foto akan ditambahkan ke Google Drive, dan Sobat akan melihat status fotonya.


Upload atau Unggah Banyak Foto
Untuk mengupload beberapa foto, sentuh dan tahan salah satu foto untuk memilihnya. Kemudian ketuk foto lain untuk memilihnya. Terakhir, ketuk opsi Pilih di bagian atas untuk mengupoad atau mengunggahnya ke Drive. Aplikasi ini akan membawa Sobat ke layar Google Drive tempat Uploadan atau unggahan file sedang berlangsung.

Lihat Lebih Banyak File
Saat File Explorer terbuka, Sobat hanya akan melihat file terbaru. Ketuk ikon tiga-bar di bagian atas untuk menelusuri foto di folder lain. Atau, lihat dan buka aplikasi galeri lainnya untuk mengupload atau mengunggah foto langsung dari File Explorer.

2. CARA MENGUPLOAD LANGSUNG DARI APLIKASI LAIN

Dengan cara ini, Sobat tidak perlu membuka aplikasi Google Drive setiap kali ingin menambahkan foto. Sobat dapat menggunakan menu Bagikan dari aplikasi apa pun - baik itu Manajer File, Galeri, atau aplikasi obrolan, untuk mengupload foto di folder Google Drive mana pun.

Berikut Langkah langkah cara mengupload langsung dari aplikasi lain:

Catatan : Langkah-langkah cara berikut dilakukan pada aplikasi Galeri tetapi dapat digunakan untuk aplikasi lain. Selain itu, aplikasi Google Drive perlu diinstal di ponsel Sobat agar metode ini berfungsi.
  1. Luncurkan aplikasi tempat Sobat ingin menambahkan foto ke Google Drive. Buka foto yang diperlukan atau pilih beberapa foto.
  2. Ketuk ikon Bagikan. Cari Drive (atau ikon Simpan ke Drive) di menu. Ketuk di atasnya.
  3. Layar Simpan ke Drive akan terbuka. Ketik nama foto atau gunakan nama yang disarankan. Pilih akun yang diperlukan jika beberapa akun ditambahkan. Juga, pilih folder Google Drive tempat Sobat ingin menyimpan foto. Ketuk opsi untuk memilih akun atau folder lain.
  4. Dalam kasus folder, Sobat akan dibawa ke aplikasi Google Drive. Gunakan tombol kembali di bagian atas untuk menavigasi dan memilih folder yang diperlukan. Setelah Sobat berada di folder yang diinginkan, ketuk Pilih di bagian bawah. Catatan : Buat folder Google Drive baru menggunakan ikon folder di bagian atas.
  5. Sobat akan mencapai layar Save to Drive lagi. Ketuk Simpan.

Apakah Sobat dapat Menghapus Foto Dari Galeri Setelah Menambahkannya ke Google Drive?

Banyak pengguna bertanya-tanya apakah mereka dapat menghapus gambar dari aplikasi Galeri ponsel mereka setelah mengupload atau mengunggahnya ke Google Drive. Jawabannya adalah ya, asalkan Sobat menggunakan dua metode di atas. Setelah Sobat mengupload atau mengunggah foto ke Drive, Sobat dapat dengan aman menghapusnya dari aplikasi Galeri. Keduanya tidak ditautkan seperti yang terjadi di Google Foto. Sobat masih dapat melihatnya di Google Drive. Namun, jangan hapus dari aplikasi Google Drive.

3. CARA SINKRONKAN FOTO SECARA OTOMATIS DAN TAMBAHKAN FOLDER

Kedua cara di atas memiliki fungsi yang terbatas. Pertama, Google Drive tidak menawarkan fitur sinkronisasi otomatis foto. Kedua, Sobat tidak dapat mengupload folder ke Drive menggunakan aplikasi seluler. Sobat harus menggunakan Drive di komputer untuk tujuan yang sama. Baca Juga : Cara Backup Kontak Smartphone Android - Aplikasi backup kontak

Untungnya, kedua batasan ini dapat dikalahkan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Kami telah membahas cara menyinkronkan foto secara otomatis ke Google Drive dan cara mengupload folder ke Google Drive di Android.

AKHIR KATA

Demikianlah Cara di atas seharusnya membantu Sobat dalam menyimpan foto ke Google Drive. Jika Sobat harus mengunggah atau mengupload foto dalam jumlah besar, jangan mengunggah atau mengupload semuanya sekaligus. Seringkali, karena masalah jaringan atau lainnya, Sobat mungkin menghadapi masalah sinkronisasi. Kami menyarankan untuk membaginya menjadi beberapa grup kecil dan kemudian mengupload setiap grup secara terpisah. Itulah ulasan mengenai 3 Cara Mengupload Foto di Google Drive Dari Android selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar