10 Manfaat Bermain Badminton untuk Kesehatan Tubuh yang Bugar

10 Manfaat Bermain Badminton untuk Kesehatan Tubuh yang Bugar. Badminton merupakan olahraga yang sangat popular di Indonesia. Olahraga badminton menjadi salah satu olahraga yang punya banyak penggemar di tanah air. 


Tak khayal, pertandingan-pertandingan bulu tangkis di Indonesia selalu dipadati penonton, lebih tepatnya sebelum adanya pandemi Covid-19. Penampilan sejumlah atlet pun sangat dinantikan. Selain karena prestasinya, Badminton juga terkenal karena ada begitu banyak manfaat ketika kita memainkannya. 


Manfaat bermain badminton tersebut menjadi faktor yang semakin mendukung setiap orang untuk memainkan olahraga ini. Dengan memiliki banyak manfaat, olahraga badminton semakin digemari, termasuk di Tanah Air. Apa saja manfaat itu? Berikut 10 manfaat bermain badminton untuk kesehatan tubuh yang bugar.


10 Manfaat Bermain Badminton untuk Kesehatan Tubuh yang Bugar

badminton

1. Meningkatkan Kekuatan Kaki

Salah satu manfaat yang dimiliki dari olahraga badminton adalah meningkatkan kekuatan kaki. Hal ini karena permainan badminton menuntut pemainnya untuk aktif bergerak ke kiri, kanan, belakang, dan depan. Maka, secara tidak langsung footwork tersebut akan menguatkan otot kaki pemainnya.


2. Menjaga Kepadatan Tulang

Manfaat selanjutnya adalah menjaga kepadatan tulang. Hal ini terjadi karena badminton mampu memicu aktivitas sel-sel pembentuk tulang lebih meningkat dan itu baik untuk membentuk kepadatan tulang pemainnya.


3. Baik untuk Penderita Hipertensi

Selanjutnya, olahraga ini juga bagus untuk penderita hipertensi. Sebab, saat memainkan olahraga badminton, pemain melakukan aktivitas metabolisme keringat dan meningkatkan sirkulasi secara normal sehingga dapat menyehatkan pembuluh darah.


4. Mencegah Kanker

Manfaat lain dari olahraga badminton adalah mencegah kanker. Hal ini terdengar luar biasa bukan? Bagaimana tidak, secara khusus, olahraga ini mencegah kanker usus besar dan kanker payudara.


5. Mencegah Sakit Jantung

Tak hanya kanker, olahraga ini juga bisa mencegah penyakit jantung. Sebab saat bermain badminton, olahraga ini secara tidak langsung dapat memperkuat otot-otot jantung serta meningkatkan denyut jantung normal dan membuat detaknya lebih teratur.


6. Menurunkan Berat Badan

Untuk kalian yang sedang berniat untuk menurunkan berat badan, olahraga badminton ini merupakan salah satu olahraga yang wajib kalian coba. Sebab, badminton juga bisa menurunkan berat badan. Karena, saat memainkannya ada banyak kalori yang terbakar di dalam tubuh pemain. Jumlah kalori yang terbakar tersebut akan bergantung pada durasi dan bobot tubuh setiap orang.


7. Membuat Kualitas Tidur Lebih Baik

Memang sangat wajar jika kualitas tubuh yang bugar ditentukan dari kualitas tidur seseorang. Nah, untuk Sobat yang ingin meningkatkan kualitas tidur, cobalah untuk bermain olahraga badminton. Karena, badminton juga dinilai bisa meningkatkan kualitas tidur. Efeknya juga terlihat dalam efisiensi melakukan kegiatan sehari-hari.


8. Menghilangkan Stres

Pikiran yang stres dan dijejali dengan banyak pikiran tentunya membuat siapa saja tidak nyaman karenanya. Nah, sebagai salah satu upaya untuk menghilangkan stres, Sobat patut mencoba olahraga satu ini. Sebab, permainan badminton mampu menimbulkan perasaan nyaman dalam diri. Olahraga ini bisa mengurangi stres, depresi, dan kecemasan.


9. Meningkatkan Stamina dan Kebugaran Tubuh

Olahraga badminton juga bisa meningkatkan stamina dan kebugaran tubuh. Sebab, olahraga ini mirip latihan aerobic. Dengan gerakan yang dimainkan saat bermain badminton, maka dapat meningkatkan stamina dan kebugaran tubuh pemainnya


10. Mencegah Obesitas

Last but not least. Manfaat badminton bagi kesehatan tubuh yang satu ini dijamin bikin Sobat gakan ragu lagi buat memainkannya. Yap, bermain badminton juga bisa menangkal risiko obesitas. Sebab, olahraga ini mereduksi kolesterol berlebihan dalam tubuh dan juga meningkatkan kolesterol baik. Maka, dengan bermain badminton, secara tidak langsung Sobat dapat terhindar dari risiko obesitas.


Nah itu adalah 10 manfaat bermain badminton untuk kesehatan tibuh yang bugar. Semoga informasi ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel