Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Menyimpan Foto di Google Drive | Google Photos ? Ini Pilihan Terbaik

Menyimpan Foto di Google Drive | Google Photos ? Ini Pilihan Terbaik  Google terkenal memiliki banyak aplikasi yang melakukan hal yang hampir sama. Beberapa hari yang lalu, Google meluncurkan aplikasi Google Tasks untuk membuat daftar tugas , fitur yang sudah ada di Google Keep . Dan mari kita bahkan tidak membicarakan aplikasi obrolan Google .

Menyimpan Foto di Google Drive atau Google Photos

Kami yakin Sobat pasti pernah mendengar setidaknya satu kali tentang kesamaan antara kedua aplikasi dari Google - Foto dan Drive (dalam hal penyimpanan foto). Keduanya menyinkronkan foto dan video dan itulah penyebab kebingungan. Baca Juga : 3 Cara Mengupload Foto di Google Drive Dari Android

Jadi mana yang harus Sobat gunakan? Dan mengapa? Semua pertanyaan Sobat akan dijawab dalam perbandingan Google Photos dan Google Drive ini. Mari disimak!



MENGGUNAKAN DAN JENIS FILE YANG DIDUKUNG

Google Photos adalah aplikasi galeri foto tentang steroid dan Google Drive adalah penyimpanan cloud dan layanan cadangan untuk file seperti PDF, ZIP, serta foto dan video.

Jika Google Photos diinstal pada perangkat Sobat, itu akan segera menampilkan gambar dan video yang diambil dari kamera ponsel. Mirip dengan aplikasi galeri lainnya, ini memungkinkan Sobat melihat gambar yang ada di folder perangkat lain juga. Ini mendukung tiga jenis file media - foto, video, dan GIF.

Tidak perlu mencadangkan dan menyinkronkan foto di Google Photos untuk melihatnya di satu perangkat. Namun, saat sinkronisasi diaktifkan, Sobat dapat melihatnya di beberapa perangkat.

Google Drive, di sisi lain, adalah layanan penyimpanan cloud yang kuat di mana Sobat harus menambahkan file secara manual. Itu kosong kecuali Sobat menambahkan sesuatu ke dalamnya. Sobat dapat menambahkan semua jenis file seperti PDF, ZIP, MP3, MP4, JPG, PNG dll.

Foto yang diambil dari kamera ponsel cerdas Sobat atau gambar yang ada di perangkat seluler Sobat tidak akan tercermin di Google Drive secara otomatis seperti halnya dengan Foto Google. Demikian juga, file perangkat lain juga tidak akan ditambahkan ke Drive secara otomatis.



DILIHAT DARI TAMPILAN PENGGUNA

Tampilan pengguna Google Photos sangat mirip dengan aplikasi galeri. Di layar pertama, Sobat akan disambut dengan foto kamera. Folder perangkat dapat diakses dari panel samping navigasi atau dari tab Album yang ada di bagian bawah, tempat album Foto Google lainnya juga ada.

Demikian juga, antarmuka pengguna Google Drive serupa dengan layanan pencadangan file lainnya atau bahkan pengelola file. Di layar pertama, Sobat akan melihat berbagai folder dan file di bawah baris Akses Cepat . Untuk melihat gambar, Sobat harus masuk ke folder masing-masing.


MELIHAT DARI PENEMPATAN FOLDER 

Meskipun Google Photos menampilkan foto-foto pada perangkat di foldernya masing-masing, Sobat tidak dapat langsung memindahkan atau menyalin gambar di antara folder-folder ini. Sobat memerlukan pengelola file untuk melakukannya jika ada folder perangkat. Namun, Sobat dapat memindahkan file jika ada album yang disinkronkan. Selanjutnya, itu tidak mendukung hierarki.

Di sisi lain, Google Drive menawarkan lebih banyak pengaturan. Ini mendukung hierarki dan memungkinkan Sobat mengatur file Sobat di berbagai folder. Sobat dapat menyalin atau memindahkan file antar folder langsung dari Drive itu sendiri.


MELIHAT BATASAN PENYIMPANAN

Area penting lainnya di mana Google Drive dan Photos berbeda adalah dalam hal penyimpanan. Google menawarkan penyimpanan tak terbatas untuk Google Photos. Namun, ada syaratnya.

Google akan memampatkan foto dan menyimpannya pada 16MP. Untuk video, mereka akan dikompresi menjadi 1080p. Ini dikenal sebagai mode Kualitas Tinggi. Untuk pengguna biasa, 16MP sudah lebih dari cukup. Tetapi jika Sobat seorang fotografer profesional, kompresi dapat mengakibatkan penurunan kualitas.

Jika Sobat ingin mengupload media dalam kualitas aslinya, Google menawarkan ruang kosong 15GB. Ruang ini digunakan bersama oleh Google Drive, Gmail, dan Google Photos. Jika Sobat memilih mode Kualitas Asli, media akan dianggap di bawah 15GB.

Demikian juga, foto / video apa pun yang Sobat tambahkan di Drive akan dihitung pada 15 GB yang sama. Tidak ada mode kualitas terpisah di sini. Namun, Sobat dapat mengurangi kualitas secara manual jika mau, lalu menguploadnnya ke Google Drive. Setelah 15 GB habis, Sobat dapat membeli ruang penyimpanan ekstra. Sobat dapat memeriksa penyimpanan Google Sobat di sini .

Catatan: Menambahkan foto dalam mode Kualitas Tinggi di Google Photos tidak akan dihitung dalam penggunaan penyimpanan.


DILIHAT DARI KELEBIHAN FITUR

Mengedit Foto

Foto Google hadir dengan fitur pengeditan dasar seperti memotong dan memutar. Sobat juga dapat membuat kolase dan menerapkan filter.
Google Photos juga dilengkapi dengan editor video. Sobat dapat membuat film dan animasi dari foto Sobat. Google Drive tidak menyertakan editor foto atau video.

Pemindaian Foto

Jika Sobat memiliki Google Drive yang terpasang di ponsel Sobat, Sobat tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk memindai dokumen , tanda terima, atau foto, itu dilengkapi dengan kemampuan bawaan untuk melakukannya.

Meskipun Foto Google juga mendukung pemindaian foto, Sobat harus mengunduh aplikasi PhotoScan dari Google untuk melakukannya.

Google Lens

Menariknya, Google Photos hadir dengan fitur keren yang dikenal dengan Google Lens. Ini adalah mesin pencari gambar untuk ponsel Sobat , yang didukung oleh kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin. Saat Sobat mengetuk tombol Lens di Google Photos, itu mengidentifikasi objek dalam gambar dan menampilkan informasi yang relevan tentang itu. Baca Juga : 5 Alternatif Aplikasi Google Kalender Untuk Android

Misalnya, mengetuk tombol lensa untuk sekuntum bunga di Foto Google akan mengidentifikasi bunga tersebut dan memberi kami lebih banyak informasi tentangnya. Lens, tentu saja, tidak terbatas pada bunga saja, ia dapat melakukan banyak hal keren lainnya termasuk mengidentifikasi alamat dan nomor telepon pada gambar. Google Drive tidak mendukung Lens tetapi mendukung OCR .

Berbagi atau share

Kedua layanan memungkinkan Sobat berbagi dan berkolaborasi dengan orang lain. Tetapi ada beberapa perbedaan. Saat di Google Drive, Sobat dapat berkolaborasi dengan banyak orang, di Google Photos, Sobat dapat terus berbagi hanya dengan satu orang. Sobat harus menambahkan akun mitra untuk mulai berbagi sekumpulan foto dengan sekelompok orang.


Jadi Menyimpan Foto di Google Drive atau Google Photos

Kedua layanan menggunakan akun Google Sobat untuk menyinkronkan data dan tersedia di seluruh platform. Meskipun Google Photos terbatas pada foto dan video, ia menawarkan semua yang dapat Sobat minta dari penampil foto dan editor. Ini juga menawarkan penyimpanan tak terbatas untuk media terkompresi. Jika Sobat setuju dengan itu, tidak ada yang bisa mengalahkan Foto Google.

Tetapi jika Sobat menginginkan lebih banyak tempat dan cadangan untuk beberapa jenis file, dan Sobat tidak peduli dengan tampilan galeri foto Sobat, maka Sobat harus beralih ke Google Drive. Ingatlah, bahwa Sobat mungkin akan membeli penyimpanan karena Drive tidak memiliki opsi penyimpanan terkompresi Foto.


Posting Komentar untuk "Menyimpan Foto di Google Drive | Google Photos ? Ini Pilihan Terbaik"