Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Jualan Online Agar Cepat Laku dan Laris Bagi Pemula

5 Tips Jualan Online Agar Cepat Laku dan Laris Bagi Pemula. Jualan online adalah segala jenis kegiatan untuk memasarkan suatu produk atau jasa secara online. Setiap pemilik usaha yang sebagian atau seluruh kegiatan penjualannya menjalankan usahanya secara online melalui jaringan internet. 

Dimana kita bisa berjualan online? Di era modern ini, banyak tempat yang bisa berjualan secara online. Anda bisa membuat toko online sendiri atau berjualan di media sosial seperti facebook atau instagram, beberapa penjual juga menggunakan marketplace sebagai tempat penjualan online. 


5 Tips Jualan Online Agar Cepat Laku dan Laris Bagi Pemula

Tips Jualan Online

1. Menjual barang sesuai target pasar

Jangan mencoba menjual barang secara sembarangan. Pemilihan barang yang tepat sangat berpengaruh terhadap penjualan. Pastikan untuk menjual sesuatu yang sesuai dengan target pasar Anda . Misalnya, jika target pasar Anda adalah anak muda, maka Anda bisa menjual produk yang sesuai dengan selera mereka.


2. Lakukan promosi 

Kita harus mempromosikan barang dengan cara yang cerdas dan tepat sasaran. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan tetap, bahkan pelanggan baru yang akan meningkatkan penjualan barang. Selain promosi yang baik, selalu pastikan kualitas produk selalu dalam kondisi terbaik sehingga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan kepada kami.


3. Tidak mengecewakan konsumen 

Pembeli adalah raja, kekecewaan seorang konsumen dapat menghancurkan bisnis seseorang. Pelayanan yang buruk juga dapat membuat kinerja bisnis menurun. Misalnya, jika ada pelanggan yang kecewa dengan layanan Anda dan bisnis Anda akan terlihat sangat buruk, maka pelanggan itu tidak akan membeli produk Anda lagi dan kemudian ketika diminta pendapat temannya tentang pengalaman membeli produk Anda, dia akan mengatakan bahwa layanan Anda sangat buruk. Jika ini sudah terjadi, maka penjualan Anda juga akan menurun. 


4. Foto produk dengan kualitas yang baik dan deskripsi yang lengkap 

Karena berjualan online, semua promosi akan ditampilkan secara visual. Oleh karena itu, pastikan foto produk yang akan diunggah memiliki kualitas yang baik yaitu tidak buram dan memiliki pencahayaan yang baik. Hal ini dilakukan agar konsumen tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Selain itu, Anda juga harus mendeskripsikan produk yang dijual secara lengkap agar lebih mudah dipahami oleh calon pembeli. 


5. Lakukan inovasi 

Kita sebagai penjual online harus berani melakukan perubahan atau inovasi demi kelancaran bisnis. Misalnya, jika Anda awalnya hanya berjualan melalui media sosial dan marketplace, cobalah untuk membangun toko online Anda sendiri seperti website. Dengan membuat toko online sendiri, Anda tidak harus mematuhi aturan yang ada seperti yang ada di marketplace dan media sosial, termasuk biaya dan ongkos kirim. 


Di masa pandemi saat ini, berjualan online menjadi kegiatan yang wajib Anda terapkan, hal ini terkait dengan pola masyarakat yang cenderung berubah ke arah yang lebih modern. Poin penting dalam berjualan online adalah memiliki manajemen bisnis yang baik mulai dari proses perencanaan hingga proses monitoring.

Nah untuk mempermudah promosi jualan Anda, Anda juga dapat membaca artikel berikut ini untuk mencari tahu tips berjualan dengan psikologi marketing

Demikianlah ulasan mengenai 5 Tips Jualan Online Agar Cepat Laku dan Laris Bagi Pemula yang dapat Anda coba di masa kini. Semoga bermanfaat.