Pemberitahuan Whatsapp Tidak Berfungsi di Android dan iPhone?

Pemberitahuan Whatsapp Tidak Berfungsi di Android dan iPhone? WhatsApp merupakan satu diantara aplikasi Pesan Instant terpopuler di planet ini. Pada Februari 2020, perusahaan punya Facebook umumkan 2 miliar pengguna , naik dari 1,5 miliar pada 2018. WhatsApp secara cepat menambah fitur ke aplikasi dan sudah jadi bagian integral dari beberapa orang untuk tersambung dengan rekan, keluarga, dan bahkan juga memasang iklan bisnis lewat WhatsApp status dan group. Itu sebabnya, dapat mengerikan bila notifikasi WhatsApp mendadak berhenti berfungsi di iPhone atau Android.


Kemungkinan pemberitahuan Sobat tidak berhasil jika pemberitahuan WhatsApp tertunda atau tidak berfungsi sama sekalipun. Lagi pula, siapa yang tetap mengecek stempel waktu untuk tiap pesan? Permasalahannya lebih terang pada perangkat Android karena beberapa kulit atau perpanjangan Android pihak ke-3 mematikan aplikasi di background.


Sobat dapat mengaitkan permasalahan ini dengan faktor-faktor, termasuk mode hemat battery yang diaktifkan, WhatApp tidak memakai data seluler di latar belakang, versi WhatsApp yang memiliki masalah, dan banyak lagi yang lainnya.


Posting ini akan membantu Sobat melalui beberapa cara terbaik untuk memperbaiki dan mengatasi notifikasi WhatsApp yang tidak berfungsi di iPhone dan Android. Mari disimak.


Pemberitahuan Whatsapp Tidak Berfungsi di iPhone dan Android?

Pemberitahuan Whatsapp Tidak Berfungsi di Android dan iPhone

Perbarui WA atau Whatsapp

WhatsApp kerap Perbarui aplikasinya di iOS dan Android. Permasalahan notifikasi kemungkinan muncul karena buggy atau versi WhatsApp yang semakin lama di handphone Sobat. Arahkan ke App Store atau Google Play Store dan perbaharui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru.


Mereka yang memakai WhatsApp beta di Android dan iOS harus perbarui versi WhatsApp masing-masing ke versi terkini atau terbaru, yang membawa beberapa pembaruan bug dan peningkatan performa.


Mengaktifkan Pemberitahuan Whatsapp (Android & iPhone)

Selama penyiapan WhatsApp, Sobat kemungkinan sudah menolak izin pemberitahuan yang dibutuhkan dari WhatsApp. Itu selalu disarankan untuk melihat izin pemberitahuan di iOS dan Android dan mengaktifkannya.


Di Android

Cukup ketuk lama pada icon WhatsApp dan membuka Informasi aplikasi. Saat ini, membuka Kelola Pemberitahuan dan aktifkan Izinkan Pemberitahuan.


Untuk pemakai Android, membuka aplikasi WhatsApp, membuka Pengaturan > Pemberitahuan > dan aktifkan Gunakan sakelar pemberitahuan prioritas tinggi untuk simpan pemberitahuan WhatsApp di atas panel pemberitahuan.


Di iPhone

Membuka aplikasi WhatsApp dan membuka Pengaturan > Pemberitahuan dan aktifkan pemberitahuan untuk Pesan dan Group. Atau, Sobat bisa buka aplikasi Pengaturan di iPhone dan mengarahkan ke WhatsApp > Pemberitahuan > dan aktifkan opsi Izinkan Pemberitahuan.


Mengelola Pemberitahuan Whatsapp (Android)

Dengan keluarkan Android 8.0 Oreo, Google menginformasikan saluran Notifikasi untuk Android. WhatsApp sudah menerapkan fungsi itu, yang memungkinkannya Sobat memecah berbagai macam notifikasi untuk WhatsApp dan memungkinkannya Sobat menyesuaikan suara dan pola getaran sebab itu.


Ketuk lama pada icon WhatsApp dan membuka informasi aplikasi. Membuka Kelola notifikasi > lainnya. Di sana Sobat akan melihat saluran notifikasi untuk cadangan histori percakapan, pemberitahuan panggilan, peringatan aplikasi penting, dan banyak lagi yang lainnya. Yakinkan semua opsi diaktifkan untuk mengirim notifikasi WhatsApp di handphone Android Sobat.


Mengaktifkan Pemberitahuan Aplikasi Whatsapp di Latar Belakang

Untuk pengiriman notifikasi yang lancar, Sobat harus mengizinkan WhatsApp berjalan secara baik di latar belakang. Untuk pemakai iPhone, Sobat bisa buka Pengaturan > WhatsApp > dan mengaktifkan pilihan Penyegaran Aplikasi Latar Belakang.


Pemakai Android bisa mengetuk lama icon program WhatsApp untuk buka informasi aplikasi. Membuka Data seluler dan Wi-Fi dan aktifkan pilihan Data latar belakang.


Mengaktifkan Data Seluler Untuk Aplikasi Whatsapp

iOS memungkinkannya Sobat batasi pemakaian data seluler untuk aplikasi tertentu dari menu pengaturan. Apabila pilihan diaktifkan untuk aplikasi WhatsApp, Sobat kemungkinan tidak bisa terima pemberitahuan di iPhone.


Membuka aplikasi Pengaturan di iPhone dan gulir ke bawah ke WhatsApp dan aktifkan data seluler untuk aplikasi.


Mematikan DND (Jangan Ganggu di Whatsapp)

Apabila Sobat secara tidak menyengaja aktifkan DND di Android atau iPhone, Sobat kemungkinan tidak menerima pemberitahuan apa saja di WhatsApp.


Untuk mematikan DND di Android atau iPhone :

DND Di Android

Membuka panel notifikasi, dan akses sakelar notifikasi untuk mematikan DND.


DND di iPhone

Geser ke bawah dari sudut atas kanan dan membuka Pusat Kontrol. Matikan DND dari Pengaturan..


Mematikan Penghemat Baterai

Mode Penghemat Baterai di iPhone dan Android didesain untuk menghemat masa gunakan baterai, tapi kadang bisa menghalangi fitur lain. Ini batasi fungsi aplikasi tertentu di latar belakang. Saat memakai mode daya rendah, Sobat kemungkinan hadapi permasalahan dalam menerima pemberitahuan di Android dan iPhone. Untuk mematikan mode Penghemat baterai:

Di Android

Membuka Pengaturan > Baterai dan matikan mode penghemat baterai.


Di iPhone 

Membuka aplikasi Pengaturan iPhone > Baterai dan matikan Mode Daya Rendah.


Menyalakan Suara Pengguna dan Grup di Whatsapp

Sobat kemungkinan sudah membisukan beberapa Pengguna dan Grup yang mengusik di WhatsApp. Dalam kejadian semacam itu, Sobat tidak akan menerima pernyataan pesan apa saja dari mereka. Sobat harus membunyikan pemakai atau grup ini untuk mulai menerima notifikasi lagi.


Caranya sama di Android dan iPhone

Membuka aplikasi WhatsApp > Membuka percakapan apa saja > ketuk icon profile di bagian atas > Suarakan pemakai dari menu ini.


Mengunci Whatsapp dari Menu MultiTasking

Beberapa skin pihak ke-3 seperti Realme UI, MIUI , FunTouch OS, Colour OS, membataskan pemakaian aplikasi di latar belakang untuk menghemat periode gunakan baterai. Sistem mematikan aplikasi WhatsApp di background. Sebagai jalan keluarnya, skin Android ini menawarkan kekuatan untuk mengamankan aplikasi di latar belakang supaya masih tetap jalan secara lancar.


Membuka menu multitasking dan ketuk menu tiga titik di sisi atas. Pilih kunci dan itu akan mengamankan aplikasi di latar belakang. Saat Sobat menutup semua aplikasi dari latar belakang, sistem tidak akan mematikan/menutup aplikasi.


Akhir Kata

Beberapa saat hening dari notifikasi WhatsApp dapat membuat nyaman. Tetapi, apabila berubah menjadi jam, cek jalan keluarnya dan coba untuk membenahi permasalahannya. Sobat tidak ingin membiarkan pesan penting dari keluarga, rekan, dan grup yang lainnya. Itulah bagaimana Cara mengatasi Pemberitahuan Whatsapp Tidak Berfungsi di Android dan iPhone. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar