Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

6 Penyebab Bau Mulut di Pagi Hari

6 Penyebab Bau Mulut di Pagi Hari . Seringkali kita mengalami bau mulut di pagi hari. Bau mulut di pagi hari memang terasa mengganggu. Dalam istilah medis kondisi ini disebut juga halitosis. Halitosis timbul karena adanya penumpukan bakteri di mulut yang menyebabkan radang dan mengeluarkan bau atau gas yang berbau. Namun, adakalanya bau mulut itu timbul padahal Sobat sudah menyikat gigi semalam dan membuat Sobat bertanya-tanya.


Berikut ini beberapa penyebab yang akan menjawab mengapa napas Sobat terasa bau di pagi hari.


6 Penyebab Bau Mulut di Pagi Hari

6 Penyebab Bau Mulut di Pagi Hari


1. Tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut

Bakteri makan yang tidak dibersihkan dan terjebak dalam mulut dapat menghasilkan bau mulut. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut.


Baca Juga : 6 Manfaat Teh Hijau bagi Kecantikan dan Kesehatan Kulit


2. Adanya masalah pada gigi dan mulut

Masalah pada gigi dan mulut bisa menimbulkan bau mulut di pagi hari. Hal ini selaras dengan penelitian yang menunjukkan bahwa sekitar 80 persen bau mulut berasal dari sumber oral. Misalnya rongga pada gigi, penyakit gusi, tambalan retak, hingga gigi palsu yang kurang bersih. 


3. Produksi air liur menurun saat tidur

Hal ini selaras dengan pernyataan Drg. Hugh Flax, seorang dokter gigi dan mantan presiden American Academy of Cosmetic Dentistry di Atlanta dikutip dari Medical Daily yang menjelaskan bahwa

Bau mulut di pagi hari sebagian besar disebabkan oleh kurangnya air liur. “Pada siang hari, mulut Sobat menghasilkan air liur dalam jumlah besar. Namun saat Sobat tidur, produksi air liur turun,”. Penurunan produksi air liur ini memungkinkan bakteri tumbuh dan menghasilkan senyawa sulfur yang mudah menguap (VSCs) sehinga menimbulkan bau mulut.


Baca Juga : Cara Merawat Rambut yang baik agar tidak rontok


4. Alergi

Alergi juga bisa menyebabkan bau mulut. Lendir yang menetes ke bagian belakang tenggorokan akan menjadi sumber makanan bagi bakteri yang menyebabkan bau mulut di pagi hari.


5. Merokok

Merokok tidak hanya menyebabkan air liur Sobat mengering, tapi juga bisa menaikkan suhu mulut. Hal ini menjadikan mulut menjadi sarang bagi bakteri untuk berkembang biak lebih banyak dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Oleh sebab itu, Kebiasaan merokok di malam hari sebelum tidur bisa memicu bau mulut di pagi hari.


Baca Juga : 7 Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan


6. Mengonsumsi obat

Beberapa obat dapat menyebabkan bau mulut di pagi hari. Itulah sebabnya orang lanjut usia atau orang yang harus minum banyak obat, sering kali mendapati napas yang lebih tidak sedap di pagi hari.


Akhir Kata

Itulah penyebab bau mulut di pagi hari hari. Penanganan yang tepat dibutuhkan untuk mengatasinya. Sebagai contoh, Sikat dan dan pakai dental floss sebelum tidur, gunakan sikat atau pengikis lidah, saran Raimondi. Lalu, lanjutkan dengan obat kumur bebas alkohol. Selain itu, Hindari makanan tertentu seperti Bawang bombay dan bawang putih yang bisa menambah rasa enak pada makanan, tetapi juga cenderung memiliki efek jangka panjang pada napas. 


Jika ingin menghindari bau mulut pagi, sebaiknya hindari jenis makanan ini saat makan malam. Selain itu, Sobat juga dapat menggunakan probiotik oral. Probiotik menambah bakteri pendukung yang baik ke dalam mulut untuk mencegah bakteri penyebab penyakit berkembang biak. Namun, Sobat tetap perlu ke dokter gigi untuk melakukan kontrol rutin kesehatan gigi dan mulut Sobat. Sobat juga bisa mengonsultasikannya jika bau mulut Sobat memburuk dan bahkan terjadi sepanjang hari.


Posting Komentar untuk "6 Penyebab Bau Mulut di Pagi Hari"