Cara Mengatasi Microsoft Store Error di Windows 10

Cara Mengatasi Microsoft Store Error di Windows 10 . Microsoft Store adalah sumber resmi untuk mengunduh aplikasi dan game di Windows 10. Dan sayangnya, microsoft store terus berantakan dan mengecewakan OS. Kami telah melihat Microsoft Store gagal mengunduh aplikasi dan game besar atau terkadang tidak terbuka sama sekali . Banyak pengguna melaporkan pembekuan Microsoft Store pada Windows 10. Masalah ini sebagian besar terjadi ketika pengguna memilih Pengaturan atau mengklik Unduhan dan pembaruan untuk memeriksa pembaruan aplikasi di Store. 


Sementara Microsoft menyadari masalah ini, Microsoft Store sedang dibangun kembali dari bawah ke atas dalam pembaruan OS Windows 11 yang akan datang. Namun, Windows 11 akan membutuhkan beberapa saat untuk tersedia untuk semua, karena persyaratan perangkat keras yang ditetapkan.Sampai saat itu, Sobat terjebak dengan Microsoft Store yang Error di Windows 10. Jika Error atau menutup secara tidak terduga untuk Sobat, inilah saatnya untuk memecahkan masalah menggunakan metode di bawah ini.


Cara Mengatasi Microsoft Store Error di Windows 10

Microsoft Store Error


1. Gunakan Koneksi Internet dengan Kecepatan Tinggi

Microsoft Store membawa beberapa game Xbox profil tinggi. Permainan ini berkisar dari mana saja antara 20 GB-30 GB dalam ukuran. Sobat harus terlebih dahulu memastikan untuk menghubungkan komputer ke internet dari menu Pengaturan Windows 10. Jika router Wi-Fi Sobat mendukung pita 2,4 GHz dan 5,0 GHz, sambungkan komputer ke pita 5,0 GHz untuk kinerja terbaik. Perlambatan besar dalam kecepatan internet selama proses pengunduhan dapat meningkatkan perkiraan waktu pengunduhan dan dapat membekukan toko.


2. Membersihkan Cache Microsoft Store

Microsoft Store mengumpulkan cache di latar belakang untuk membuat pengalaman menjelajah toko Sobat lebih cepat. Jadi jika Sobat mengalami Microsoft Store membeku secara acak, Sobat dapat menghapus cache Store.


Berikut cara melakukannya.

  • Gunakan tombol Windows + R dan buka menu Run.
  • Ketik wsreset.exe dan tekan OK di bagian bawah.
  • Jendela Command Prompt kosong akan terbuka tetapi jangan khawatir, sistem sedang membersihkan cache di latar belakang.


Merekomendasikan untuk menjalankan Program Reset Microsoft Store (wsreset.exe) beberapa kali. Alat ini tidak secara tepat menunjukkan apa yang sedang dijalankan dan proses yang terjadi di latar belakang. Juga, kami menyarankan Sobat untuk me-reboot sistem setelah Sobat menjalankannya.


3. Menjalankan Troubleshoot di Microsoft Store

Microsoft menawarkan pemecah masalah praktis untuk sebagian besar layanan dan aplikasi default di Windows 10. Menjalankan pemecah masalah Aplikasi Microsoft Store, Sobat dapat mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah Microsoft Store dalam beberapa menit.


Ikuti langkah langkah di bawah ini.

  • Buka aplikasi Pengaturan di komputer Windows 10 Sobat (Gunakan tombol Windows + I).
  • Buka menu Perbarui & Keamanan.
  • Pilih Troubleshoot dari sisi kiri.
  • Klik pada Troubleshoot tambahan.
  • Gulir ke bawah, identifikasi Aplikasi Microsoft Store dan klik di atasnya.
  • Pilih Jalankan pemecah masalah dan biarkan Windows menangani masalah untuk Sobat.
  • Jika Troubleshoot mendeteksi masalah apa pun, Troubleshoot akan mencoba mengatasinya. Terkadang, ini mungkin memandu Sobat tentang cara melakukannya sendiri.
  • Jangan sematkan semua harapan Sobat pada Troubleshoot masalah Aplikasi Microsoft Store. Terkadang, mungkin tidak menemukan masalah apa pun bahkan jika Sobat menghadapi Error di Microsoft Store.


4. Memperbaiki Microsoft Store

Microsoft telah mengintegrasikan alat Perbaikan Microsoft Store khusus untuk memperbaiki masalah yang mengganggu dengan Store. Berikut cara menggunakannya.

  • Buka menu aplikasi Pengaturan di Windows 10.
  • Buka Aplikasi > Aplikasi & Fitur > dan pilih Microsoft Store dari daftar panjang menu aplikasi.
  • Klik dan pilih Opsi lanjutan.
  • Gulir ke bawah dan Sobat akan menemukan tombol Perbaikan di bawah menu Reset.
  • Ini akan menutup Microsoft Store dan memperbaiki berbagai hal. Jangan khawatir, Sobat tidak akan kehilangan data aplikasi apa pun dalam prosesnya.


5. Setting Ulang Microsoft Store

Gunakan trik ini hanya jika masalah pembekuan Microsoft Store tetap ada di komputer Sobat. Sobat harus berhati-hati dengan metode ini karena ini akan sepenuhnya menghapus data aplikasi dari perangkat Windows 10.


Berikut cara menggunakannya.

  • Gunakan pintasan keyboard Windows + I dan buka menu Pengaturan.
  • Navigasikan ke Aplikasi > Aplikasi & Fitur > dan temukan Microsoft Store dari daftar panjang menu aplikasi.
  • Klik dan pilih Opsi lanjutan.
  • Temukan tombol Reset di bawah menu Reset dan jalankan.
  • Ini akan menghapus semua data aplikasi untuk Sobat, yang berarti saat berikutnya Sobat mencoba menggunakan Microsoft Store, Sobat harus masuk lagi dengan detail akun Sobat.


6. Mengecek Pengaturan Proxy

Menggunakan pengaturan jaringan yang tidak teratur dapat menyebabkan masalah dengan Microsoft Store. Sobat harus memeriksa pengaturan Proxy perangkat Sobat caranya:

  • Pergi Pengaturan Windows
  • Lalu ke klik Jaringan & Internet
  • Setelah itu pilih Proxy dan matikan sakelar Gunakan server Proxy dari sisi kanan.


7. Pindai Komputer / PC / Laptop Menggunakan Antivirus Windows 10

Jika komputer Windows 10 Sobat terpengaruh oleh malware atau file yang rusak/berbahaya, hal itu dapat memengaruhi kinerja aplikasi inti seperti Microsoft Store. Sobat tidak perlu melanjutkan dan membeli perangkat lunak anti-virus apa pun untuk Windows 10. Perangkat lunak Keamanan Windows default cukup baik untuk menghapus bug tersebut dari perangkat.

  • Tekan tombol Windows dan cari aplikasi Keamanan Windows. 
  • Buka dan jalankan pemindaian cepat dari menu Perlindungan virus & ancaman.


8. Mencoba Microsoft Store Terbaru di Windows 11

Microsoft tidak bercanda ketika mereka mengumumkan untuk mengembangkan Microsoft Store dari awal. Microsoft Store baru dengan UI yang indah dan kinerja yang tangguh sudah aktif dengan versi beta Windows 11. Apabila komputer Sobat kompatibel dengan persyaratan perangkat keras Windows 11 dan Sobat baik-baik saja dengan beberapa bug di sana-sini, Sobat dapat mencoba Windows 11 dan mulai menikmati pengalaman Store baru untuk mengunduh aplikasi dan game. Sobat menginstal Windows 11 di komputer / pc / laptop dapat dilakukan dengan cara yang benar . Sobat dapat memeriksanya dan mencoba OS baru Microsoft.


Dengan catatan melakukan Pratinjau Windows 11 dimaksudkan hanya untuk pengembang, ini dapat memengaruhi kinerja secara negatif. Sobat mungkin mengalami bug dan masalah. Karenanya, instal Pratinjau Windows 11 dengan risiko Sobat sendiri. Selain itu, jika alur kerja Sobat bergantung pada perangkat lunak tertentu, kami tidak akan merekomendasi  Sobat untuk menginstal Windows 11 di mesin utama Sobat.


Akhir Kata

Itulah Cara Mengatasi Microsoft Store Error di Windows 10  yang dapat Sobat coba. Microsoft ingin menghadirkan Microsoft Store sebagai pusat utama untuk mengunduh semua jenis aplikasi dan game. Alih-alih menemukan aplikasi dari sumber yang tidak diverifikasi dari web, Sobat harus tetap menggunakan Microsoft Store untuk keamanan yang lebih baik dan proses pembaruan yang tidak merepotkan. Microsoft Store yang error secara mendadak dapat merusak keadaan. Namun, solusi yang disebutkan di atas dapat membantu Sobat memecahkan masalah dan memperbaiki masalah tersebut. Semoga bermanfaat.