Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Penjelasan Istilah Agama Dalam Al Quran

Penjelasan Istilah Agama Dalam Al Quran -- Agama dalam Al Quran disebut hanif dan din. Hanif agama islam yang dibawa oleh Nabi Ibrahim, sedangkan Din disamping bermakna agama juga peraturan, ketaatan. Agama adalah suatu sistem nilai yg diakui kebenarannya dan merupakan jalan kearah keselamatan hidup.


Penjelasan Istilah Agama Dalam Al-Quran

Istilah Agama Dalam Al Quran

Agama Yang Meliputi Tiga Persoalan Pokok

  1. Keyakinan adalah bagian dari Agama yang sangat mendasar berbentuk kepercayaan akan terdapatnya suatu hal kekuatan supranatural, Dzat Yang Maha Mutlak diluar kehidupan manusia
  2. Peribadatan atau Ritual/Ibadah adalah perilaku dan tindakan-tindakan manusia dalam berhubungan dengan dzat yang dipercayai sebagai konsekuensi dari keyakinan akan kehadiran Dzat Yang Maha Mutlak
  3. Aturan adalah beberapa kaidah atau beberapa norma yang mengatur jalinan manusia dengan manusia, atau manusia dengan alam lainnya sesuai kepercayaan dan peribadatan itu


Agama Mengandung Empat Unsur

  1.  Jalan hidup (way of life).
  2.  Mengajarkan kepercayaan.
  3.  Mempunyai kitab suci.
  4.  Dipimpin Nabi.


Secara Pembagian Agama Itu Ada Dua

  1. Agama Samawi (langit) adalah Agama yang di turunkan karena wahyu dari Allah S.W.T yang melalui malaikat Jibril serta di sampaikan oleh Nabi atau Rasul yang telah dipilih oleh Allah SWT untuk disebarkan ke umat manusia. Seperti agama Islam, Nasrani dan Yahudi.
  2. Agama Ardhi (bumi) adalah Agama yang berkembang berdasarkan pada budaya, daerah, pemikiran seorang yang setelah itu di terima secara global. Dan tidak mempunyai kitab suci dan bukan berdasarkan pada wahyu.


Peran agama, secara naluri manusia mengakui kekuatan dalam kehidupan diluar dirinya. Ketika manusia mengalami kesulitan hidup, musibah, bencana. Manusia mengeluh kepada yg Maha kuasa untuk bebas dari keadaan itu. Naluri inilah bahwa manusia perlu agama. Sebagai peran dalam hidupnya.


Dua Faktor Yang Menyebabkan Manusia Memerlukan Agama

  1. Faktor kondisi manusia karena manusia dalam kehidupannya hadapi beragam tantangan ataupun rintangan baik yang hadir dari dalam maupun dari luar.
  2. Faktor status manusia seperti Tantangan atau rintangan dari dalam bisa berbentuk dorongan hawa nafsu dan bisikan setan (lihat Q.S. 12:5; 17:53), Sedangkan rintangan dari luar bisa berbentuk percobaan dan upaya-usaha yang dilakukan manusia yang menyengaja berupaya ingin mengalihkan manusia dari Tuhan.

Akhir Kata

Itulah informasi selengkapnya yang membahas Penjelasan Istilah Agama Dalam Al Quran. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Penjelasan Istilah Agama Dalam Al Quran"