+7 Cara Mengatasi Windows Key Yang Tidak Berfungsi Di Windows 11

Windows Key atau Kunci Windows adalah sistem operasi yang dapat digunakan untuk membuka dan memulai serta mencari sebuah aplikasi. Tombol Windows juga berfungsi penting sebgai pintasan pada keyboard yang Anda dapat gunakan untuk membuka menu pengaturan, panel widget di windows dan lain sebagainya. Tombol windows sendiri biasanya bertempat di sebelah pojok kiri apabila Anda sedang melihat layar Komputer atau PC maupun Laptop.


Terkadang tombol windows yang akan digunakan mengalami sebuah masalah yaitu seperti tombol window yang tidak dapat berfungsi atau tidak dapat digunakan sebagai semestinya. Nah untuk itu artikel ini akan membahas beberapa cara mengenai hal berikut. Yuk simak bagaimana tutorial atau cara mengatasi tombol Windows Key Yang Tidak Berfungsi Di Windows 11.



+7 Cara Mengatasi Windows Key Yang Tidak Berfungsi Di Windows 11

Windows Key

1. Membersihkan Kotoran Debu pada Keyboard

Apabila tombol windows key atau kunci windows pada keyboard anda tidak memiliki fungsi lagi, masalah tersebut dapat disebabkan oleh perangkat keras anda yang kotor. Adapun langkah yang anda dapat coba dibawah ini.

  • Bersihkan papan ketik atau Keyboard Anda. menggunakan udara yang bertekanan dan lalu singkirkan partikel debu dari sebuah keyboard. Jika Anda memiliki keyboard mekanis dengan tombol yang dapat dilepas, Anda dapat menggunakan penarik tombol, melepas tombol Windows, dan membersihkan nya dari debu.
  • Jika Anda memiliki keyboard lain, coba sambungkan keyboard tersebut dengan komputer atau PC maupun laptop Anda. Apabila kunci Windows masih tidak berfungsi, kemungkinan besar itu adalah masalah perangkat lunak anda yang digunakan.
  • Selanjutnya anda coba tutup aplikasi dan game yang mungkin dapat mempengaruhi fungsionalitas windows key atau kunci Windows di Komputer atau PC maupun Laptop Anda. Anda dapat menggunakan Task Manager dan tutup program tersebut sepenuhnya.
  • Cara diatas akan memberi tahu kita dalam memecahkan masalah Anda, hal itu apakah masalah tersebut dari perangkat keras atau perangkat lunak. Kemungkinan besar, ini akan menjadi masalah sisi dari perangkat lunak.

2. Menjalankan atau Run Windows Keyboard Troubleshooter di perangkat

Pada Windows 11 telah hadir dengan alat keyboard Troubleshooter untuk mengubah kembali ke default, ini akan membantu mendiagnosis dan memperbaiki maupun mengatasi gangguan kecil pada sebuah keyboard. Anda dapat mengikuti cara dibawah ini untuk tutorialnya.
  • Anda Buka aplikasi Pengaturan di Windows 11 (klik menu start dan cari Pengaturan).
  • Buka Sistem dan buka menu Troubleshooter.
  • Pilih Troubleshooter lain dari menu berikut.
  • Jalankan atau klik Run Troubleshooter keyboard dan biarkan Windows menangani masalah tersebut.

3. Menonaktifkan Mode Game atau Permainan

Pada windows 11 mungkin game adalah permainan yang sangat enak untuk dimainkan dan secara pesat microsoft telah meningkatkan yang lebih baik lagi untuk para gamers yang menggunakan windows 11. 

Dengan menggunakan mode game tersebut, Anda dapat menonaktifkan notifikasi, menonaktifkan tombol tertentu agar tidak mengganggu selama kita bermain game, meningkatkan kinerja GPU, dan banyak lagi.

Beberapa keyboard yang dilengkapi dengan tombol mode permainan. Apabila Anda menggunakan mode game atau permainan di Windows 11, Anda harus menonaktifkannya terlebih dahulu untuk mengakali agar tombol Key Windows pada keyboard dapat berfungsi kembali. Caranya anda dapat mengikuti langkah langkah berikut ini.
  • Buka Pengaturan pada Windows 11 dan buka menu Gaming.
  • Pilih Mode Game dan nonaktifkan tombol dari menu tersebut.
  • Coba tekan tombol Windows perangkat keras anda dan lihat apakah dapat berfungsi kembali. Apabila belum teratasi maka anda dapat mencoba ke tahap selanjutnya.

4. Menonaktifkan Tombol Filter

Tombol Filter atau Filter Keys adalah fitur aksesibilitas di Windows 11 yang menonaktifkan penekanan tombol secara berulang. Hal ini mungkin dapat mengganggu fungsi tombol Windows seketika OS mendaftarkan kunci secara dua kali. Lalu bagaimana cara dan langkah menonaktifkannya, simak tutorial dibawah ini
  • Yang pertama Buka menu Pengaturan Windows dan buka Aksesibilitas (Accessbility).
  • Pilih Keyboard dan lalu nonaktifkan tombol Filter dari menu berikut.

5. Mengaktifka Windows Keys Melalui Registry

Dimohon berhati-hati saat menggunakan tutorial berikut ini. Kesalahan kecil menggunakan cara ini dapat menyebabkan masalah besar terhadap Komputer atau PC maupun Laptop Anda. Selagi itu Anda juga memiliki pilihan untuk dalam mengaktifkan Tombol Windows pada keyboar melalui registri. Simak cara melakukannya.
  • Tahap pertama anda klik kanan pada menu Start dan buka Run. Ketik regedit dan tekan OK.
  • Arahkan ke jalur berikut.
  • HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetControlKeyboard Layout
  • Jika Anda menemukan Scancode Map dari sisi kanan, klik kanan padanya dan Hapus.
  • Tutup menu Registry dan restart PC. Jika Anda tidak dapat melihat Scancode Map, Anda dapat melewati solusi ini dan melanjutkan perjalanan pemecahan masalah Windows Key Anda.

6. Menggunakan Fitur PowerShell di perangkat lunak Anda

Melalui PowerShell memungkinkan Anda dapat membuat sebuah perubahan pada komputer atau PC maupun Laptop Windows Anda, dengan menggunakan perintah dan bahasa skrip.

Anda dapat menggunakannya untuk menjalankan perintah dan mengatasi tombol kunci Windows pada keyboard yang tidak berfungsi lagi. Cara nya simak berikut ini.

  • Tahap pertama anda klik tombol Start dan cari Windows PowerShell.
  • Salin dan tempel perintah berikut di PowerShell
  • Get-AppXPackage -AllUsers | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register “$($_.InstallLocation) AppXManifest.xml"}
  • Tekan tombol enter dan jalankan perintah.
  • Reboot PC dan cek apakah tombol Windows memiliki fungsi lagi atau tidak.

7. Mengupdate Driver Keyboard Anda ke Versi Terbaru

Driver keyboard yang telah kedaluwarsa atau habis masanya dapat menyebabkan tombol kunci Windows tidak akan berfungsi lagi pada Windows 11. Bagaimana cara memperbarui driver Keyboard ke versi terbarunya? Yuk simak caranya berikut ini.
  • Tahap pertama anda klik kanan pada menu Start dan buka aplikasi Device Manager.
  • Gulir ke bawah ke Keyboard dan klik kanan pada keyboard dari untaian daftar.
  • Pilih Perbarui atau update Drive dari menu konteks dan lalu instal driver keyboard terbaru dari web.

8. Memindai atau Scan Komputer/PC pada Malware

Apabila Anda memiliki kebiasaan seperti menginstal program maupun aplikasi dan media dari sumber yang tidak terverifikasi dari web, Anda mungkin telah menginfeksi Komputer atau PC dengan file yang berbahaya bisa disebut Virus. File palsu ini mengambil alih fungsi Windows tertentu dan menghancurkan alur kerja perangkat Anda.


Gunakan program Keamanan Windows anda dan jalankan perbaikan dengan cepat.
  • Tahap yang pertama adalah anda dapat klik pada menu start dan cari Keamanan Windows (Windows Security).
  • Buka aplikasi dan buka menu Virus & threat protection.
  • Gunakan program Keamanan Windows dan jalankan perbaikan cepat (quick scan).

Akhir Kata

Tombol Windows Keys pada keyboard adalah bagian penting yang dapat digunakan sehari hari apabila anda bekerja secara online malalui perangkat Komputer atau PC maupun Laptop

Maka dari itu kita telah dapat mengetahui langkah, cara dan tutorial yang dapat dilakukan untuk mengatasi Tombol key pada keyboard Windows 11 yang tidak berfungsi lagi sebagai semestinya. Semoga bermanfaat.