Cara Merekam Zoom Meeting di Windows 10

Cara Merekam Zoom Meeting di Windows 10 .  Apa pun alasan Sobat ingin merekam layar Sobat dengan Zoom di komputer Sobat, alat ini jauh lebih baik daripada pesaingnya. Misalnya, tidak seperti Skype, di mana rekaman menghilang setelah 30 hari, rekaman video Zoom tidak akan kemana-mana. Ya, Sobat dapat merekam layar Sobat dengan Zoom di Windows 10. Tentu saja, dengan izin orang lain.


Sobat dapat menggunakan fitur perekaman layar Zoom untuk membuat panduan video, tutorial, dan lainnya. Sobat juga dapat menghemat kerumitan membuat catatan selama rapat dengan menggunakan fitur perekaman layar untuk merekam semuanya.


Dalam tutorial ini, saya akan memberi Sobat proses langkah demi langkah tentang bagaimana Cara Merekam Zoom Meeting di Windows 10. Saya juga akan menunjukkan cara membuat anotasi saat merekam layar papan tulis Sobat.


Cara Merekam Zoom Meeting di Windows 10

Cara Merekam Zoom Meeting

Berikut cara merekam layar komputer Sobat di Windows menggunakan aplikasi desktop Zoom.


1. Jalankan aplikasi Zoom
2. Mulai rapat zoom baru sebagai tuan rumah dengan mengklik ikon Rapat Baru seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

Cara Merekam Zoom Meeting


3. Klik Bagikan dari layar utama atau bilah alat.


Namun, jika Sobat telah menyalakan kamera komputer, pengalaman Sobat akan sedikit berbeda. Jadi, Sobat harus menggunakan opsi Bagikan di bilah alat.

Bagikan di bilah alat

Tapi itu jika Sobat tidak ingin merekam video diri Sobat sendiri. Jika Sobat lebih suka merekam diri sendiri sebelum merekam layar Sobat, mungkin sebagai perkenalan atau semacamnya, berikut cara melakukannya.


Pada toolbar Zoom, Sobat akan melihat Rekam, klik di atasnya. Sobat akan melihat bahwa video sedang direkam karena aplikasi Zoom Sobat akan menunjukkan 'Rekaman.'


Setelah selesai merekam dan ingin beralih ke perekaman layar, Sobat dapat melakukan salah satu dari dua hal tersebut. Sobat dapat mengklik ikon Bagikan pada bilah alat dan kemudian membuka program yang ingin Sobat rekam di layar Sobat. Atau, jeda video dan kemudian klik Bagikan dan kemudian ketika Sobat telah memilih file yang ingin Sobat bagikan, klik Lanjutkan Perekaman.

beralih ke perekaman layar

Untuk panduan ini, saya berasumsi Sobat hanya ingin merekam layar Sobat . Jika Sobat pernah memutuskan untuk menempatkan diri Sobat dalam perekaman layar Sobat, Sobat dapat menggunakan saran di atas dengan mudah.


4. Pilih layar, jendela, atau aplikasi yang ingin Sobat bagikan. Sobat juga dapat memilih dari daftar jendela atau aplikasi yang terbuka di komputer Sobat.

Pilih layar, jendela, atau aplikasi yang ingin Sobat bagikan


Sobat juga dapat memilih dari daftar jendela atau aplikasi yang terbuka di komputer Sobat.


5. Klik Bagikan di kanan bawah layar.

Cara Merekam Zoom Meeting

Berbagi layar Sobat akan menampilkan bilah alat dan kontrol rapat yang dapat diseret di sekitar layar.

Berbagi layar

6. Ketuk ikon Lainnya untuk membuka opsi lain.

Cara Merekam Zoom Meeting di Windows 10

7. Dari menu tarik-turun, klik Rekam untuk memulai perekaman layar Sobat. Sobat dapat menjeda, melanjutkan, dan menghentikan perekaman layar Sobat.

Cara Merekam Zoom Meeting

Sobat dapat menjeda, melanjutkan, dan menghentikan perekaman layar Sobat.

menjeda, melanjutkan, dan menghentikan perekaman layar

8. Ketika Sobat telah menyelesaikan perekaman layar Sobat, kembali ke Lainnya, dan kemudian dari menu drop-down, Sobat akan mengklik Akhiri Rapat.

klik Akhiri Rapat

9. Setelah Sobat mengakhiri rapat, Sobat lunak akan mengonversi rekaman rapat dalam file audio dan video untuk disimpan di PC Sobat.

file audio dan video

10. Setelah konversi, folder yang berisi file yang direkam akan terbuka secara otomatis. File audio/video (MP4) biasanya diberi nama 'Zoom_0.mp4' secara default, sedangkan file audio-only (M4A) memiliki nama default yang ditambahkan 'audio_only.m4a'.


11. File yang direkam disimpan di lokasi berikut secara default: PC — C:\Users\ Nama Pengguna \Documents\Zoom



Cara Merekam Zoom Meeting Whiteboard di Windows 10

Fitur papan tulis pada zoom memungkinkan Sobat untuk berbagi papan tulis yang dapat diberi anotasi oleh penyelenggara rapat dan peserta lainnya. Sobat dapat merekam layar papan tulis Sobat sambil memberikan penjelasan vokal.


1. Luncurkan aplikasi Zoom, mulai rapat, dan klik Bagikan dari layar utama atau bilah alat. Setelah itu, klik Papan Tulis.

Whiteboard

2. Klik Bagikan di kanan bawah layar.

Cara Merekam Zoom Meeting

3. Mengetuk Bagikan akan menampilkan papan tulis dan kontrol rapat yang dapat diseret di sekitar layar.


Berikut Papan Tulis.

Cara Merekam Zoom Meeting

Berikut adalah kontrol rapat.

Cara Merekam Zoom Meeting

4. Ketuk ikon Lainnya untuk membuka opsi lain.

Cara Merekam Zoom Meeting

5. Klik Rekam untuk memulai perekaman layar Sobat. Sobat dapat menjeda, melanjutkan, dan menghentikan perekaman layar Sobat.

menjeda, melanjutkan, dan menghentikan perekaman

Sobat dapat menjeda, melanjutkan, dan menghentikan perekaman layar Sobat.

menjeda, melanjutkan, dan menghentikan perekaman layar Anda.

6. Setelah membuat anotasi di Papan Tulis Sobat, Klik Simpan. Opsi itu akan menyimpan anotasi Sobat ke folder penyimpanan zoom default di PC Sobat.

zoom default di PC

7. Setelah Sobat menyelesaikan perekaman layar, Sobat dapat mengklik Akhiri Rapat.

Akhiri Rapat

8. Setelah rapat selesai, file video akan disimpan di PC Sobat.

video akan disimpan di PC

9. Setelah file dikonversi, folder yang berisi file yang direkam akan terbuka secara otomatis. File papan tulis bernama Whiteboard.png, file audio/video (MP4) bernama 'Zoom_0.mp4,' dan file audio saja (M4A) bernama 'audio_only.m4a' secara default.


10. File yang direkam disimpan di lokasi folder berikut di komputer Sobat secara default: PC — C:\Users\ Nama Pengguna \Documents\Zoom


Zoom adalah alat yang luar biasa dan berharga untuk bisnis. Tetapi jika Sobat ingin membuat video explainer, Sobat dapat memanfaatkan opsi perekaman layar ini, di antara banyak fitur Zoom lainnya.


Alat ini juga dapat berguna dalam presentasi. Jadi, jika Sobat ingin memproyeksikan layar Sobat ke audiens Sobat saat merekam sesi layar itu, maka Sobat ingin memanfaatkan alat ini.



Akhir kata

Sekarang setelah Sobat mengetahui cara merekam layar di Windows , Sobat dapat menggunakan fitur ini untuk merekam rapat dan presentasi Sobat. Sobat dapat mengundang orang lain untuk melihat papan tulis Sobat , membuat anotasi, dan menyimpan rekaman Sobat untuk referensi di masa mendatang.