Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

15 Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat dan Benar

15 Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat dan Benar. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Tentu saja untuk  menghadapi gelombang globalisasi, Sobat dituntut untuk mempelajari bahasa Inggris. 

Ada banyak cara agar Sobat dapat belajar Bahasa Inggris dengan cepat dan benar. Kuncinya, Sobat harus memiliki ketekunan dan kesungguhan belajar yang tertanam dalam hati serta pikiran sebab kita bisa belajar Bahasa Inggris dimana saja dan kapan saja. 

Bukan hanya dari membaca buku, mempelajari tenses, dan menghafalkan kosa kata saja. Cara belajar Bahasa Inggris juga bisa dilakukan dengan mendengarkan lagu ataupun menonton film.

Berikut kami uraikan cara belajar bahasa inggris dengan cepat dan benar.


15 Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat dan Benar

15 Cara Belajar Bahasa Inggris

1. Sedia Kamus

Salah satu kunci dalam belajar Bahasa Inggris adalah jangan malas membuka kamus. Karena kamus memiliki peran yang tidak dapat tergantikan dalam belajar Bahasa Inggris. Semua kata-kata yang Sobat akan pelajari dan tidak Sobat mengerti tentu harus dicari di dalam kamus agar Sobat mengerti artinya dan tahu bagaimana cara menggunakannya. Cara ini tentunya berguna untuk menambah vocabulary (kosa kata).


Baca Juga : Kode Referral Pahamify dan Diskon Terbaru


2. Pelajari Kata Dasar

Sebelum mulai menerapkan kebiasaan berbahasa Inggris, ada baiknya Sobat pelajari terlebih dahulu kata-kata dasar dalam Bahasa Inggris, yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Contohnya kata aku, kamu, dia, kami, makan, minum, dsb.


3. Membaca Buku

Kamu bisa menerapkan cara cepat belajar Bahasa Inggris dengan membaca buku. Bisa membaca artikel, buku sastra, cerpen, novel, dan buku bacaan lainnya yang Sobat sukai agar belajar Bahasa Inggris semakin menyenangkan. Dengan membaca buku, Sobat akan belajar berbagai kosa kata.


4. Rajin Menulis

Setelah memahami banyak kosakata, maka ujilah kemampuan Bahasa Inggris Sobat dengan mencoba menulis dalam bahasa Inggris agar kemampuan writing Sobat meningkat.


5. Mendengarkan Lagu

Membiasakan pendengaran Sobat dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris adalah salah satu metode efektif dalam belajar Bahasa Inggris. Dengarkanlah baik-baik liriknya lalu catat dan pelajari arti serta maknanya. Hal ini akan menambah kemampuan Sobat dalan mendengarkan (listening) serta menambah kosakata.


6. Menonton Film

Menonton film merupakan aktivitas yang menyenangkan dan bisa dijadikan salah satu metode efektif dalam belajar Bahasa Inggris. Cobalah untuk memulainya dengan menonton film tanpa subtitle Bahasa Indonesia. Atau jika ingin menggunakan subtitle, gunakanlah subtitle Bahasa Inggris saja terlebih dahulu. Jika menemukan kata-kata yang tidak dimengerti, Sobat bisa mencarinya dalam kamus untuk belajar.


Baca Juga : Penjelasan Istilah Agama Dalam Al Quran


7. Tulis dan Pelajari Kata Asing

Hal ini terkait dengan berbagai kegiatan seperti mendengar musik, menonton tv, dan membaca buku yang telah Sobat lakukan. Setelah Sobat mempelajari arti kata-kata yang tidak dimengerti dan menghafalkannya, maka Sobat harus mempelajari lebih mendalam makna serta penggunaannya yang tepat.


8. Belajar Tenses

Mempelajari tenses akan sangat memudahkan Sobat dalan komunikasi. Bukan hanya terlihat dari terstruktur kalimatnya, tetapi kalimat yang Sobat buat akan lebih enak untuk dibaca dan didengarkan.


9. Berbicara di Depan Cermin

Jika Sobat belum percaya diri untuk praktik conversatio  langsung dengan orang lain, Sobat bisa berlatih secara rutin di depan cermin terlebih dahulu. Dengan begitu, Sobat bisa fasih dengan cepat dan tidak gerogi saat praktik langsung.


10. Terapkan dalam Pertemanan atau Obrolan Sehari-hari

Dalam hal ini, Sobat harus berusaha untuk mencari teman dan bertemanlah dengan orang-orang yang pintar berbahasa Inggris dan cobalah untuk saling berbicara menggunakan bahasa Inggris. Dengan belajar bersama teman sendiri tentunya akan membuat Sobat lebih nyaman dan tidak perlu takut salah.


11. Manfaatkan Internet

Dalam hal ini, Sobat harus memaksimalkanlah penggunaan internet, khususnya media sosial yang biasanya Sobat gunakan. Ikuti berbagai akun instagram atau website di internet yang sekiranya dapat membantu Sobat belajar Bahasa Inggris.


Baca Juga : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan || Urgensi Identitas Nasional Indonesia


12. Berteman dengan Orang Asing

Memiliki teman orang asing yang fasih berbahasa Inggris akan membuat Sobat cepat belajar Bahasa Inggris. Sobat bisa mencari teman orang asing di internet maupun saat bertemu di tempat wisata. 


13. Asah kemampuan Bahasa Inggris Sobat dengan Berlatih

Ada baiknya, Sobat jangan bersikap malu untuk menunjukkan Sobat sedang belajar bahasa Inggris dengan rajin berlatih. Praktikkan terus kapan pun dan di manapun. Karena kiat lancat berbahasa Inggris datangnya dari diri kita sendiri.


14. Buat Kebiasaan

Dengan membentuk kebiasaan berbahasa Inggris, tentunya akan meningkatkan kefasihan Sobat dalam berbahasa Inggris.


15. Ikuti Kursus

Jika Sobat ingin lebih memaksimalkan cara cepat belajar bahasa Inggris, cobalah untuk mengikuti kursus. Bukan hanya akan membuat Sobat semakin mahir, tetapi cara ini akan mematangkan skill Sobat dalam berbahasa Inggris.


Akhir Kata

Itulah 15 Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat dan Benar. Jika cara di atas Sobat coba terapkan dengan rutin dan konsisten, maka kemampuan berbahasa Inggris Sobat pun akan meningkat secara perlahan.


Posting Komentar untuk "15 Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat dan Benar"