Cara Membuat Blog Wordpress untuk Pemula Pribadi

Cara Membuat Blog Wordpress untuk Pemula Pribadi. Dalam perkembangan teknologi, website memiliki peranan penting dalam kegiatan informasi dan komersial. Bagi Anda yang hendak membuat website, tentu ini merupakan kesempatan baik bagi Anda dalam memperluas kegiatan bisnis dan promosi Anda.


Jika Anda ingin membuat website, Anda membutuhkan platform khusus. Dari sekian banyak opsi yang tersedia, Anda dapat memilih wordpress sebagai salah satu pilihan terbaik untuk membuat website Anda.


Nah, bagi Anda yang ingin langsung membuat website, Anda dapat mengikuti tutorial berikut, untuk mulai membuat website melalui wordpress. Berikut Cara Membuat Blog Wordpress untuk Pemula untuk keperluan pribadi. Yuk simak tutorial dibawah ini.


Cara Membuat Blog Wordpress untuk Pemula Pribadi

Cara Membuat Blog Wordpress

1. Tentukan Niche (Topik) yang ingin Anda bahas di Website Anda

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan Niche (topik) yang Anda inginkan di website Anda. Sebelum Anda membuat website menggunakan WordPress, Anda harus menentukan jenis website. Apakah Anda ingin website berupa blog, situs ecommerce, profil perusahaan, dsb. Jika website yang ingin Anda buat itu adalah website pribadi, maka Anda harus memilih topik khusus yang menjadi fokus utamanya. Topik website sangat beragam, mulai dari kuliner, kesehatan, teknologi, bisnis, travelling, dsb. Oleh sebab itu, Anda harus memilih topik yang benar-benar Anda sukai dan kuasai. 


Nah, setelah Anda menentukan niche yang akan digunakan, Anda harus menentukan tujuan utama yang hendak Anda peroleh melalui website. Apakah Anda berencana membuat website karena tujuan komersil? Atau Anda membuat website karena sekadar ingin mengisi waktu luang saja? Apa pun tujuan yang Anda pilih, yang pasti Anda harus konsisten. Selain itu, Anda harus mempertimbangkan sasaran visitor yang akan menjadi sasaran konten atau website Anda. Agar kemudian, Anda bisa menentukan format, gaya, dan tone penulisan yang sesuai.


2. Buat Nama Domain

Berikutnya, langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah membuat nama domain. Nantinya, nama domain tersebut akan merepresentasikan website Anda. Oleh karena itu, dalam pembuatan domain, Anda harus mempertimbangkannya secara matang dan memilih dengan sangat bijak.


3. Pilih Web Hosting Terbaik yang Sesuai dengan Dompet Anda

Untuk membuat website dengan WordPress, Anda membutuhkan hosting. Ada banyak jenis hosting yang tersedia, Anda bisa memilih hosting terbaik yang sesuai dengan dompet Anda.


5. Pilih Tema yang Anda Inginkan

Langkah selanjutnya dalam membuat wordpress adalah silakan Anda memilih tema yang Anda inginkan. Pilihlah tema yang menarik dan fungsional untuk menunjang profesionalitas blog Anda. Jika Anda mencari tema di Zakra, Shapely, dan Flash, maka Anda akan mendapatkan tema secara gratis. Sementara itu, jika Anda mencari tema di Uncode, Divi, dan X Anda akan mendapatkan tema yang berbayar. Apabila Anda ingin memiliki Desain Tema impian untuk situs Anda yang diingikan berikut adalah jasa Profesional dibidang nya, Anda dapat berkonsultasi secara GRATIS dan Garansi Uang Kembali. Silahkan Anda dapat berkunjung ke sini https://www.sribu.com/id/simple-web-design


Ketika Anda sudah mendapatkan tema, Anda harus menginstall tema dengan cara masuk ke Dashboard WordPress dan arahkan kursor ke tab Appearance. Pilih Themes dan klik Add New. Kemudian, cari tema WordPress yang diinginkan, lalu arahkan kursor ke tengah tema, dan klik tombol install.


6. Install Plugin

Selanjutnya, jika Anda membuat web dengan WordPress, Anda juga harus memilih dan menginstall plugin yang diperlukan. 


Caranya :

  • Silakan Anda klik opsi Plugins di menu dashboard WordPress
  • Kemudian, klik AddNew. 
  • Ketik nama plugin yang Anda inginkan di kolom pencarian. 
  • Kemudian klik tombol Install New di samping plugin. 
  • Apabila sebelumnya Anda sudah mengunduh plugin, klik Upload Pluggin > Choose > Install Now.
  • Untuk mengaktifkan plugin setelah proses instalasi berhasil, klik Activate Pluggin.


Akhir kata, itulah pembahasan terkait Cara Membuat Blog Wordpress untuk Pemula yang dapat artikel kali ini bagikan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda