Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Dropshipper di Tokopedia yang Mudah

Cara Menjadi Dropshipper di Tokopedia yang Mudah. E-commerce merupakan salah satu bidang usaha yang belakangan ini semakin diminati banyak orang dari berbagai kalangan. Hal ini juga didukung dengan semakin tingginya pengguna internet di Indonesia. Karena kepopularan E-commerce ini, akhirnya membuat pihak E-commerce mengembangkan banyak fitur yang dapat menguntungkan banyak pihak. Salah satunya, dengan menyediakan fitur dropshipping. Ada berbagai E-commerce yang menyediakan fitur dropshipping, salah satunya Tokopedia.

Melalui Aplikasi Tokopedia, Anda dapat menjadi Dropshipper di Tokopedia

Dropshipping merupakan salah satu bisnis online yang mudah dijalankan. Dengan sistem ini, seorang pedagang online tidak perlu memiliki stok produk untuk berjualan. Dengan menjadi dropshipper di Tokopedia, Anda tidak perlu memproduksi, ataupun menyetok produk. Selain tanpa harus menyetok produk, seorang dropshipper juga tidak perlu direpotkan dengan proses pengiriman produk yang berhasil dijualnya. Pengemasan dan pengiriman produk kepada pembeli, dilakukan semua oleh pihak supplier atau produsen.

Tidak hanya itu, pada kemasan produk yang dikirimkan kepada pembeli, yang tercatat adalah nama toko penjual milik dropshipper, bukan supplier dropshipper, sehingga pembeli tidak akan mengetahui bahwa produk tersebut sebenarnya dikirim oleh supplier.

Jadi, Bagaimana Caranya agar Anda dapat Menjadi Dropshipper di Tokopedia?

Di Indonesia, ada begitu banyak E-commerce yang menyediakan fitur dropshipping. Tidak terkecuali, Tokopedia.


Cara Menjadi Dropshipper di Tokopedia yang Mudah

Untuk menjadi dropshipper di tokopedia, ada beberapa langkah-langkah yang harus Anda lakukan. Berikut, artikel ini menyajikan cara menjadi dropshipper di tokopedia


1. Tentukan Produk yang akan Dijual

Langkah pertama yang wajib Anda lakukan adalah menentukan produk yang akan dijual. Untuk menentukan produk yang akan Anda jual, Anda harus memilihnya secara cermat, tidak boleh asal-asalan. Karena, hal tersebut akan berpengaruh terhadap laku tidaknya produk yang akan Anda jual. Anda bisa memanfaatkan mesin pencari seperti Google untuk melihat produk apa yang paling diminati oleh masyarakat dan melihat produk apa yang sedang laku keras. Ataupun Anda dapat melihat halaman beranda tokopedia, dan melihat hot list untuk menemukan produk paling laris di Tokopedia dalam kurun waktu tertentu.

Sebagai saran, Ada baiknya Anda tidak hanya fokus menjual satu atau dua jenis produk saja. Dengan menjadi dropshipper, Anda dapat menjual beberapa jenis produk, misalnya produk pakaian, produk elektronik, produk makanan atau lainnya.


2. Pilih Supplier atau Produsen

Setelah Anda berhasil menentukan produk apa yang akan Anda jual, langkah selanjutnya adalah mencari supplier atau produsen yang memiliki produk yang akan Anda jual. Untuk menentukan supplier atau produsen, Anda harus memilih secara cermat. Ada banyak pertimbangan yang dapat Anda gunakan dalam memilih Supplier atau Produsen. Pertimbangan tersebut dapat dilihat dari sisi kualitas produk, harga, dan pelayanan.


3. Registrasi/Daftar Akun di Tokopedia

Setelah Anda menentukan produk dan supplier atau produsen yang tepat, langkah selanjutnya adalah membuat akun di Tokopedia dengan cara registrasi/daftar akun di Tokopedia. Pada proses ini, Anda harus mengisikan semua data diri Anda dengan benar, mulai dari nama lengkap, nomor handphone, dan alamat email Anda yang sesuai. Setelah Anda selesai melakukan registrasi, jangan lupa untuk membuka email dan melakukan verifikasi pendaftaran dengan tombol aktivasi akun.


4. Membuat Toko di Tokopedia

Setelah Anda berhasil registrasi akun, langkah berikutnya adalah membuat toko di Aplikasi Tokopedia. Pada langkah ini, Anda harus mengisi semua kolom formulir yang ada, mulai dari nama toko, slogan serta deskripsi.

Langkah selanjutnya adalah isi kolom metode pengiriman. Pada kolom ini, sesuaikan dengan metode pengiriman apa saja yang bisa dilakukan oleh supplier atau produsen, karena proses pengiriman produk nantinya ditangani oleh supplier atau produsen.

Berikutnya adalah pilihan dukungan pembayaran.

Setelah semua kolom formulir diisi, selanjutnya klik buka toko untuk mengaktifkan. Sampai tahapan ini, Anda sudah berhasil membuat toko di Tokopedia.


5. Tambahkan Produk di Toko Online Anda

Setelah Anda berhasil membuat toko online di Tokopedia, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menambahkan produk di toko online Anda.


Untuk menambahkan produk, lakukan klik tombol tambahkan produk, kemudian isi deskripsi produk yang akan Anda jual, seperti nama produk, kategori, minimum pemesanan, harga, berat produk, gambar, dukungan asuransi, serta kondisi dan kebijakan pengembalian barang.

Setelah semua formulir lengkap diisi, berikutnya klik simpan. Sampai tahap ini, produk milik Anda sudah bisa dilihat oleh semua pengunjung Tokopedia.

Nah untuk mempermudah promosi jualan Anda, Anda juga dapat membaca artikel berikut ini untuk mencari tahu tips berjualan dengan psikologi marketing.

Selain melalui aplikasi Tokopedia, Anda juga dapat menjadi dropshipper di beberapa E-commerce lainnya, seperti Shopee, Lazada, dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang tertarik menjadi seorang dropshipper di Shopee, Anda dapat mencari tahu Cara Menjadi Dropshipper di Shopee.

Adapun bagi Anda yang tertarik menjadi seorang dropshipper di Lazada, Anda dapat mencari tahu Cara Menjadi Dropshipper di Lazada.

Itulah, informasi mengenai Cara Menjadi Dropshipper di Tokopedia yang dapat artikel ini bagikan.

Sebagai referensi tambahan, untuk membuat usaha jualan online Anda cepat laku, Anda juga bisa mencari tahu tips jualan online. Semoga informasi ini dapat bermanfaat