Cara Memulai Bisnis Makanan secara Online untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula. Memulai bisnis makanan secara online sangat menguntungkan saat ini. Tapi bagaimana Sobat mulai? Berikut adalah panduan terperinci tentang cara memulai bisnis makanan online.

Dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi banyak perubahan dalam lanskap industri makanan. Jumlah orang yang bergantung pada makanan luar secara konsisten naik. Orang orang sekarang ingin makanan dikirim ke depan pintu mereka. Mengingat situasi pandemi dan lebih banyak orang yang bekerja dari rumah, tren ini hanya meningkat tajam dalam satu tahun terakhir.

Semakin banyak restoran sekarang berfokus pada pengiriman makanan secara online. Dan mereka yang tidak, kehilangan bisnis. Pemilik bisnis makanan dan restoran terpaksa beralih dari cara konvensional melayani pelanggan walk-in dan dine-in. Mereka semua telah mengubah bisnis mereka untuk melayani pelanggan mereka, dengan mengklik tombol dan memastikan bahwa makanan mencapai mereka dan bukan sebaliknya.

Ini juga membuat ukuran bisnis menjadi usang. Contohnya, Sobat mungkin menemukan restoran fine dining kelas atas dan bisnis makanan rumahan kecil yang menawarkan layanan mereka di platform e-commerce yang sama.

Dengan permintaan akan makanan yang baik, sehat, dan lezat meningkat, ruang lingkup pemilik bisnis makanan telah melebar. Nah, jadi bagaimana kita cara memulai bisnis makanan secara online untuk pemula. Yuk mari simak artikel selengkapnya.


Cara Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Makanan

1. Melakukan Riset Pasar

Berkembang tidaknya suatu bisnis atau usaha kita benar-benar dipengaruhi oleh pasar karena di sanalah produk akan dijual ke konsumen. Usaha atau Bisnis Sobat akan memperoleh keuntungan apabila produknya banyak terjual dan sebaliknya jika tidak laris atau laku dampaknya buruk pada jalannya suatu usaha.

Dengan hal tersebutlah, jadi sangat penting untuk lakukan riset pasar secara tepat dan benar. Riset pada pasar diperlukan saat sebelum melakukan bisnis atau untuk mempertahankan dan mengembangkan usaha yang telah ada. Supaya bisnis atau usaha Sobat dapat berumur panjang dan bertahan di dalam tengah kompetisi atau persaingan yang kian ketat dibutuhkan sebuah riset yang tepat, efektif dan efesien pada pasar yang ada.


Riset pasar dapat disimpulkan sebagai sebuah gambaran mengenai keadaan pasar yang berkaitan dengan produk baik barang atau jasa yang dipunyai perusahaan dan dinilai sanggup memberinya keuntungan untuk pengusaha sekaligus manfaat untuk pembeli sesuai sasaran pasar yang dituju.
 Juga bisa disimpulkan sebagai aktivitas atau kegiatan penelitian yang mempunyai tujuan untuk menyatukan dan melakukan analisis data yang terkait dengan sasaran pasar sebuah produk.

Dilaksanakan dengan tujuan supaya aktivitas pemasaran yang sudah dilakukan oleh perusahaan tidak menjadi percuma / membuang waktu sia sia dan dapat mengarah pada bagian pasar yang sangat tepat. Riset yang sudah dilakukan pada pasar bisa menjadi modal penting untuk perusahaan untuk membuat strategi marketing atau pemasaran dan peningkatan bisnis yang efektif dan efisien.

Jadi bagaimana cara melakukan riset pasar? Dapat dijalankan dengan beragam cara. Satu diantaranya ialah menggunakan laman penelusuran di internet untuk mengetahui tipe kulineran atau masakan apa yang disukai oleh beberapa orang yang ada didaerah Sobat atau mencari buah pikiran atau ide makanan yang lain yang trending atau mempunyai potensi banyak digemari oleh beberapa orang atau konsumen.

2. Melihat trending dan peluang

Kamu bisa juga melihat dan menganalisis trending bisnis yang tengah ada, contohnya apabila kamu ingin memulai bisnis kuliner, kamu dapat melihat lihat makanan yang hits di sosial media misalkan dessert box. Kamu tidak harus langsung mengikuti trend yang ada. Kamu dapat memakai trend itu sebagai ide atau dasar untuk mengembangkan atau meningkatkan produk lain.

Dan salah satunya potensi yang perlu dimiliki lagi oleh pelaku bisnis adalah potensi untuk melihat peluang dan kesempatan. Tanpa kemampuan tersebut, kamu akan berasa kesulitan memulai dan meningkatkan usaha.


Sebaliknya, apabila kamu bisa melihat peluang peluang yang ada, kamu dapat terus meningkatkan produk Sobat yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan target konsumen. Akhirnya, usaha tetap berjalan dan memberikan keuntungan.

Apa lagi di era digitalisasi saat ini ada banyak sekali bisnis yang baru yang banyak muncul setiap harinya. Kebutuhan konsumen juga terus berubah secara cepat. Karena itu, potensi ini semakin diperlukan supaya usahamu tetap bertahan dan tidak terkikis dengan pesaing atau bisnis baru lainnya.

3. Melakukan kerja sama dengan Supplier yang tepat

Apa saja jenis bisnis Sobat, memang kasus supplier tidak dapat dikesampingkan sering kali produksi dapat terkendala karena bahan baku yang dibutuhkan tidak terpenuhi. Oleh sebab itu, begitu banyak pelaku bisnis yang menjalin kerja sama dengan beberapa supplier handal untuk meyakinkan bahan baku produksi terpenuhi pada harga terbaik. 

Ini tidak lain karena keberadaan seorang supplier begitu penting untuk keberlangsungan usaha Sobat. Sobat dapat mulai dengan membuat dan menulis daftar supplier yang memiliki spesialisasi bahan bahan yang kita maupu konsumen dibutuhkan. Setelah itu buatlah daftar mana saja supplier yang memenuhi persyaratan berdasarkan rekomendasi dan kemampuan mereka.

4. Menetapkan Harga

Sebagai pelaksana bisnis, ada saatnya Sobat akan menjumpai kesulitan saat menempatkan taktik penetapan harga. Sobat tidak perlu panik, karena hal ini umum terjadi baik di golongan pebisnis pemula bahkan juga di golongan pebisnis senior.

Memang tidaklah dapat dipungkuri lagi jika harga adalah faktor paling penting dalam suatu produk. Harga adalah biaya yang penting dikeluarkan oleh pihak konsumen untuk dapat memiliki produk Sobat. Seperti yang kita ketahui jika harga menjadi satu diantara pertimbangan yang utama saat konsumen akan beli satu produk. 

Dan dalam menetapkan harga bukan persoalan yang ringan. Sobat tidak diperkenankan menetapkan harga yang begitu mahal atau begitu murah. Untuk memperoleh harga yang tepat, coba melakukan penelitian atau riset harga dipasaran untuk memperoleh rujukan dalam menentukan harga. Tetapi apabila Sobat mempercayai produk Sobat ialah unik serta bernilai tinggi dibandingkan dengan yang lain, menentukan harga yang mahal tidak menjadi masalah. Oleh karenanya, Sobat harus serius melakukan strategi penetapan harga yang tepat untuk produk Sobat, yang tentu saja sesuai kualitas yang ditawarkan.

5. Branding yang menarik

Dalam setiap bisnis, tiap perusahaan tentu membutuhkan branding yang menarik supaya suatu produk dapat melekat dan mudah di ingat di pikiran pembeli. Nah jadi apa yang dimaksud branding? Branding adalah nama dari suatu bisnis yang dijalankan pebisnis atau perusahaan. 

Keberhasilan dalam menjalankan bisnis pasti didambakan oleh beberapa orang, khususnya untuk mereka yang sempat jatuh bangun dan habiskan banyak modal untuk coba keberuntungan dalam berbisnis. Walaupun untung dan rugi merupakan risiko yang perlu dilalui pada dunia bisnis, tetapi tidak ada salahnya jika saat sebelum memulai bisnis kita mendalami apa aspek yang bisa membuat brand produk kita laris dan populer di pasar.

6. Membuat Website

Saat ini melalui sosial media Instagram, facebook atau whatsapp memang cukup menarik konsumen setia. Tetapi kedatangan website sendiri menjadi lapak berdagang yang memperlihatkan professional. Oleh sebab itu, Sobat dapat membuat sebuah website dengan desain dan produk yang menarik konsumen.

7. Melakukan Pemasaran dan Promosi

Lewatlah sudah hari hari ketika kualitas saja mendefinisikan keberhasilan bisnis Sobat. Dalam dunia persaingan cut-throat saat ini, pemasaran dan promosi sama pentingnya. Orang-orang perlu menyadari merek dan layanan Sobat bagi mereka untuk mendekati Sobat. Pemasaran media sosial, layanan SMS, pemasaran WhatsApp dan lainnya adalah beberapa praktik yang hemat biaya, sampai batas tertentu.


Selalu ada pilihan untuk mempromosikan bisnis Sobat secara lokal melalui pamflet atau iklan kecil. Seiring pertumbuhan bisnis, Sobat selalu dapat menginvestasikan sedikit tambahan dalam iklan berbayar. Bagaimanapun, Sobat harus mulai membuat orang sadar akan bisnis Sobat dengan segala cara kecil yang Sobat bisa. 

8. Melakukan Jasa Endorse dan Membuat Event

Untuk beberapa pembisnis online tentunya tidak asing dalam kata Endorse. Sobat dapat memanfaatkan jasa seorang influencer ataupun selebgram yang cukup populer untuk membahas makanan Sobat pada platform mereka dengan biaya bayaran tertentu yang disepakati. Hasil pembahasan itu pasti mengundang perhatian beberapa followernya agar tertarik menjadi konsumen Sobat.

Taktik atau strategi pemasaran(marketing) produk makanan selanjutnya adalah membuat event yang menarik di internet atau secara online. Contohnya Sobat dapat menerapkan promo pada hari libur atau membuat giveaway yang dapat mengundang perhatian calon konsumen setia Sobat.


Akhir Kata

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai Cara Memulai Bisnis Makanan secara Online untuk Pemula yang dapat sobat coba dan praktekan sendiri. Dengan memulai bisnis makanan atau kulineran secara online, sobat akan mendapatkan manfaat dan keunungan dalam menjalankannya di mulai mudahnya membuka jaringan pelanggan atau pembeli yang sangat luas, mudahnya melakukan marketing atau promosi secara online dan hemat tenaga juga waktu. Oke itu saja yang dapat dibagikan selamat mencoba dan semoga Sukses.