Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

+8 Cara Mengatasi Keyboard Komputer atau PC Tidak Berfungsi

+8 Cara Mengatasi Keyboard Komputer atau PC Tidak Berfungsi. Keyboard yang tidak berfungsi atau tidak dapat digunakan disaat tengah ingin mengetik pekerjaan maupun tugas sekolah dapat menyebabkan menghambat jam produktif Anda. 


Beberapa hal di dalam pengaturan perangkat Anda yang saat ini digunakan di perangkat Windows 11 pilihan Anda, adanya faktor yang masih dapat menyebabkan keyboard tidak berfungsi. Dibawah ini pada artikel yang akan di tulis adalah uraian penyebab dan cara mengatasi Komputer atau PC maupun Laptop yang Anda gunakan di Windows 11. Yuk mari simak tutorialnya.


+8 Cara Mengatasi Keyboard Komputer atau PC Tidak Berfungsi

Keyboard Komputer atau PC

1. Cek Koneksi Kabel pada Perangkat

Apabila Anda menggunakan keyboard berkabel pada Komputer atau PC Windows 11, Anda diharuskan memeriksa sambungan terhadap kabelnya. Kemungkinan sekali Anda tidak sengaja atau disengaja tertarik maupun ditarik yang menyebabkan sambungan kabel menjadi longgar.


Dan pastikan juga bahwa Anda telah menghubungkan keyboard ke Komputer atau PC dengan baik dan benar. Apabila tutorial pertama tengah tidak berhasil maka Anda dapat mencoba tutorial berikutnya.


2. Cek Koneksi Bluetooth Pada Perangkat

Keyboard Komputer atau PC di Windows 11 Anda mungkin tengah bermasalah atau tidak memiliki fungsi yang seharusnya, apabila tengah kesulitan menjaga koneksi Bluetooth yang aktif terhubung.


Anda dapat klik melupakan keyboard yang terhubung ke Bluetooth dan mencoba menambahkannya lagi ke profil Bluetooth Komputer atau PC di Windows 11. 


Berikut adalah langkah cara menambahkannya kembali.

  1. Buka aplikasi Pengaturan Windows 11 (gunakan tombol Windows + I).
  2. Buka menu Bluetooth & perangkat.
  3. Apabila keyboard nirkabel Anda tidak terhubung secara aktif, Anda dapat melihatnya status keadaan Dipasangkan.
  4. klik tombol tiga titik dan hapus perangkat dari daftar.
  5. Pilih Tambah perangkat dan sambungkan kembali keyboard Bluetooth Anda.


3. Cek Baterai Keyboard Anda

Beberapa lainnya keyboard Bluetooth tengah dilengkapi dengan sebuah indikator untuk memperingatkan Anda tentang baterai yang tengah melemah. Anda juga dapat menggunakan dan memanfaatkan perangkat lunak seperti keyboard ini untuk mengecek masa pakai baterai kiri.


Misalnya, keyboard bluetooth Keychron K2 . Keyboard tersebut memiliki indikator baterai di sebelah kanan yang di samping konektor pengisian daya. Jika indikator berkedip merah, saatnya untuk anda untuk mengisi daya keyboard Anda.


4. Anda dapat berpindah ke Windows Toggle

Sebagian besar keyboard nirkabel kompatibel dengan perangkat Mac dan juga Windows OS. Apabila Anda tengah terus menerus berpindah di antara dua sistem, yang Anda perlukan adalah mengubah sakelarnya dari Mac ke Windows.


Apabila tidak berpindah, Anda akan terus tengah mengalami masalah dengan tombol tertentu pada komputer atau PC di Windows 11.


5. Menonaktifkan atau Disable Tombol Filter

Mungkin Anda secara tidak sengaja tengah mengaktifkan opsi tombol filter, itu akan menyulitkan keyboard ketika kita mengambil penekanan tombol yang berulang. Berikut adalah langkah dan cara menonaktifkannya.

  1. Buka aplikasi Pengaturan di Windows (gunakan tombol Windows + I).
  2. Buka menu Aksesibilitas (accessbility).
  3. Pilih keyboard dan nonaktifkan tombol Filter (Filter keys) dari menu itu.


6. Menjalankan Keyboard Troubleshooter

Microsoft tengah menyediakan Keyboard Troubleshooter default untuk mengatasi masalah yang terkait dengannya. 

Berikut adalah langkah dan cara menggunakannya.

  1. Buka aplikasi Pengaturan Windows dan buka menu Sistem.
  2. Pilih Troubleshoot dan buka troubleshooters lainnya.
  3. Temukan Keyboard dari daftar dan klik tombol Run untuk mengaktifkan troubleshoot.


7. Perbarui Driver Keyboard Anda

Driver pada keyboard yang tengah kedaluwarsa dapat menyebabkan masalah keyboard tidak berfungsi pada Komputer atau PC Windows 11. Pastikan Anda tengah menginstal driver keyboard yang terbaru untuk Komputer atau PC Anda.


Berikut adalah cara dan langkahnya.

  1. klik kanan pada menu Start dan buka Device Manager dari daftar.
  2. klik panah bawah menu Keyboards dan klik kanan pada nama keyboard Anda.
  3. Pilih Update Driver, dan Windows akan menginstal driver terbaru yang dibuat dari web.


8. Menonaktifkan atau disable Fast Startup

Fast Startup yang memliki fungsi untuk mengurangi waktu booting Komputer atau PC Anda. Terkadang, hal ini dapat menyebabkan masalah dengan keyboard atau trackpad saat fitur mengalami masalah dalam mendapatkan daya yang cukup. Berikut adalah langkah dan caranya, dimulai opsi dari menu Control Panel.

  1. Buka Control Panel di PC Anda.
  2. Buka Opsi Daya (Power Options).
  3. Pilih 'Pilih apa yang dilakukan tombol daya' (Choose what power buttons do) dari menu samping.
  4. Centang Turn on fast startup (rekommended).
  5. Terakhir Coba mengetik beberapa kata dan lihat apakah keyboard telah berfungsi kembali.


9. Perbarui atau Update Windows 11 di Perangkat Anda

Kemungkinan Windows 11 sedang dalam proses berjalan. Microsoft tengah mencari tahu gangguan awal dari perangkat lunak yang anda gunakan. Untuk tetap menjalankan semuanya dengan lancar, Anda harus selalu memperbarui atau mengupdate Windows 11.


Gunakan tombol Windows + I dan buka aplikasi Pengaturan Windows. Buka menu Pembaruan Windows dan instal build Windows 11 yang terbaru.


Akhir Kata

Setelah Anda menjelajahi beberapa langkah dan cara tutorial diatas, Anda juga harus menjaga keyboard Anda tetap bersih dari butiran debu. Dan apabila tidak ada tips maupun triks diatas yang berhasil, saatnya lah anda untuk mendapatkan keyboard yang baru. Mungkin itu saja yang artikel ini bagikan mengenai +8 Cara Mengatasi Keyboard Komputer atau PC Tidak Berfungsi. Semoga bermanfaat.