Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Berjualan Online di Platform Media Sosial Instagram yang Mudah

Cara Berjualan Online di Platform Media Sosial Instagram yang Mudah. Ada lebih dari satu miliar pengguna Instagram di dunia. 90% dari mereka mengikuti setidaknya satu bisnis di Instagram. Ini saja membuatnya bermanfaat untuk membuat profil untuk bisnis Anda dengan aplikasi Instagram. Tetapi tahukah Anda bahwa Anda dapat membawa bisnis Anda selangkah lebih maju dan mulai menjual di Instagram?

Untuk mempermudah perjalanan penjualan Instagram Anda, kami telah menyiapkan panduan langkah demi langkah yang mendetail ini . Tujuan kami adalah untuk menjawab pertanyaan apa pun yang mungkin Anda miliki saat Anda memulai proses penjualan di Instagram, jadi bersiaplah dan simak selengkapnya.


Cara Berjualan Online di Platform Media Sosial Instagram

Cara Berjualan Online

Cara Mengatur Akun Instagram untuk Toko Anda

Sebelum kita masuk ke cara menjual di Instagram, mari kita mulai dengan beberapa dasar. Di sini kami menjelaskan cara menyiapkan profil untuk bisnis Anda, dan seluk beluk menggunakan platform untuk mempromosikan toko Anda.


Tulis bio yang jelas

Sebelum membuat postingan pertama di akun Instagram bisnis baru Anda, pastikan Anda telah membuat bio yang menarik. Ini adalah kesempatan pertama yang Anda miliki untuk terhubung dengan calon pengikut, jadi sedikit pemikiran akan berpengaruh besar.


Beberapa rekomendasi saat menulis bio Instagram Anda:

Sertakan nama toko Anda

  • Tambahkan deskripsi singkat tentang merek
  • Pertahankan panjangnya antara 140-160  karakter
  • Tambahkan  tombol  ajakan bertindak yang menautkan ke halaman arahan khusus Instagram atau toko Anda (Anda memerlukan akun bisnis untuk melakukan ini)
  • Sorot informasi penting dengan emoji (nomor telepon, email, dll.)
  • Tambahkan #hashtag bermerek untuk mengkurasi gambar dan video

Contoh template:

[Nama Toko]

[Deskripsi Merek]

Tandai foto Anda dengan 

[#Hashtag Bermerek]

[Email] 

[Nomor Telepon] 

[Tautan CTA]


Siapkan rencana konten

Sebelum Anda dapat menjual di Instagram, Anda perlu mencari tahu jenis konten apa yang akan Anda posting. Untuk melakukan itu, Anda memerlukan rencana konten. Ini berarti iklan yang telah direncanakan sebelumnya melalui konten yang menghibur dan informatif yang akan Anda posting ke halaman Instagram Anda.

Rencana konten sangat penting karena menghemat waktu Anda dan membantu memastikan bahwa konten Anda memenuhi tujuan pemasaran Anda.


Jenis konten untuk disertakan dalam rencana Anda:

Promotional 
Postingan tentang produk baru, promosi, diskon, program loyalitas, dan ulasan pelanggan

Edukasi 

Tips, life hacks, masterclasses, dan saran untuk penggunaan dan perawatan produk Anda


Informatif

Berita perusahaan, pencapaian, dan rencana

Menghibur 

Fakta menyenangkan, referensi budaya pop, lelucon, survei, kuis, dan  konten buatan pengguna.


Tingkatkan fotografi Anda

Instagram adalah media yang sepenuhnya visual, jadi tidak ada cara yang lebih baik untuk memamerkan barang dagangan Anda selain dengan beberapa fotografi hebat. Seorang pengguna mungkin mengikuti akun hanya karena mereka menghargai posting grid Instagram yang menarik .

Anda lebih cenderung menjual kepada pengikut yang berlangganan akun Anda karena mereka jelas menghargai kiriman Anda di umpan mereka. Jauh lebih sulit untuk menjual produk di Instagram kepada pengguna yang menemukan akun Anda untuk pertama kalinya.


Tulis caption yang menarik

Rahasia penjualan Instagram adalah memiliki audiens yang terlibat. Semakin banyak pengikut berinteraksi dengan posting Anda, semakin Instagram akan mempromosikan konten Anda kepada penggunanya. Teks yang bagus menghasilkan komentar, jadi jangan pernah puas dengan salinan yang membosankan.

Teks dibatasi hingga 2.200 karakter dan Anda dapat menambahkan hingga 30 tagar ke setiap pos. Ingatlah bahwa aplikasi Instagram memotong pratinjau teks ke dua baris pertama, jadi sangat penting bahwa salinan Anda menarik dari kata pertama.

Praktik terbaik untuk teks Instagram :

  • Format teks Anda untuk membuat posting Anda lebih mudah dibaca. Gunakan emoji dan angka untuk menambahkan poin-poin dan paragraf baru ke teks Anda. Untuk menambahkan spasi baris ke teks Anda, tulis salinan Anda di aplikasi Catatan terlebih dahulu lalu tempelkan ke kotak teks Instagram Anda.
  • Gunakan kata kerja tindakan seperti “ketuk”, “beri tahu”, “gunakan”, dan “bagikan”, untuk mempromosikan keterlibatan secara aktif.
  • Sajikan pembaca dengan informasi yang paling penting terlebih dahulu. Gunakan judul untuk menarik perhatian pengikut Anda segera.
  • Ajukan pertanyaan atau mulai diskusi dengan audiens Anda untuk membuat mereka bermain bersama dengan konten Anda (ingat, interaksi konten = keterlibatan = penjualan!).
  • Gunakan tag lokasi dan tagar untuk menghasilkan lebih banyak lalu lintas ke halaman Anda.


Atur profil Anda

Semakin aktif Anda di Instagram, semakin sulit bagi pengikut Anda untuk menemukan informasi yang mungkin mereka perlukan untuk membeli barang Anda. Bantu mereka menemukan apa yang mereka cari dengan tips berikut:

  • Tambahkan judul pendek ke gambar Anda. Contoh: “Pengiriman”, “Giveaway”, “Cara menggunakan X”.
  • Buat hashtag pendek untuk setiap jenis posting yang Anda terbitkan secara teratur: dari pendatang baru, lifehacks, backstage, dll. Misalnya, #storename_reviews atau #storename_products.
  • Gunakan fitur Sorotan di bagian atas halaman Anda untuk membagikan informasi penting seperti pengiriman, harga, ulasan pelanggan, kontak, dan penawaran khusus.

Mulai tingkatkan audiens Anda

Hal hebat tentang Instagram adalah Anda dapat meningkatkan jumlah pengikut tanpa mengeluarkan uang sepeser pun! Ini semua tentang mengarahkan lalu lintas ke posting Anda. Beberapa cara mudah untuk melakukannya antara lain:

  1. menambahkan kata kunci ke nama pengguna dan bio
  2. menggunakan hashtag dan geotag
  3. berpartisipasi dalam berbagai tantangan
  4. mengomentari profil populer
  5. mengadakan kontes atau giveaway
  6. membuat posting menarik yang mencapai bagian Posting teratas aplikasi.
  7. Sekarang setelah kita membahas dasar-dasarnya, mari kita jelajahi cara menjual langsung di Instagram.

Nah untuk mempermudah promosi jualan Anda, Anda juga dapat membaca artikel berikut ini untuk mencari tahu tips berjualan dengan psikologi marketing.

Demikian uraian pembahasan mengenai cara berjualan online di Platform media sosial Instagram yang dapat dicoba. Semoga bermanfaat.