Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Merawat Rambut yang baik agar tidak rontok

Cara Merawat Rambut yang baik agar tidak rontok . Rambut yang rontok pasti sudah menjadi permasalahan yang umum untuk kebanyakan orang. Terutama untuk beberapa wanita yang biasanya mempunyai rambut yang panjang. Tahukah Sobat? Apa penyebab dari rambut yang rontok, kusut, kusam dan beberapa ciri rambut kurang sehat lainnya? Pemicunya sebenarnya beragam. Akan tetapi, Sobat dapat mengatasinya dengan perawatan rambut yang lebih baik. Bagaimanakah cara merawat rambut yang benar?


Setiap orang kemungkinan telah menerapkan panduan perawatan rambut mereka sendiri. Seperti ada beberapa rutinitas merawat rambut yang terkenal. Akan tetapi, tahukah Sobat jika beberapa dari rutinitas merawat rambut itu memiliki pengaruh tidak baik pada kulit kepala dan rambut?


Oleh karenanya, semestinya Sobat cari lebih dulu terkait perawatan rambut yang terbaik yang mudah dan praktis untuk di coba di rambut Sobat. Rambut yang rontok merupakan keadaan di mana rambut kekurangan nutrisi, sedang stres, terdapatnya permasalahan musim serta masih ada banyak lagi yang lainnya. Untuk mencegah sampai menghilangkan rambut rontok Sobat, Sobat perlu lakukan perawatan rambut di bawah ini. Yuk Mari simak.


Cara Merawat Rambut yang baik agar tidak rontok

Cara Merawat Rambut

1. Mencuci rambut secara teratur

Mencuci rambut secara teratur memastikan kulit kepala dan rambut Sobat bebas dari kotoran dan minyak berlebih. Namun, frekuensi yang tepat tergantung pada jenis rambut dan preferensi pribadi Sobat. Jika Sobat memiliki rambut yang sangat kering , batasi keramas hingga dua kali seminggu. Jika Sobat memiliki kulit kepala berminyak , mencuci rambut pada hari-hari alternatif dapat membantu.


2. Menggunakan shampo bebas kimia

Sobat benar-benar tidak dapat mengontrol semua faktor lingkungan yang merusak rambut Sobat, tetapi yang dapat Sobat kendalikan adalah jenis sampo yang Sobat gunakan. Lebih sedikit jumlah bahan kimia dalam sampo Sobat , lebih sehat rambut Anda. Pilih sampo lembut yang sesuai dengan jenis rambut Sobat. Baca Juga : 7 Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sulfat dan paraben dalam sampo masing-masing digunakan untuk menyabuni dan mengawetkan, tetapi keduanya dapat menyebabkan iritasi kulit seiring waktu dan meningkatkan risiko gangguan hormonal.

3. Menggunakan kondisioner dengan Benar

Kondisioner Sobat mengandung bahan-bahan yang membuat rambut rontok dan mudah diatur. Ini melindungi rambut Sobat dari agresor lingkungan dan penataan panas. Namun, itu harus diterapkan hanya pada ujung rambut dan bukan pada kulit kepala Sobat. Juga, pastikan untuk membilasnya secara menyeluruh setelah aplikasi.

4. Mengeringkan rambut secara alami

Kita sudah pasti tahu, Mengeringan rambut membuat rambut enak dan nyaman dilihat. Namun penataan panas yang berlebihan dapat merusak kulit kepala rambut Sobat. Batasi pada acara acara penting, jika Sobat harus bergaya. Pengeringan udara atau pengeringan handuk setelah keramas adalah cara terbaik. Jangan pernah tidur dengan rambut basah atau menyisir rambut basah. Menggosok kasar dengan handuk dapat merusak kutikula rambut Anda. Bersikaplah secara lembut pada rambut Sobat.

5. Menggunakan minyak rambut dengan benar

Perawatan sebelum keramas seperti meminyaki dan memijat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala , mengendurkan otot Sobat, meningkatkan kilau dan menutrisi rambut. Ini juga mengembalikan kadar air, memungkinkan pertumbuhan rambut dan memperbaiki ujung bercabang. Sobat dapat memilih dari minyak kelapa, minyak almond, minyak zaitun, minyak jarak dan sejenisnya. Hindari menggunakan minyak mineral pada rambut Sobat.

Tips :

Sesekali, oleskan minyak hangat dan bungkus kepala Sobat dengan handuk agar minyak bekerja dengan baik. Pertimbangkan masker untuk menenangkan kutikula rambut Sobat sebelum keramas. Ini membantu dalam mengurangi gesekan antara helai rambut selama aplikasi sampo.

6. Gunakan sisir yang tepat

Rambut basah rapuh dan rentan patah. Biarkan rambut Sobat kering lalu gunakan sisir bergigi jarang untuk menyisir rambut Sobat. Sisir jenis ini mencegah kerusakan pada rambut Sobat. 

7. Potong rambut secara teratur

Pangkas rambut Sobat setiap 6-8 minggu untuk menghilangkan ujung bercabang . Ujung bercabang terbentuk ketika rambut rusak karena penataan rambut yang panas, polusi, merokok, stres, dan sebagainya. Memangkas tidak secara ajaib membuat rambut tumbuh lebih cepat. Pertumbuhan rambut terjadi pada tingkat kulit kepala, tetapi pemangkasan memastikan rambut sehat.

8. Minum lebih banyak air

Hidrasi internal ditambah dengan hidrasi eksternal adalah kunci untuk rambut yang seimbang dan sehat. Sobat mungkin menggunakan produk perawatan rambut dan minyak yang menghidrasi , tetapi minum setidaknya 3 liter air setiap hari memastikan kesehatan rambut yang baik. Baca Juga : 9 Manfaat Mengonsumsi Air Kelapa Muda untuk Kesehatan Tubuh

9. Mengonsumsi makanan yang Sehat

Kita pasti tahu bahwa perawatan rambut dan perawatan kulit membutuhkan kesehatan tentunya menyangkut dalam mengonsumsi makanan apa yang Sobat makan. Rambut Sobat terbuat dari protein dan asam amino . Ia membutuhkan nutrisi yang tepat untuk tumbuh dengan baik dan memelihara dirinya sendiri. Telur, beri, kacang-kacangan, ikan, sayuran berdaun hijau, ubi jalar adalah beberapa dari banyak makanan yang bagus untuk kesehatan rambut.

Akhir Kata

Itulah Cara Merawat Rambut yang baik agar tidak rontok. Apabila Sobat tidak merawat rambut Sobat, rambut mungkin akan berhenti tumbuh setelah beberapa saat. Perlahan, Sobat mungkin mulai mengalami ketombe, rambut rontok, kekeringan dan kusam.


Tidak mencuci rambut dalam waktu lama dapat menyebabkan rambut tumbuh ke dalam. Ya, Sobat tidak salah dengar. Mereka dapat terjadi pada kulit kepala juga. Juga, dengan membiarkan rambut Sobat tidak dicuci untuk waktu yang lama, Sobat menarik lebih banyak debu. Menggunakan produk perawatan rambut yang salah dapat membuat Sobat merasa gatal dan menyebabkan rambut rontok. Semoga bermanfaat.



Posting Komentar untuk "Cara Merawat Rambut yang baik agar tidak rontok"