Cara Mengganti Hak Akses (Permission) File atau Folder di Windows 10

Cara Mengganti Hak Akses (Permission) File atau Folder di Windows 10 . Secara default, pengguna yang membuat file dan folder akan ditandai sebagai pemilik yang sama. Hak kepemilikan memberi pengguna otoritas penuh atas file atau folder yang dibuat sehingga mereka dapat memilih siapa yang mendapat akses untuk menggunakan dan memodifikasinya. Baca Juga :Cara Menghapus Folder dan File Error 'Access Denied' di Windows 10/8/7

Windows dapat menolak hak akses ke file dan folder ke pengguna lain karena kurangnya izin. Jika pemilik asli file atau folder itu tidak tersedia, sebagai admin, Anda dapat mengambil kepemilikan file atau folder dengan menyelam jauh ke dalam properti file. Berikut adalah tutorial bagaimana Cara Mengganti Hak Akses (Permission) File atau Folder di Windows 10.


Cara Mengganti Hak Akses (Permission) File atau Folder di Windows 10
Cara Mengganti Permission File atau Folder di Windows 10

Dengan hak administrator, Anda dapat mengganti Hak Akses (Permission) file atau folder apa pun yang dibuat oleh pengguna lain di Windows 10. Setelah Anda masuk dengan akun admin , berikut cara mengambil mengganti hak akses (Permission) file atau folder.

  • Klik kanan pada file atau folder dan pilih Properties dari menu konteks.
  • Di jendela Properties, alihkan ke tab Security dan klik tombol Advanced.
  • Di sini, nama pemilik file atau folder saat ini akan ditampilkan di bagian atas. Klik tombol Ubah untuk mentransfer hak akses (permission) kepada orang lain.
  • Di jendela berikut, di bawah 'Masukkan nama objek untuk dipilih' masukkan nama pengguna yang ingin Anda transfer hak akses (Permission). Setelah dimasukkan, periksa validitas nama pengguna yang dimasukkan dengan mengklik tombol periksa nama di sebelahnya. Kemudian klik ok atau Sobat juga dapat menggunakan tombol lanjutan untuk mencari nama pengguna dengan cepat.
  • Saat mengubah hak akses (permission) folder, jika mau, Anda juga dapat menerapkan perubahan hak akses (permission) ke semua subfoldernya dengan menandai kotak centang yang bertuliskan 'Ganti pemilik pada subkontainer dan objek' di jendela 'Pengaturan Keamanan Lanjut' .
  • Setelah itu, tekan Apply dan kemudian oke.


Sekarang setelah Hak Akses (Permission) File atau Folder di Windows 10 yang dipilih telah ditransfer, Sobat sekarang dapat memberikan berbagai izin kepada hak akses (Permission) baru untuk memodifikasi file atau folder tersebut. Baca Juga : Cara Menghapus History Pencarian di File Explorer Windows 10


Cara Memberikan Izin Hak Akses (Permission) File atau Folder di Windows 10

Cara Mengganti File Permission di Windows 10

Setelah mengubah pemilik, Sobat harus memberikan akses penuh kepada pemilik baru dengan memberikan izin tertentu untuk mengubah, membaca, menulis, dll. Begini caranya.

  • Klik kanan pada file atau folder dan pilih Properties dari menu konteks. Di jendela Properties, alihkan ke tab Security dan klik tombol Advanced.
  • Di jendela Pengaturan Keamanan Lanjutan, klik tombol Tambah.
  • Di jendela Permission Entry yang terbuka, klik "Select a principal" untuk menentukan pengguna yang Sobat beri izin.
  • Tambahkan nama pengguna di jendela "Pilih Pengguna atau Grup". Kemudian klik OK.
  • Setelah itu, Sobat dapat memilih dari daftar izin di bawah 'Izin dasar'. Pilih 'Kontrol penuh' untuk memberikan semua izin yang tersedia. Kemudian klik oke.
  • Itu saja. File atau folder yang dimaksud kini telah ditransfer ke hak akses (Permission) barunya.


Cara Mengganti Hak Akses (Permission) File atau Folder di Windows 10 memanfaatkan Command Prompt

Selain mengubah properti file, jika Sobat merasa nyaman memanfaatkan Command Prompt , Sobat juga dapat mengambil kepemilikan file atau folder apa pun menggunakan alat takeown.exe. Begini caranya.

  • Buka File Explorer dan ambil file atau folder untuk mentransfer hak akses (Permission). Pilih dan klik opsi Salin jalur di bagian atas untuk menyalin jalur file/folder.
  • Sekarang buka menu Start, ketik cmd , dan klik Run as administrator di sebelah kanan Sobat untuk membuka Command Prompt dengan hak admin.
  • Di jendela Command Prompt, ketik perintah berikut dan tekan Enter untuk mengambil kepemilikan file atau folder. ( takeown /F <FilePath> )
  • Ganti <FilePath> pada perintah di atas dengan jalur file atau folder yang disalin pada langkah pertama.
  • Setelah selesai, Sobat akan melihat konfirmasi yang menyatakan perubahan hak akses (Permission).


Seperti yang baru saja kita lihat, menggunakan Command Prompt jauh lebih cepat daripada melalui beberapa jendela Properties. Namun, satu-satunya masalah adalah Sobat tidak dapat menentukan pengguna atau grup saat mengubah kepemilikan. Artinya, Sobat hanya dapat mentransfer hak akses (Permission) ke pengguna saat ini atau grup administrator lokal.


Akhir kata

Itu adalah artikel selengkapnya yang membahas tentang bagaimana Cara Mengganti Hak Akses (Permission) File atau Folder di Windows 10 . Hak akses (Permission) akan memberi Sobat izin yang diperlukan untuk mengakses atau memodifikasi file dan folder di Windows 10. Setelah ditransfer, Sobat dapat membaca, menulis, atau memodifikasi file atau folder tersebut sesuai keinginan Sobat. Semoga bermanfaat.