Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara bikin lamaran lewat email Sendiri dan Cepat di Respon

Cara bikin lamaran lewat email Sendiri dan Cepat di Respon . Mengirimi lamaran kerja lewat internet memang sederhana dan mudah. Tetapi, apa Sobat sudah mengetahui bagaimana cara melamar pekerjaan lewat email yang baik dan benar. Perkembangan internet dan tehnologi mempermudah kita untuk lakukan beberapa hal tanpa perlu keluar dari rumah, satu diantaranya mengirim lamaran pekerjaan lewat email.

Cara bikin lamaran lewat email

Walau cara melamar kerja lewat email termasuk yang mudah, sederhana dan cepat, Sobat harus tetap memperhatikan banyak hal. Pasalnya ada banyak beberapa pencari pekerjaan yang tidak ketahui bagaimana cara bikin dan mengirim lamaran lewat email dengan baik dan benar.Lamaran yang tidak tepat atau keliru dalam pola pengirimannya tidak akan di lirik, apa lagi memperoleh respon atau balasan dari sebuah perusahaan.


Sekarang, beberapa perusahaan memberikan kriteria atau persyaratan untuk mengirimi lamaran kerja lewat email saja. Disamping itu mengirit waktu dan biaya, perusahaan sudah membantu kurangi pemakaian kertas yang berlebihan.


Oleh karenanya, sebaiknya Sobat mengenal beberapa hal penting dalam mengirimikan surat lamaran, supaya email Sobat dapat dibaca dan segera mendapat respon atau balasan. Berikut Langkah dan Cara bikin lamaran lewat email Sendiri dan Cepat di Respon. Mari simak.


PERSIAPKAN DAN PASTIKAN DATA LAMPIRAN TELAH LENGKAP DAN TERUPDATE

Pastikanlah Sobat telah mempersiapkan file-file yang bakal disertakan didalam email lamaran pekerjaan yang bakal Sobat kirimkan. memberi saran supaya Sobat mengganti format dokumen Sobat jadi PDF supaya paragraf dan font yang telah Sobat bikin, tidak berantakan saat dibuka di pc atau komputer lain.


Cara kirim lamaran pekerjaan kerja lewat email yang pertama ialah menyiapkan lebih dulu beberapa data atau dokumen pendukungnya. Dokumen atau Data yang diperlukan atau yang di minta oleh perusahaan mesti benar-benar dituruti


Surat lamaran kerja yang baik dan juga benar dengan bahasa yang formal

  • Scan Kartu Tanda Penduduk atau KTP
  • Scan Ijazah
  • Scan Surat Keterangan Hasil Ujian atau SKHU
  • Scan setifikat yang relevan dengan perusahaan
  • Scan pas photo yang sesuai dengan syarat perusahaan
  • CV yang unik dan menarik
  • Yakinkan tidak mengubah atau mengganti file asli.
  • Yakinkan kualitas File yang akan di kirimkan Sobat baik, dengan berukuran yang tidak begitu besar atau kecil.
  • Yakinkan format pada file sama sesuai dengan apa yang diperlukan seperti.doc,.pdf maupun.jpeg.


MENGGUNAKAN ALAMAT EMAIL YANG FORMAL DAN PROFESSIONAL

Lakukan untuk memakai alamat dan nama email yang sama sesuai dengan nama lengkap Sobat saat melamar kerja. Jauhi memakai nama panggilan atau alias dan kata tambahan yang lainnya pada email. Apabila Sobat belum mempunyai email dengan nama Sobat, bikinlah email baru memakai account Gmail atau Yahoo. Baca Juga : Cara melamar kerja lewat website ke PT. Mayora Indah , Tbk || Lamaran Kerja Lewat Email


Jangan sampai sesekali Sobat mengirim email lamaran kerja memakai alamat email yang tidak pribadi seperti Sucisayangkamu@gmail.com atau Tasyabts@yahoo.com. Pakailah alamat email yang mengikutkan nama asli Sobat misalnya: Dandi.muhamad.anwar@gmail.com atau Ibnu.adam@yahoo.co.id


MEMBUAT SURAT LAMARAN KERJA

Membuat surat lamaran kerja sebaiknya tulis tangan, kadangkala kebanyakan orang membuat lamaran kerja dengan cara diketik menggunakan Ms Word. Akan tetapi HRD di Perusahaan akan menilai dari tulisannya bagaimana karekter calon pelamar dibandingkan diketik menggunakan ms word. Pada pengalaman Saya sendiri, Saya mengajukan atau membuat lamaran dengan cara tulis tangan. Apabila ingin melamar secara online, saya menggunakan HP atau Telepon untuk memotretnya. Terkecuali dalam pembuatan Curriculum Vitae atau CV.


MEMBUAT CV YANG BAIK DAN BENAR

Pengalaman saya dalam membuat CV untuk melamar ke perusahaan, Saya memanfaatkan Microsoft Word dengan membuat CV yang unik dan menarik. Cara Membuat CV atau Curriculum Vitae mengharuskan memasukan data pribadi yang begitu lengkap, tetapi dengan singkat. Isi Curriculum Vitae atau CV Sobat dapat menambahkan beberapa Hal hal penting seperti Identitas Pribadi, Kontak yang dapat dihubungi, Pengalaman bekerja dan lain sebagainnya.


MENGGUNAKAN BAHASA BAKU DAN FORMAL

Memperkenalkan diri dengan Bahasa Formal atau resmi, jangan pernah ada kata ‘Aku' namun ‘Saya' tidak boleh kata seperi ‘Kalian' namun ‘Anda'. Sobat bisa juga memakai kata ‘Bapak ataupun Ibu' juga bisa seperti ‘Bapak / Ibu'.


Apabila menggunakan Bahasa inggris, ingat untuk memerhatikan grammar Sobat dengan baik. Khususnya saat akan memperkenalkan diri Sobat. Poin utama lain ialah jauhi memakai tata bahasa yang berbelit-belit. HRD akan lebih menghargai perkenalan yang lebih singkat tetapi berisi informasi atau data yang lengkap dan jelas. Karena konsentrasi utama mereka ada Curriculum Vitae dan portofolio Sobat.


MENULIS SURAT LAMARAN SESUAI ATURAN EYD

Jangan sampai sekalinya untuk memakai bahasa gaul, bahasa wilayah, apa lagi memakai bahasa yang tidak santun saat melamar pekerjaan. Tentukan dan dalami bahasa yang mana merupakan bahasa resmi atau formal dan tidak. Apabila Sobat memerlukan contoh surat lamaran kerja lewat email, Kangdandi.Com telah memberinya dibawah ini.


MEMBUAT SUBJECT, JUDUL EMAIL YANG JELAS DAN SINGKAT

Salah satunya etiket cara bikin surat lamaran lewat email merupakan dengan memberikan judul dan subject email yang tidak berbelit-belit dan memusingkan rekruter. Pilih judul dan subject email yang sesuai dengan tujuan yang akan dilamar lewat email itu, seperti nama Sobat dan posisi yang akan dilamar. Misalnya Dandi Muhamad Anwar-Operator Produksi (Lamaran Pekerjaan).


MENULIS PERKENALAN DENGAN JUJUR

Bagian ini di mana Sobat isi posisi apa yang ingin Sobat lamar, umumnya sedikit berkenaan keahlian Sobat dan darimanakah Sobat memperoleh lowongan kerja ini. Apabila Sobat ketahuinya dari sebuah platform ataupun dari rekan makan sebutkan lah begitu.


Di bagian ini Sobat bisa juga menerangkan alasan mengapa Sobat tertarik melamar untuk posisi ini ataupun mengapa Sobat tertarik melamar kerja ke perusahaan itu.


PERHATIKAN WAKTU PENGIRIMAN EMAIL

Jangan sampai sekalinya mengirim surat lamaran pekerjaan diluar jam kerja apa lagi mengirimkan di hari libur atau akhir pekan. Disamping tidak santun, mengirim email diluar jam kerja tak kan membuat email Sobat segera terbaca oleh HRD dan kemungkinan dapat tertumpuk.


AKHIR KATA

Demikianlah bagaimana Cara bikin lamaran lewat email Sendiri dan Cepat di Respon yang dapat Sobat terapkan untuk melamar pekerjaan yang diinginkan. Semoga bermanfaat dan Sukses selalu.


Posting Komentar untuk "Cara bikin lamaran lewat email Sendiri dan Cepat di Respon"