Cara Menghapus History Pencarian di File Explorer Windows 10

File Explorer Windows 10 menelusur semua pencarian Anda untuk mempermudah Sobat dalam mencari file yang serupa lagi. Walaupun bilah alat pencarian bisa bermanfaat untuk mencari file besar secara cepat atau melihat entri pencarian terbaru, itu dapat mengutarakan pencarian Anda untuk file sensitif apabila Sobat telah berbagi file dari komputer atau laptop dengan orang lain.


Anda bisa dengan cepat menghapus riwayat pencarian File Explorer memakai beberapa cara dan melindungi kotak pencarian masih tetap bersih. Dalam tutorial ini, Kangdandi.Com akan mengulas semuanya yang perlu Anda pahami, dimulai dari menghapus history pencarian tersendiri sampai menonaktifkan fungsi riwayat pencarian benar-benar di File Explorer.


Cara Menghapus History Pencarian File Explorer Windows 10

File Explorer Windows 10


1. Cara Menghapus History Pencarian Tertentu di File Explorer Windows 10

Jika Anda hanya ingin menghapus beberapa istilah pencarian dari File Explorer, Anda dapat melakukannya langsung dari bilah pencarian di File Explorer. Berikut caranya.

  • Buka File Explorer dan ketik istilah yang ingin Anda hapus dari riwayat atau klik di kotak pencarian untuk melihat istilah pencarian terbaru.
  • Sekarang gunakan mouse untuk menavigasi ke istilah pencarian dan klik tanda silang untuk menghapus istilah pencarian.
  • Atau, Anda juga dapat menggunakan tombol panah bawah untuk menyorot istilah pencarian tertentu, dan tekan tombol Delete untuk menghapusnya dari File Explorer.


2. Cara Menghapus Semua History Pencarian di File Explorer Windows 10

Meskipun menghapus istilah pencarian tertentu cukup mudah, itu juga sedikit memakan waktu ketika Anda ingin menghapus lebih dari beberapa istilah pencarian. Untungnya, Anda dapat menghapus seluruh riwayat pencarian File Explorer di Windows 10 hanya dalam beberapa klik.


Cara Petama :

Seperti menghapus istilah pencarian tertentu, Anda juga dapat menghapus seluruh riwayat pencarian dari File Explorer itu sendiri.

  • Buka File Explorer dan gunakan kotak pencarian di kanan atas untuk menjalankan pencarian apa pun.
  • Sekarang beralih ke tab Pencarian yang muncul. Di bagian Opsi, luaskan menu Pencarian terbaru dan pilih opsi 'Hapus riwayat pencarian' dari daftar.
  • Setelah Anda menghapus riwayat Pencarian, opsi Pencarian terbaru akan berwarna abu-abu.


Cara Kedua

Atau, Anda juga dapat menggunakan Windows Registry untuk menelusuri pencarian sebelumnya untuk menghapus setiap istilah pencarian satu per satu atau semuanya sekaligus.

  • Buka menu Start, ketik regedit, dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, buka bilah alamat di bagian atas. 
  • Tempel alamat di bawah ini dan navigasikan ke WorldWheelQuery dengan cepat  HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\WordWheelQuery
  • Anda akan menemukan kunci DWORD yang menyimpan nilai riwayat pencarian File Explorer di panel kanan. Kunci terdaftar dalam angka mulai dari 0. Di sini, 0 mewakili istilah pencarian tertua, sedangkan angka tertinggi (dalam kasus saya 4) menunjukkan yang terbaru. Anda dapat mengklik dua kali pada kunci DWORD untuk mengidentifikasi entri pencarian.
  • Untuk menghapus entri tertentu, klik kanan pada kunci tertentu dan pilih opsi Hapus. Saat diminta dengan kotak dialog peringatan, klik Ya.
  • Demikian pula, Anda juga dapat menghapus seluruh riwayat pencarian dengan mengklik kanan entri WorldWheelQuery dan memilih opsi hapus.
  • Melakukan ini akan menghapus seluruh riwayat pencarian yang disimpan di File Explorer.


3. Cara Menonaktifkan History Pencarian File Explorer Windows 10

Meskipun Anda dapat dengan cepat menghapus riwayat pencarian File Explorer menggunakan metode di atas, jika saran pencarian ini tidak berguna bagi Anda dengan cara apa pun, menonaktifkan semuanya bersama-sama masuk akal. Berikut cara melakukannya.

  • Buka menu Start, ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Sekarang, di bilah alamat di bagian atas, salin dan tempel alamat yang diberikan di bawah ini untuk menavigasi ke kunci berikut. HKEY_CURRENT_USER\Software\Policies\Microsoft\Windows\
  • Di panel kanan, klik kanan di mana saja di area kosong dan arahkan ke New > Key. Beri nama Kunci itu 'Explorer'
  • Di dalam Kunci baru, klik kanan lagi di bagian yang kosong, buka yang baru dan pilih Nilai DWORD (32-bit) dari daftar.
  • Beri nama entri DWORD itu sebagai 'DisableSearchBoxSuggestions'. Setelah itu, klik dua kali pada entri untuk mengubah nilainya menjadi 1 dan klik OK.
  • Setelah ini, Windows Explorer tidak akan menampilkan riwayat pencarian Anda. Jika Anda ingin mengembalikan pengaturan ini, ikuti langkah yang sama dan hapus kunci 'DisableSearchBoxSuggestions'.


4. Cara Menghapus History Pencarian Terbaru di File Explorer Windows 10

Bahkan setelah menghapus pencarian Anda sebelumnya, file yang baru dibuka masih terlihat di bawah File terbaru di File Explorer. Untungnya, Anda dapat dengan cepat menghapusnya langsung dari File Explorer itu sendiri. Baca terus untuk mengetahui caranya.

  • Buka File Explorer. Klik menu File di bagian atas dan pilih 'Ubah folder dan opsi pencarian' dari daftar.
  • Di tab Umum, ketuk tombol Hapus di bagian Privasi lalu klik OK.
  • Itu dia. Sekarang semua riwayat file terbaru Anda akan dihapus dari File Explorer.


Akhir Kata 

Pencarian File Explorer Windows 10 dapat membantu atau mengganggu, tergantung bagaimana Anda melihatnya. Either way, menghapus atau menonaktifkan riwayat pencarian adalah hal yang agak sederhana dan mudah dilakukan.


Jika Anda ingin beralih dari File Explorer default di Windows 10, berikut adalah alternatif File Explorer terbaik dengan tab yang dapat Anda coba.

Posting Komentar

0 Komentar