Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Record di Laptop dan Komputer PC Berbasis Mac OS

Cara Record di Laptop dan Komputer PC Berbasis Mac OS. Merekam layar laptop dan Komputer PC dengan berbasis Mac OS sebetulnya terbilang dengan mudah. Karena, Apple sendiri telah menyediakan fitur buat merekam layar dan memberikan kemudahan bagi Anda selaku pengguna untuk merekam layar secara gratis. 

Maka untuk Anda yang ingin merekam layar, membuat sebuah video tutorial, merekam sebuah video presentasi dan lain sebagainya, Anda dapat memanfaatkan fitur rekam Record melalui Laptop dan Komputer PC Berbasis Mac OS Anda.

Selain itu, untuk Anda yang masih belum mengetahui bagaimana cara screen record di Laptop dan Komputer / PC Anda dengan berbasis Mac OS, Anda tidak akan perlu khawatir. 

Karena, pada postingan ini mengulas tips dan triknya. Yuk mari simak selengkapnya.


Cara Record di Laptop dan Komputer PC Berbasis Mac OS

Cara Record di Laptop
                        Sumber Gambar : Pixabay.Com

a. Pertama Menggunakan Quick Time Player

Cara yang pertama dapat Anda lakukan untuk merekam layar (screen record) di Laptop dan Komputer / PC Anda dengan berbasis Mac OS adalah dengan menggunakan Quick Time Player. 

Quick Time Player merupakan aplikasi bawaannya sehingga sudah tersedia pada Laptop dan Komputer / PC Anda, serta Anda tidak perlu melakukan download dan juga install aplikasi Quick Time Player.

Bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana merekam layar (screen record) di Laptop dan Komputer / PC Anda berbasis Mac OS dengan menggunakan Quick Time Player, simak tutorial dibawah ini.

Cara Record di Laptop dan Komputer PC Menggunakan Quick Time Player

  • Pertama, silakan Anda buka Quick Time Player
  • Kemudian, klik menu file lalu pilih rekaman layar baru
  • Kemudian, Anda akan masuk ke mode screen capture. Disini anda dapat mengatur beberapa opsi seperti Microphone dan Opsi Menampilkan Klik Mouse pada rekaman layar
  • Selanjutnya, jika Anda ingin langsung merekam, Anda dapat mengklik icon record yang berwarna merah
  • Kemudian, setelah Anda memilih area layar yang direkam, maka Anda tinggal melalukan peremakan selama waktu yang Anda mau
  • Selanjutnya, Jika Anda telah selesai merekam, Anda dapat mengklik icon Stop di kanan atas layar atau menekan Command-Control-Esc (Escape)
  • Kemudian silakan Anda pilih file lalu klik simpan dan masukan nama file dan lokasi penyimpanan yang Anda inginkan

 

b. Menggunakan Kombinasi Tombol Shift + Command (⌘) + 5

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk merekam layar (screen record) di Laptop dan Komputer / PC Anda dengan berbasis Mac OS adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Shift + Command (⌘) + 5.

Dengan memanfaatkan kombinasi tombol tersebut, maka secara otomatis akan muncul pada layar laptop atau PC Anda, opsi perekaman layar.

Dengan itu, Anda dapat mengatur apakah Anda ingin merecord seluruh layar ataukah hanya sebagian layar saja. 

Selain itu, Anda juga dapat mengatur timer, Lokasi Penyimpanan, Thumbnail, Opsi Mikrofon dan Opsi Klik mouse.

Adapun apabila Anda telah selesai merecord layar, Anda dapat menekan tombol pause atau menekan kombinasi tombol Command + Control + Esc (Escape).


c. Menggunakan Aplikasi Tambahan

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk record di laptop dan Komputer PC Anda yang berbasis Mac OS, yaitu dengan menggunakan Aplikasi pihak ketiga. 

Harus Anda ketahui, untuk perangkat mac lama yang masih menggunakan MacOS jadul seperti Mountain lion, mavericks, yosemite, el capitan dan sebagainya, ada kemungkinan cara diatas tidak bisa dilakukan. 

Oleh karena itu, sebagai solusi alternatif, Anda dapat memanfaatkan Aplikasi tambahan untuk merekam layar di laptop dan PC Anda.

Aplikasi tersebut yang dapat digunakan diantaranya adalah Camtasia, Ice cream Screen Recorder, OBS Studio, Screen Flow, Tinytake dan lain sebagainya.

 

Akhir Kata

Itu adalah informasi terkait Cara Record di Laptop dan Komputer PC Berbasis Mac OS yang dapat Anda coba sebagaimana untuk membantu memenuhi membuat konten Anda untuk kebutuhan seperti membuat konten Youtube,  merekam materi pelajaran saat kuliah online dan lain sebagainnya. 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda. Selamat mecoba!

Sumber : https://www.tempatkubelajar.my.id/2022/09/cara-record-di-laptop-dan-komputer-pc.html