Cara Instal Windows 11 di Komputer atau Laptop dengan benar

Cara Instal Windows 11 di Komputer atau Laptop dengan benar . Microsoft telah secara resmi merilis pratinjau Windows 11 untuk para pengembang. Aplikasi PC Health Check memberi tahu Sobat apakah komputer Sobat memenuhi persyaratan minimum untuk menjalankan Windows 11 . apabila ya, pada kesempatan kali ini akan menunjukkan kepada Sobat cara mendaftar ke Program Windows Insider dan menginstal Windows 11 di Komputer atau Laptop Sobat dengan cara yang benar.


Windows 11 menghadirkan UI tweak baru, UX yang dioptimalkan untuk sentuhan, menu Windows baru, widget, sudut membulat, peningkatan kinerja, animasi yang mulus, dukungan aplikasi Android, dan lain sebagainya. Sobat dapat menjalankan komputer Windows 10 jika aplikasi Pemeriksaan Kesehatan PC/Komputer/Laptop menampilkan kesalahan . Beberapa pengguna dengan komputer yang menjalankan prosesor Intel 7th Gen atau 6th Gen dapat menginstal Windows 11 tanpa masalah. Karena itu, Sobat harus mengaktifkan TPM (Modul Platform Tepercaya) dari mode UEFI di komputer Sobat untuk melanjutkan tanpa gangguan.


Karena Windows 11 Insider Preview Build ini dimaksudkan hanya untuk pengembang, ini dapat berdampak negatif pada kinerja. Sobat mungkin mengalami bug dan masalah. Oleh karena itu, instal Windows 11 Insider Preview dengan risiko Sobat sendiri. Yuk simak selengkapnya dibawah ini.


Cara Instal Windows 11 di Komputer atau Laptop dengan benar

Cara Instal Windows 11

1. Register untuk Program Windows Insider

Jika Sobat sudah menjadi bagian dari Program Windows Insider (saluran Dev), Sobat akan menerima pembaruan build Windows 11 di menu Pengaturan.


Mereka yang menggunakan build Windows 10 yang stabil harus mendaftar untuk program menggunakan situs web resmi Microsoft atau menu Pengaturan Windows. Berikut cara melakukannya.


2. Aktifkan Data Diagnostik Opsional

Pertama, Microsoft akan meminta Sobat untuk mengaktifkan data diagnostik opsional dari menu Privasi. Sehingga perusahaan dapat belajar dari penggunaan Sobat dan mengumpulkan umpan balik tentang OS baru.

  • Buka aplikasi Pengaturan di Windows 10 (Gunakan tombol Windows + I).
  • Buka menu Privasi
  • Diaktifkan Data diagnostik opsional di bawah menu Diagnostik & Umpan Balik.
  • Sekarang kita register atau mendaftar untuk Program Windows Insider.


Menggunakan Menu Pengaturan Windows

Microsoft memungkinkan Sobat untuk mendaftar ke Program Orang Dalam menggunakan menu Pengaturan. Ikuti langkah langkah di bawah ini.

  • Buka aplikasi Pengaturan di Windows 10 (Gunakan tombol Windows + I).
  • Buka Perbarui & Keamanan.
  • Pilih Program Windows Insider.
  • Klik Mulai.
  • Pilih opsi Tautkan akun dan pilih akun Microsoft Sobat dari daftar.
  • Pilih Lanjutkan, dan Windows akan meminta Sobat untuk memilih pengaturan Insider Sobat.
  • Pilih Saluran Dev dan tekan tombol Konfirmasi di bagian bawah.
  • Setujui syarat dan ketentuan dan restart komputer Windows Sobat.
  • Sekarang Sobat siap untuk menerima build Windows 11 di komputer.


Menggunakan Situs Web Program Orang Dalam Windows

Jika Sobat tidak dapat mendaftar untuk Program Windows Insider dari aplikasi Pengaturan, Sobat harus menggunakan situs web Program Windows Insider untuk memulai.

  • Kunjungi situs web Program Windows Insider menggunakan tautan di bawah ini. ( Kunjungi Program Windows Insider )
  • Klik tombol Daftar di halaman beranda.
  • Masuk dengan akun Microsoft Sobat. Gunakan akun Microsoft yang sama yang ditambahkan ke komputer Windows 10 Sobat.
  • Setelah melalui beberapa kesepakatan, sistem akan mendaftarkan Sobat untuk pengujian beta OS Windows.
  • Itu dia. Sobat telah berhasil register atau mendaftar di program Insider untuk menguji Windows 11 dan pembaruan yang akan datang.
  • Sekarang buka Pengaturan Windows> Perbarui & Keamanan> Program Orang Dalam Windows dan sekarang Sobat dapat memilih pengaturan Orang Dalam untuk mendapatkan Windows 11 build.


3. Menginstal Windows 11 Inner Preview

Sobat telah mendaftar untuk pratinjau orang dalam Windows 11 dengan akun Microsoft Sobat. Silakan dan unduh Windows 11 build dari aplikasi Pengaturan. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Buka aplikasi Pengaturan di Windows 10 (tombol Windows + I).
  • Buka menu Perbarui & Keamanan.
  • Klik Pembaruan Windows.
  • Klik Periksa pembaruan.
Dalam beberapa menit, Pembaruan Windows akan menunjukkan kepada Sobat build Windows 11 dan akan menanyakan apakah Sobat ingin mengunduhnya di komputer Sobat. Apabila Sobat menggunakan laptop, sambungkan ke adaptor daya dan biarkan sistem mengunduh file build


Tergantung pada kualitas koneksi Sobat, mungkin perlu beberapa saat bagi Sobat untuk mengunduh build. Selain itu, Sobat harus mencadangkan data penting ke hard drive eksternal atau layanan penyimpanan cloud seperti OneDrive atau Google Drive untuk bersiap menghadapi skenario terburuk.


4. Pengalaman Instal Windows 11

Meskipun baru satu hari sejak peluncuran, kami berhasil menginstal edisi Windows 11 Home pada HP Spectre x360 yang menjalankan CPU Intel i5-7200U (secara resmi belum direkomendasikan oleh Microsoft). Sejauh ini, tidak ada masalah yang mengkhawatirkan dan tidak menggunakan perangkat lunak atau periferal yang tidak jelas.


Karena ini adalah versi pratinjau beta yang ditujukan khusus untuk pengembang, Anda dapat menikmatinya untuk penggunaan dasar Sobat. Namun, jika pekerjaan Sobat bergantung pada perangkat lunak tertentu, kami tidak menyarankan Sobat untuk mencoba ini di komputer utama Sobat. Windows 11 jauh dari mendukung perangkat lunak populer untuk memberikan kinerja yang optimal.


Akhir Kata

Itu adalah tutorial Cara Instal Windows 11 di Komputer atau Laptop dengan benar . Sementara Windows 11 Insider Preview Build pertama telah diluncurkan, itu jauh dari rilis publik resmi. Itu mungkin melalui serangkaian perubahan di bawah tenda. Sampai saat itu, Sobat dapat menikmati dan membiasakan diri dengan Windows 11. Meskipun demikian, Sobat dapat mengharapkan bug dan masalah jika komputer Windows 10 Sobat menjalankan prosesor yang tidak didukung secara resmi. Semoga bermanfaat.