Cara Uninstall Aplikasi Di Windows 10 Yang Tidak Bisa Dihapus

Cara Uninstall Aplikasi Di Windows 10 Yang Tidak Bisa Dihapus . Sebaiknya hapus instalan aplikasi atau program yang tidak lagi Sobat perlukan. Bagaimana jika Windows tidak mengizinkan Sobat menghapusnya? Jika ini pernah terjadi pada Sobat, ada cara lain untuk menghapus program di Windows 10 secara paksa.


Bergantung pada situasinya, menghapus instalasi program bisa sesederhana menggunakan panel kontrol atau sama menuntutnya seperti menggunakan Titik Pemulihan Sistem. Dalam posting ini, kita akan membahas semua Cara Uninstall Aplikasi Di Windows 10 Yang Tidak Bisa Dihapus.  Yuk mari simak bagaimana sih cara cara uninstall sebuah aplikasi yang tidak dapat di hapus di Windows 10.


Cara Uninstall Aplikasi Di Windows 10 Yang Tidak Bisa Dihapus

Windows 10

1. Cara Uninstall Aplikasi Di Windows 10 Menggunakan Control Panel

Menggunakan Control Panel adalah cara kuno untuk menghapus program dan perangkat lunak di Windows. Ini mungkin cara termudah dan membutuhkan sedikit atau tanpa keahlian. Jadi, ini adalah metode pertama yang harus Sobat coba. Berikut cara kerjanya.

  • Tekan tombol Windows + R untuk membuka dialog Run
  • Ketik appwiz.cpl dan tekan Enter.
  • Di Windows Programs and Features, temukan program yang ingin Sobat hapus. 
  • Klik kanan padanya dan pilih Uninstall.


2. Cara Uninstall Aplikasi Di Windows 10 menggunakan Command Prompt

Jika Control Panel gagal untuk menghapus program, Sobat juga dapat Uninstall menggunakan Command Prompt di Windows untuk menghapus program dan perangkat lunak dari PC / Komputer / Laptop Sobat. Baca terus untuk mengetahui caranya.

  • Tekan Tombol Windows + R untuk membuka dialog Run. Sekarang ketik cmd dan tekan Ctrl+Shift+Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak admin.
  • Di windows Command Prompt, ketik wmic dan tekan Enter. Kemudian ketik produk mendapat nama dan tekan Enter.
  • Sobat akan disajikan dengan daftar program yang diinstal pada komputer Sobat. Catat nama program yang ingin Sobat hapus.
  • Ketik perintah yang disebutkan di bawah ini dan tekan Enter. ( product where name="program name" call uninstall )
  • Ganti nama program pada perintah di atas dengan nama program yang disebutkan sebelumnya. Misalnya, jika Sobat mencoba menghapus 'Pemeriksaan Kesehatan PC', ketik perintah berikut dan tekan Enter. ( product where name="Windows PC Health Check" call uninstall )
  • Sobat akan diminta untuk mengonfirmasi. Tekan Y lalu Enter.
  • Setelah selesai, Sobat akan menerima pesan yang berbunyi 'Metode eksekusi berhasil.'


3. Cara Uninstall Aplikasi Di Windows 10 Menggunakan Use Registry Editor

Setiap program atau aplikasi yang berjalan pada PC Sobat memiliki file yang tersimpan di Registry Windows . Menghapus file-file itu akan secara efektif menghapus program yang dimaksud dari PC Sobat.


Sebuah kata hati-hati. Windows Registry merupakan bagian integral dari sistem operasi Windows. Mengubah atau menghapus file dari Registry dapat menyebabkan masalah yang tidak dapat diperbaiki. Jika ini bukan sesuatu yang Sobat sukai, kami sarankan untuk melewatkan metode ini.


Yang mengatakan, jika Sobat merasa nyaman menggunakan Registry untuk menghapus program, inilah cara kerjanya.

  • Buka menu Start, ketik registry editor dan tekan Enter.
  • Sekarang di bilah alamat di bagian atas, salin dan tempel alamat yang diberikan di bawah ini untuk menavigasi dengan cepat ke kunci berikut. ( Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Uninstall )
  • Di panel kiri, perluas tombol Copot pemasangan untuk menemukan subkunci program yang ingin Sobat hapus instalannya. 
  • Klik kanan padanya dan pilih opsi Hapus.
  • Setelah dihapus, restart PC/Komputer/Laptop Sobat dan lihat apakah program tersebut dihapus.


4. Cara Uninstall Aplikasi Di Windows 10 dalam keadaan Safe Mode

Terkadang, aplikasi dan proses pihak ketiga yang berjalan di latar belakang dapat mengganggu kinerja PC / Komputer / Laptop. Juga, mereka mungkin tidak mengizinkan Sobat menghapus instalasi program. Untuk memastikannya, Sobat dapat mencoba mencopot pemasangan program di Safe Mode.


Berikut cara masuk Safe Mode di Windows 10.

  • Tekan tombol Windows + I untuk membuka Pengaturan. Pergi ke Perbarui & Keamanan.
  • Buka bagian Pemulihan di sebelah kiri Sobat dan klik tombol 'Restart now' di bawah 'Advanced startup' di sebelah kanan Sobat.
  • Selanjutnya, buka Troubleshoot > Advanced options > Startup Settings
  • Kemudian klik tombol Mulai Ulang.
  • Komputer Sobat akan restart dan menu Pengaturan Startup akan muncul, pilih versi Safe Mode dengan menekan tombol yang relevan (4, 5, atau 6) untuk masuk ke Safe Mode.
  • Setelah Sobat berada dalam Safe Mode, gunakan metode apa pun yang disebutkan di atas untuk menghapus instalan program.


5. Uninstall Aplikasi Menggunakan Program Install and Uninstall Troubleshooter

Microsoft juga menawarkan utilitas bernama 'Program Install and Uninstall Troubleshooter' yang dapat secara otomatis menemukan dan memperbaiki elemen yang menghalangi proses instalasi atau penghapusan pada PC Sobat.

Download 

Sobat dapat mengunduh dan menjalankan alat pemecahan masalah dengan mengikuti petunjuk di layar. Ini harus memperbaiki semua masalah yang menghambat proses penghapusan.


6. Cara Uninstall Aplikasi Di Windows 10 menggunakan System Restore Point

Selain di atas, Sobat juga dapat menggunakan System Restore Point untuk mengembalikan sistem Sobat sebelum Sobat menginstal aplikasi atau program itu. Perhatikan bahwa melakukan ini juga berarti Sobat akan kehilangan semua pengaturan dan aplikasi lain yang telah Sobat instal setelah membuat System Restore tertentu.


Namun, jika Sobat baru saja menginstal program, Sobat dapat membuat cadangan file penting terlebih dahulu sebelum pindah ke system restore.


7. Cara Uninstall Aplikasi Di Windows 10 Menggunakan Alat Pihak Ketiga

Jika semuanya gagal, Sobat dapat mencoba uninstaller pihak ketiga khusus. Uninstall seperti itu dapat menghapus aplikasi dan perangkat lunak tanpa meninggalkan jejak atau file sisa apa pun. Alat-alat ini sering terbukti efektif saat menghapus program atau perangkat lunak yang membandel.


Ada banyak uninstaller yang mengklaim melakukan pekerjaan secara efektif. Di antara semuanya, Revo Uninstaller adalah pilihan populer di kalangan pengguna.


Download Revo Uninstaller


Instal Revo Uninstaller di PC Sobat dan gunakan untuk menghapus program.


Akhir Kata

Itu adalah artikel selengkapnya yang membahas mengenai Cara Uninstall Aplikasi Di Windows 10 Yang Tidak Bisa Dihapus . Menggunakan metode di atas pasti akan menghasilkan keberhasilan dalam menghapus program yang tidak diinginkan pada PC / Komputer / Laptop Sobat. Selain itu, beberapa cara ini juga berguna ketika Sobat ingin menghapus program tanpa meninggalkan sisa.