Cara Mengatasi Notifikasi tidak berfungsi di Windows 11

Cara Mengatasi Notifikasi tidak berfungsi di Windows 11. Notifikasi Windows 11 sudah menjadi bagian penting perangkat komputer atau PC maupun Laptop di kehidupan kita sehari-hari karena membantu kita mengecek berbagai hal. Tanpa notifikasi yang tidak berfungsi, kita tidak akan tahu berapa banyak pesan, email, dan peringatan penting yang akan kita lewatkan. Hal itulah yang sering terjadi pada banyak pengguna Windows setelah membarukan ke Windows 11 .


Apabila Anda sendiri pernah mengalami masalah yang sama yang di mana Windows tidak berfungsi memberikan notifikasi kepada kita, maka tutorial berikut ini akan membantu Anda menyelesaikan semua masalah notifikasi pada Windows 11. Yuk simak penjelasan berikut ini.


Cara Mengatasi Notifikasi tidak berfungsi di Windows 11

Windows 11

1. Restart Komputer atau PC maupun Laptop

Tahap yang pertama yaitu dengan cara merestart, restart adalah cara bagaimana cara memecahkan masalah yang biasanya dan menangani serta ,mengatasi gangguan kecil pada Windows 11. Jadi sebelum melalui solusi atau cara selanjutnya pada uraian dibawah ini, Anda dapat mencoba me-restart Komputer atau PC maupun Laptop Anda terlebih dahulu.


2. Cek Pengaturan Notifikasi atau Pemberitahuan

Tahap selanjutnya, Anda diharuskan memverifikasi pengaturan notifikasi atau pemberitahuan pada Windows 11 untuk memastikan aplikasi dan kontak diizinkan untuk membantu mengaktifkan notifikasi di windows 11. 

Caranya seperti berikut ini.
  • Menekan tombol Windows + I untuk melangsungkan aplikasi Pengaturan dan pergi ke Notifikasi.
  • Aktifkan tombol di sebelah notifikasi atau Pemberitahuan apabila belum aktif. 
  • Setelah itu, Anda juga dapat mengecek apakah aplikasi favorit Anda dapat memfungsikan kembali notifikasi.


3. Menonaktifkan atau mematikan Fitur Focus Assist

Tahap berikutnya yakni Focus Assist adalah utilitas yang praktis di Windows 11 yang akan membantu Anda fokus pada tugas yang telah ada dengan menonaktifkan notifikasi dari aplikasi dan kontak. Jadi, apabila Anda secara tidak sengaja telah mengaktifkan mode Fokus pada Windows, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menonaktifkan atau mematikannya.

Caranya seperti berikut ini.
  • Tekan tombol Windows + I untuk membuka Pengaturan dan pergi ke Bantuan fokus.
  • Sekarang atur bantuan Fokus ke Mati.

4. Dengan Restart Windows Explorer

Dengan cara lain mengapa Windows mungkin tidak memberikan dan menampilkan pemberitahuan ataupun notifikasi bisa jadi disebabkan dari Windows Explorer mengalami kesalahan. Akan tetapi, masalah tersebut dapat mudah diselesaikan setelah Anda merestart Windows Explorer

Caranya seperti berikut ini.
  • Menekan Ctrl + Shift + Esc pada keyboard Anda untuk menampilkan Task Manager dengan cepat.
  • Pada jendela Task Manager, klik opsi More details untuk memperluasnya.
  • Pada tab Proses, gulir ke bawah untuk menemukan Windows Explorer
  • Pilih dan kemudian menekan tombol Restart di bagian bawah.

5. Menjalankan Pemindaian SFC

Terhadap file sistem yang rusak atau hilang sering kali dapat menyebabkan masalah notifikasi atau pemberitahuan pada Windows 11. Untuk memperbaiki dan cara mengatasinya, Anda dapat mencoba menjalankan pemindaian SFC atau Pemeriksa File Sistem yang dapat secara otomatis mendeteksi dan mengganti file tersebut dengan versi yang dicache. 

Caranya seperti berikut ini.
  • Klik kanan pada ikon menu Start dan pilih opsi Terminal Windows (admin) dari menu yang dihasilkan.
  • Ketik perintah yang diberikan di bawah ini dan tekan Enter.
  • -> sfc /scannow
  • Setelah menyelesaikan pemindaian, reboot Komputer atau PC maupun Laptop Anda dan lihat apakah masalah notifikasi tidak berfungsi di Windows 11 sudah teratasi dengan baik.

6. Dengan Mendaftar atau Register Action Center

Yang terkadang, Windows juga dapat gagal berfungsi dalam memberikan notifikasi atau pemberitahuan push apabila ada masalah dengan Pusat Tindakan (Action Center) itu sendiri. Dengan demikian, Anda dapat mencoba mendaftar ulang Action Center di Windows untuk mengatasi masalah tersebut.

Caranya seperti berikut ini.
  • Buka menu Start, ketik PowerShell , dan klik Run as administrator untuk membuka PowerShell dengan hak admin.
  • Menempelkan perintah yang telah diberikan di bawah ini dan menekan Enter.
  • -> Get-AppxPackage | % { Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)\AppxManifest.xml" -verbose }
  • Setelah terdaftar, reboot komputer atau PC maupun Laptop Anda lagi untuk melihat apakah Anda dapat menerima notifikasi sekarang.

7. Melalui Registry Editor

Tahap berikutnya yaitu mengelola Registry Editor adalah alat yang memberi manfaat yang dapat digunakan untuk membuat perubahan dalam tingkat sistem ke Komputer atau PC maupun Laptop Anda. Anda dapat menggunakannya untuk memastikan bahwa tampilan notifikasi atau pemberitahuan tidak dinonaktifkan di Komputer atau PC maupun Laptop Anda.


Karena Windows Registry yang merupakan bagian integral dari OS Windows, Anda dapat mengikuti langkah langkah dengan tepat dan jangan lupa untuk membuat cadangan file Registry terlebih dahulu agar file tersebut dapat dikembalikan settingan awal.

Caranya seperti berikut ini.
  • Menekan tombol Windows + R untuk membuka dialog Run. Ketikan regedit di kotak dan lalu tekan Enter.
  • Selanjutnya gunakan bilah alamat di bagian atas untuk menavigasi ke kunci berikut.
  • HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\PushNotifications
  • Klik kanan pada tombol PushNotifications lalu pergi ke New dan klik pada DWORD (32-bit) Value. Beri nama ToastEnabled.
  • Klik dua kali pada kunci ToastEanbled dan ubah nilainya menjadi 1.

8. Perbarui Windows yang tidak tepat

Masalah notifikasi atau pemberitahuan tidak berfungsi di seluruh sistem seperti itu, dapat terjadi karena pembaruan OS yang salah atau tidak kompability terhadap perangkat yang digunakan. Bersyukurnya, Microsoft biasanya cepat dalam hal merilis perbaikan dan mengatasinya. Dengan itu, Anda dapat memperbarui Komputer atau PC maupun Laptop Windows 11 Anda ke versi terbaru untuk mengatasi masalah tersebut.

Caranya seperti berikut ini.
  • Menekan tombol Windows + I untuk membuka aplikasi Pengaturan untuk mengecek pembaruan.
  • Arahkan ke Pembaruan Windows untuk menginstal pembaruan yang telah tertunda.

Akhir Kata

Notifikasi di Windows 11 tidak dapat berfungsi sangat tidak menyenangkan. Yang paling utama, apabila Anda menggunakan penerimaan notifikasi terhadap ponsel melalui aplikasi Telepon Anda di Windows. Mungkin itu saja tutorial yang dapat artikel ini bagikan. Semoga bermanfaat.