Cara Mengatasi Error ‘This PC Can’t Run Windows 11’ di Win­dows 10

Cara Mengatasi Error ‘This PC Can’t Run Win­dows 11’  di Win­dows 10 . Microsoft telah meluncurkan Windows 11 dan akan tiba pada Musim Gugur 2021. Pertanyaan terbesar adalah apakah Sobat dapat menginstal atau meningkatkan dari Windows 7 atau Windows 10 ke Windows 11 atau tidak. Untungnya, Microsoft telah merilis aplikasi PC Health Check untuk mengecek dan menginformasikan apakah komputer  / laptop Sobat dapat menjalankan Windows 11 atau tidak. Namun, banyak pengguna yang melihat kesalahan saat menjalankan aplikasi yang mengatakan 'This PC Can’t Run Win­dows 11' pada sistem yang baru berumur beberapa tahun.

Windows 11

Windows 11 menghadirkan ratusan fitur penting termasuk yang utama seperti dukungan untuk aplikasi Android, tata letak snap yang selalu ada di PowerToys (seperti Fancy Zones ), dan beberapa perubahan lainnya. Selain itu, Microsoft telah menguraikan persyaratan khusus fitur sehingga Sobat dapat memeriksa dan memverifikasi apakah komputer Sobat memenuhi persyaratan tersebut untuk menjalankannya. Contohnya, DirectStorage hanya berfungsi dengan SSD NVMe dan HDR Otomatis mengharuskan Sobat memiliki monitor HDR untuk memaksimalkannya.


Meskipun Sobat ingin mencoba Windows 11 yang baru, Sobat perlu mencari tahu dan mengonfirmasi apakah itu akan berjalan di komputer / laptop Sobat atau tidak. Untuk itu, dapatkan aplikasi PC Health Check terlebih dahulu. ( Download PC Health Check App ) . Yuk simak mengapa aplikasi PC Health Check menampilkan kesalahan tersebut dan bagaimana Sobat dapat mengatasi atau memperbaikinya.


Cara Mengatasi Error ‘This PC Can’t Run Win­dows 11’  di Win­dows 10

This PC Can’t Run Win­dows 11

1. Syarat Untuk dapat menggunakan Windows 10

Sementara Windows 11 akan tersedia sebagai upgrade gratis untuk pengguna Windows yang sudah ada, itu datang dengan daftar persyaratan perangkat keras dasar.

  • 1 Gigahertz (GHz) atau prosesor yang lebih cepat dengan 2 atau lebih core pada prosesor 64-bit yang kompatibel atau System on a Chip (SoC)
  • RAM minimal 4 GB
  • Ruang penyimpanan minimal 64GB
  • Mampu UEFI dan Boot Aman
  • TPM 2.0
  • Kartu grafis yang kompatibel dengan DirectX 12 / WDDM 2.x
  • Tampilan harus >9” dengan resolusi HD (720p)
  • Akun Microsoft dan koneksi internet aktif
  • Aplikasi PC Health Check dapat menimbulkan kesalahan saat satu atau lebih persyaratan tidak terpenuhi.

Cara lain untuk mengecek apakah Windows 11 akan berjalan di sistem Sobat adalah dengan menentukan apakah prosesor komputer Sobat muncul di daftar daftar prosesor dukungan Windows 11:



Dua alasan paling umum mengapa aplikasi PC Health Check  menunjukkan bahwa PC Sobat tidak dapat menjalankan Windows 11 adalah karena fitur TPM 2.0 dan safe boot. Sebagian besar komputer yang dijual setelah 2016 akan memiliki Trusted Platform Module (TPM) untuk platform Intel dan AMD. Namun, TPM tidak diaktifkan secara default di beberapa desktop dan laptop. Di sisi lain, Sobat selalu memiliki opsi untuk menggunakan atau menonaktifkan Boot Aman dari UEFI (Unified Extensible Firmware Interface) komputer / laptop Sobat.


2. Apa yang dimaksud TPM dan safe boot?

TPM atau Trusted Platform Module adalah prosesor kripto atau microchip yang dipasang untuk memberikan keamanan tingkat perangkat keras. Secara default, motherboard terbaru yang tersedia memiliki chip TPM terintegrasi dan yang sedikit lebih tua memiliki pin konektor TPM untuk menambahkan modul secara terpisah.


Melakukan hal tersebut dari chip TPM adalah untuk mengenkripsi data yang ditransmisikan dari dan ke komputer. Dalam prosesnya, modul ini memastikan bahwa tidak ada perubahan tanpa izin yang dilakukan tanpa persetujuan admin. Data penting seperti kunci, kata sandi, dan sertifikat disimpan dalam chip TPM dengan cara yang aman dan terisolasi.


3. Mengaktifkan TPM dan Safe Boot untuk Komputer / Laptop

Sebelum kita mulai, simpan semua hal yang telah di kerjakan Sobat, karena Sobat harus me-restart Komputer / Laptop Sobat. Ada beberapa cara untuk masuk ke layar UEFI tetapi direkomendasikan melakukannya di mulai dari Pengaturan Windows.

  • Layar UEFI yang Sobat lihat di komputer / laptop Sobat mungkin sedikit berbeda dari apa yang Sobat tutorial di sini dan tidak apa apa.
  • Yang terpenting, Sobat mencari pengaturan Keamanan dan Boot di UEFI. Di situlah Sobat akan menemukan opsi TPM dan Safe Boot apabila laptop atau komputer Windows tersebut Sobat memilikinya.


Informasi:

UEFI berbasis platform Intel menyebut TPM sebagai TPM, sedangkan platform AMD merujuk opsi tersebut sebagai fTPM (Modul Platform Tepercaya berbasis firmware).


Tergantung pada pembuat desktop atau laptop, tampilan UEFI mungkin berbeda. Namun, Sobat akan menemukan petunjuk dasar seperti menggunakan tombol panah untuk memilih di sana. Tetap periksa di menu UEFI Sobat di bagian bawah layar. Jika Sobat tidak yakin tentang perubahan yang dibuat, Sobat dapat keluar dari BIOS dan pastikan untuk tidak menyimpan perubahan apa pun sebelum Sobat me-reboot komputer Sobat.


Saat Sobat menemukan jalan ke pengaturan UEFI, cari TPM di opsi Keamanan.

  • Arahkan ke tab Keamanan di mana Sobat akan menemukan TPM di bagian bawah daftar. Jika Status TPM Saat Ini diatur ke Terpasang maka itu berarti Sobat memiliki TPM di komputer Windows Sobat. Pindah ke Ubah Status TPM dan ubah nilainya menjadi Diaktifkan. ( Pada motherboard atau laptop tertentu, TPM akan set to Discrete. Sobat perlu mengubahnya ke Firmware dan menyimpan perubahannya )
  • Sekarang, pindah ke tab Boot dan pastikan Secure Boot diatur ke Enabled.
  • Sekarang Sobat harus Simpan perubahan yang Sobat buat dan Keluar dari mode UEFI. Secara default, F10 adalah kunci untuk menyimpan perubahan dan keluar dari mode. Saat diminta untuk menyimpan perubahan, pilih Ya untuk menyimpan dan keluar. Komputer Sobat akan reboot secara otomatis.
  • Setelah Sobat melihat desktop, Jalankan aplikasi PC Health Check lagi.


Akhir Kata

Itu adalah tutorial Cara Mengatasi Error ‘This PC Can’t Run Win­dows 11’  di Win­dows 10 .Dan setelah mengonfirmasi apakah komputer Sobat dapat menjalankan Windows 11 atau tidak, Sobat harus bersiap siap untuk menginstalnya. Microsoft bertujuan untuk merilis Windows 11 beta build untuk Windows Insiders mulai 28 Juni 2021. Dan rilis secara publik, Windows 11 sekarang ini. Bagian baiknya adalah pengguna Windows 10 yang ada akan memenuhi syarat untuk upgrade gratis ke Windows 11. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel