11 Cara Memperbaiki Google Drive tidak Sinkronisasi di Android

11 Cara Memperbaiki Google Drive tidak Sinkronisasi di Android . Google Drive merupakan layanan penyimpanan cloud yang luar biasa yang bekerja secara lancar di beberapa platform. Akan tetapi, layanan Google Drive dan aplikasi kadangkala melakukan tindakan. Banyak pengguna Google Drive mengeluh mengenai file mereka tidak disinkronkan lewat aplikasi Google Drive untuk Android. Bila Sobat alami permasalahan yang serupa, coba solusi ada di postingan ini.

Cara Memperbaiki Google Drive


Banyak pemakai Google Drive melaporkan jika saat mereka mengupload file dari aplikasi Android, file itu tidak ada di PC atau perangkat yang lain terhubung menggunakan akun Google Drive yang serupa. Saat itu, pengguna lain mengeluh jika file di akun Google Drive mereka tidak ada di hp Android mereka. Baca Juga : 3 Cara Mengupload Foto di Google Drive Dari Android

Kami sudah mengumpulkan daftar tip pemecahan permasalahan untuk membantu Sobat menuntaskan permasalahan sinkronisasi dengan aplikasi Google Drive untuk Android. Berikut ialah sajian mengenai 11 Cara Memperbaiki Google Drive tidak Sinkronisasi di Android . Mari disimak!


1. RESTART PONSEL

Restart ponsel Android Sobat saat sebelum meneruskan dengan proses pemecahan permasalahan. Ini adalah solusi ajaib yang memiliki fungsi tanpa mengatur ulangi apapun atau bermain dengan pengaturan. Apabila Sobat memanfaatkan Wi-Fi, boot ulang modem Sobat juga.


2. MENGAKTIFKAN SINKRONISASI

Sobat harus mengijinkan Sinkronisasi di setelan akun Google Sobat supaya aplikasi Google Drive menyinkronkan semua kontent. Untuk mengecek apakah sinkronisasi Google Drive diaktifkan atau tidak, buka Pengaturan telepon dan ketuk Akun.

Ketuk akun Google Sobat dan tekan opsi Sinkronisasi akun. Sobat akan mendapati beberapa layanan yang bisa disinkronkan ke telepon Sobat . Aktifkan sakelar di samping Drive apabila tidak diaktifkan.


3. PERIKSA KONEKSI INTERNET

Sering permasalahannya ada di akses internet Sobat . Jadi cek apa aplikasi lain memiliki fungsi secara baik atau tidak. Apabila permasalahan terjadi untuk aplikasi lain, karena itu pecahkan permasalahan koneksi internet Sobat . Coba beralih ke Wi-Fi dari data seluler serta sebaliknya.


4. SEGARKAN APLIKASI

Apabila Sobat menggeser ke bawah pada aplikasi Google Drive, itu menyegarkan aplikasi. Apabila beberapa unggahan file macet atau Sobat tidak melihat file baru, gesek layar dari atas ke bawah untuk menyegarkan aplikasi. Mudah-mudahan, itu membantu dalam menyinkronkan file secara benar.


5. AKTIFKAN TRANSFER PADA DATA SELULER

Aplikasi Google Drive memberikan Sobat opsi untuk mengunggah semua lewat Wi-Fi dan memungkinkannya Sobat mengirit data seluler. Maka jika pengaturan itu diaktifkan, file Sobat akan diunggah atau diperbaharui hanya lewat Wi-Fi.

Apabila ponsel Sobat menggunakan data seluler, tidak ada yang akan disinkronkan. Sobat kemungkinan sudah pilih pengaturan ini karena kekeliruan. Untuk menonaktifkan pengaturan ini, ikuti beberapa langkah sama seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

  1. Cara pertama yang harus dilakukan yaitu Luncurkan aplikasi Google Drive untuk Android.
  2. Lalu Ketuk ikon tiga bilah di bagian atas.
  3. Kemudian Ketuk Pengaturan.
  4. Terakhir Matikan sakelar di sebelah 'Transfer file hanya melalui Wi-Fi.


6. PERBARUI APLIKASI

Permasalahan semacam itu kerap kali muncul karena bug di aplikasi tersebut. Untuk mengatasinya, buka Play Store dan perbaharui aplikasi Google Drive. Untuk penggunaan di masa yang akan datang, pelajari cara mengetahui apakah aplikasi membutuhkan pembaruan di Android dan iPhone.


7. NONAKTIFKAN MODE PENGHEMATAN BATERAI

Mengaktifkan mode hemat baterai kerap kali membatasi beberapa fitur di hp Sobat serta sinkronisasi yakni diantaranya. Untuk mengecek apa mode hemat baterai mempengaruhi sinkronisasi Google Drive, Buka Pengaturan - Baterai - Penghemat baterai. Matikan.

Tips : Penghemat Baterai dapat tidak diaktifkan dari panel Pengaturan Cepat.


8. HAPUS CACHE DAN DATA

Menghapus cache dan data di Google Drive dan aplikasi terkaitnya (Google Document, Spreadsheet, dan Slide) sudah jadi salah satunya solusi paling efektif untuk menuntaskan permasalahan sinkronisasi. Walaupun menghapus cache cuman menghapus file sementara dan tidak punya pengaruh pada file sebenarnya, menghapus data akan menyetel ulang setelan aplikasi Drive ke nilai defaultnya. Sobat bisa melakukan dari aplikasi dan pengaturan telpon.

Untuk menghapus cache dari aplikasi Drive, ikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Cara pertama Sobat buka program atau aplikasi Google Drive untuk Android.
  2. Setelah itu ketuk Pengaturan dari bilah sisi kiri.
  3. Kemudian ketuk Hapus cache.
  4. Dan cara terakhir yaitu mulai ulang atau restasrt hp Sobat .


Di bawah ini beberapa langkah untuk menghapus cache dari Pengaturan:

Cara pertama yaitu Buka Pengaturan telepon dan ketuk Aplikasi.

  1. Setelah itu Ketuk Drive.
  2. Setelah itu Ketuk Penyimpanan.
  3. Kemudian tekan tombol Hapus cache
  4. Dan cara terakhir yaitu Muat ulang atau restart hp/ponsel.

Apabila permasalahan sinkronisasi masih berlangsung, ketuk Hapus data atau Hapus penyimpanan di cara 4, tergantung pada opsi yang ada.

Demikian juga, hapus cache dan data untuk layanan Google Drive yang lain, apabila dipasang di hp Sobat . Itu termasuk aplikasi Google Document, Slide, dan Spreadsheet untuk Android. Melakukannya akan membantu menuntaskan permasalahan sinkronisasi dengan aplikasi Google Drive untuk Android.


9. COPOT PEMASANGAN APLIKASI GOOGLE DRIVE

Sobat dapat coba melepas pemasangan aplikasi Google Drive untuk memperbaiki permasalahan sinkronisasi. Akan tetapi, karena Google Drive telah diinstall awalnya di sebagian besar hp Android, tidak kemungkinan untuk menghapusnya semuanya. Sobat bisa menghapus pembaruan terkini sama seperti yang diperlihatkan di bawah ini atau menonaktifkan aplikasi untuk sementara, sama seperti yang ditunjukkan pada perbaikan selanjutnya.

Berikut cara mencopot pemasangan pembaruan Google Drive.

  1. Cara pertama yaitu buka Pengaturan dan buka Aplikasi.
  2. Setelah itu ketuk Drive di bawah daftar aplikasi.
  3. Lalu ketuk ikon tiga titik di bagian atas. Tentukan uninstall up-date
  4. Selanjutnya hidupkan ulang hp sesudah melepas pemasangan pembaruan
  5. Dan cara terakhir yaitu Instal aplikasi Google Drive versi terkini dari Play Store.

Catatan: Setiap pengubahan yang dilakukan pada aplikasi Drive semenjak berhenti menyinkronkan akan hilang saat Sobat mencopot pemasangan atau menonaktifkan aplikasi.


10. NONAKTIFKAN APLIKASI GOOGLE DRIVE

Untuk menonaktifkan aplikasi Drive, mengambil cara berikut ini:

  1. Cara yang pertama Soba luncurkan Pengaturan di hp Sobat dan ketuk Aplikasi.
  2. Setelah itu Sobat Ketuk Drive.
  3. Lalu Ketuk Nonaktifkan.
  4. Kemudian Muat ulang atau restart hp
  5. Dan cara terakhir yaitu ikuti cara 1 dan 2 lagi. Ketuk Aktifkan untuk mengaktifkan aplikasi.


11. ATUR ULANG PREFERENSI APLIKASI

Apabila mencopot pemasangan aplikasi tidak berhasil, Sobat harus mengatur ulang semua pengaturan pada hp Sobat . Cara ini sebagai alternatif paling akhir. Baca Juga : Menyimpan Foto di Google Drive atau Google Photos?

Ini bisa dilakukan dengan memakai fungsi Atur ulang preferensi aplikasi. Sebelum Sobat melakukannya, pelajari mengenai bagaimana fungsi itu memengaruhi pengaturan Sobat seusai Sobat menggunakannya. Seusai Sobat mempelajari apa yang terjadi saat mengatur ulang semua pengaturan, lakukan beberapa langkah berikut ini:

  1. Cara yang pertama Sobat arahkan ke Pengaturan diikuti oleh Sistem (atau Manajemen Umum).
  2. Setelah itu ketuk Reset.
  3. Cara terakhir Sobat ketuk Reset opsi aplikasi atau Reset pengaturan


AKHIR KATA

Kami berharap solusi yang diberi di atas membantu menuntaskan cara memperbaiki Google Drive dengan benar dengan permasalahan sinkronisasi dengan aplikasi Google Drive di Hp Sobat . Sesudah Google Drive mulai memiliki fungsi secara baik, Sobat bisa manfaatkan fitur Off line dengan sebaik-baiknya dan memakai beberapa file bahkan juga saat hp atau ponsel Sobat tidak terhubung ke internet. Demikianlah ulasan mengenai 11 Cara Memperbaiki Google Drive tidak Sinkronisasi di Android selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar