Cara Mengatur Kecerahan Laptop Windows 10

Cara Mengatur Kecerahan Laptop Windows 10 - Seseorang bisa dengan mudah mengatasi dan Mengatur Kecerahan Layar/Monitor di Komputer atau Laptop Windows 10 mereka menggunakan penggeser di Pusat Tindakan atau mungkin dengan tombol pada keyboard. Tapi saat Sobat menyambungkan monitor atau layar eksternal, tidak ada pengaturan untuk mengganti kecerahannya. Jadi bagaimanakah Cara Mengatur Kecerahan Laptop Windows 10; layar eksternal yang terhubung ke PC Windows 10. Sobat akan mendapatkan jawabannya di sini.


Saat Sobat menyambungkan monitor/layar eksternal, cara biasa untuk mengatur kecerahan berwarna abu-abu atau tidak melakukan apapun untuk layar lain, baik itu layar ke-2, ke-3 , atau ke-4. Di situlah sistem berikut akan membantu. Solusi ini akan bermanfaat bila Sobat menggunakan pengaturan multi-layar.


Cara Mengatur Kecerahan Laptop Windows 10

Cara Mengatur Kecerahan Laptop Windows 10

1. Menggunakan Tombol Layar

Cara pertama melibatkan bantuan kontrol tombol pada layar Sobat sendiri untuk mengubah kecerahan. Sobat bisa mengatur layar yang berbeda dengan yang lain. Di beberapa layar, Sobat akan menemukan joystick kecil pada bagian bawah layaryang bisa dipakai untuk membuka menu dan selanjutnya mengatur kecerahan dan parameter lainnya. Tombol daya on / off memiliki fungsi sebagai pengatur pada layar tertentu.


Kami merekomendasikan Sobat membaca petunjuk manual layar Sobat untuk mengetahui bagaimana mengakses menu kustomisasi. Bila tombol layar tidak memiliki fungsi, Sobat sulit menggunakannya, atau tombol tidak ada, gunakan dua cara berikutnya.


2. Mengguakan Fitur Night Light

Cara ini akan menggunakan fitur Windows 10 Night light (cahaya malam) untuk mengatur kecerahan monitor/layar. Cara ini memiliki fungsi terbaik bila mode Proyek Sobat disetel untuk menampilkan layar Ke-2 saja. Untuk mengubah mode Proyek, buka Pusat Tindakan dan klik ubin Proyek. Pilih layar/layar Ke-2 saja.


Berikut cara melakukannya:
  • Membuka Pengaturan di komputer Sobat dari Start Menu. Atau, gunakan pintasan keyboard tombol Windows + I untuk buka Pengaturan. Buka Sistem.
  • Selanjutnya klik on Display. Di bawah setting Tampilan, klik Pengaturan/setting Night light(cahaya malam).
  • Klik tombol Turn on now button. Kemudian sesuaikan kekuatan lampu malam menggunakan penggeser. Sobat akan melihat bahwa kecerahan berubah pada layar eksternal.

Apabila Sobat tidak menyukai tampilan layar/layar, klik tombol Matikan sekarang(OFF) untuk menonaktifkan Night light(cahaya malam).

3. Menggunakan Aplikasi Tambahan

Jika metode di atas tidak sesuai dengan kebutuhan Sobat , aplikasi pihak ketiga selalu membantu. Dua aplikasi luar biasa - Dimmer dan Monitorian memungkinkan Sobat mengontrol kecerahan layar eksternal. Keduanya gratis dan sangat mudah digunakan. Mari simak langkah-langkah untuk menggunakannya.

Cara Menggunakan Aplikasi Dimmer untuk Mengubah Kecerahan layar Eksternal
Aplikasi Dimmer adalah aplikasi kecil dan portabel yang memungkinkan Sobat menyesuaikan kecerahan semua layar eksternal yang terhubung ke PC Sobat .

  • Instal aplikasi Dimmer di PC Windows 10 Sobat . Aplikasi tidak tersedia di Microsoft Store. Jadi, Sobat perlu menginstalnya dari tautan yang diberikan di bawah ini. (Download Aplikasi Dimmer)
  • Setelah terinstal, Sobat akan menemukan ikon aplikasi Dimmer di bilah tugas. Klik di atasnya untuk membuka jendela aplikasi Dimmer. Jika sudah terbuka, Sobat akan menemukan slider kecerahan untuk layar Sobat . Gunakan untuk mengatur kecerahan.
  • Minimalkan aplikasi agar tetap berjalan. Jangan tutup aplikasi. Jika tidak, aplikasi tidak akan berfungsi, dan kecerahan normal akan muncul kembali.

Catatan : Tangkapan layar yang Sobat ambil saat aplikasi Dimmer digunakan akan tampak sedikit lebih gelap daripada tangkapan layar biasa.

Cara Menggunakan Aplikasi Layar untuk Mengatur Kecerahan Laptop Windows 10

Aplikasi Monitorian memungkinkan Sobat mengontrol kecerahan 4 layar dalam versi gratis. Berikut cara menggunakannya.

  • Instal aplikasi Monitorian dari Microsoft Store. (Download Aplikasi Monitorian)
  • Sobat juga dapat menginstal aplikasi Monitorian dari GitHub.
  •  pada ikon aplikasi layar di taskbar dan sesuaikan kecerahan menggunakan slider.

Catatan: Jika aplikasi tidak mendeteksi layar Sobat untuk pertama kalinya atau menunjukkan DDC / CI tidak didukung atau diaktifkan, Sobat harus mengaktifkannya dari pengaturan layar Sobat.

Salah satu fitur luar biasa aplikasi Monitorian adalah menggunakan kecerahan yang sama untuk semua layar yang terhubung. Untuk mengaktifkan fitur tersebut, klik kanan ikon aplikasi layar di taskbar. Pilih Aktifkan bergerak serentak. Untuk menonaktifkannya, klik lagi.

Akhir Kata

Membuat pengaturan multi-layar terkadang bisa menjadi rumit. Tapi begitu Sobat terbiasa, semuanya akan jatuh pada tempatnya. Itulah bagaimana Cara Mengatur Kecerahan Laptop Windows 10 yang dapat di coba. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar