Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Optimasi Website WordPress

Rekomendasi Optimasi Website WordPress. WordPress telah dikenal sejak lama, dan mungkin sebagian besar dari kita telah mengenalnya. Platform tersebut memang terkenal dan mudah digunakan, sehingga tak heran apabila banyak yang merekomendasikan menggunakannya. 

Penggunanya dapat menggunakannya untuk kebutuhan membangun website secara pribadi atau personal branding, website untuk sebuah perusahaan, website E-learning atau sekolah, sampai membuat toko online yang sederhana mudah di akses.

Untuk itu, ternyata tidak sedikit yang telah mengeluh karena website WordPressnya tidak berjalan secara optimal. 

Maka, Anda perlu melakukan optimasi agar website dapat berjalan dengan lebih cepat lagi dan tidak mempengaruhi visitor website yang mengnginkan mendapatkan sebuah informasi.

Dibawah ini ada beberapa cara dan rekomendasi untuk melakukan sebuah optimasi website WordPress, diantaranya adalah sebagai berikut.


Rekomendasi Optimasi Website WordPress

Optimasi Website WordPress

a. Menentukan Layanan Hosting yang memiliki Performa Tinggi

Hampir Lima Puluh Persen kecepatan website Anda bergantung pada layanan hosting yang Anda gunakan. 

Semakin baik performa layanan hosting yang telah digunakan, semakin cepat juga Anda dapat mengakses website Anda.

Untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin menentukan layanan hosting, antara lain yaitu kualitas server yang digunakan, kredibilitas penyedia layanan hosting, teknologi server yang digunakan, resource setiap layanan, kualitas pelayanan,ulasan dari pengguna sebelumnya dan lain sebagainya.

Hal tersebut dapat dijadikan dasar ketika Anda ingin memilih dan menggunakan layanan hosting untuk website Anda.


b. Menggunakan Layanan WordPress Hosting dan Menentukan Lokasi Hosting

Karena sekarang ini sedang membahas website berbasis WordPress, ada baiknya apabila Anda menggunakan WordPress Hosting. 

Hal tersebut direkomendasikan karena WordPress Hosting telah sengaja dibuat untuk website berbasis seperti WordPress terlebih yang mempunyai resource ataupun kebutuhan yang besar.

Selanjutnya menentukan lokasi Hosting Anda, dalam menentukan sebuah lokasi hosting memang penting untuk website WordPress supaya lebih optimal. 

Maka, Anda menyesesuaikan lokasi hosting dengan target pengunjung website agar pengunjung tidak berat dalam mengakses website. 

Pada lokasi hosting yang tidak sesuai dapat menyebabkan pengunjung akan lebih lama dalam mencarai dan mengakses server website yang Anda gunakan.


c. Melakukan Optimasi Tema Website dan Memantau Plugin yang Digunakan

Ketika membuat website, Anda tentu ingin website Anda dikunjungi oleh banyak visitor.

Diantaranya adalah hal yang dapat menarik minat visitor atau pengunjung yaitu tema yang telah terpasang pada website Anda. 

Akan tetapi, mendapatkan banyak visitor atau pengunjung, terkadang tidak menyadari bahwa tema atau tampilan yang menarik tersebut justru dapat mempengaruhi sebuah kecepatan website.

Tema dengan memiliki banyak fitur fitur, tentu memang dapat mempermudah suatu proses pengaturan layout akan tetapi kabar buruknya seperti server dan juga browser akan bekerja dengan keras. 

Maka, Anda dapat memilih atau menggunakan tema maupun tampilan dengan pilihan yang lebih sedikit akan tetapi dapat membantu website supaya mempercepat loading blog atau website.

Selanjutnya adalah memantau plugin yang digunakan, Memonitor atau memantau plugin tentu dapat anda lakukan.

Karena saat memiliki website, Anda tentunya ingin menggunakan berbagai plugin yang telah tersedia supaya website Anda berjalan lebih optimal. 

Akan tetapi, apakah memang benar Anda memerluka plugin plugin yang anda gunakan. Untuk itu penginstalan dengan banyak plugin dapat mempengaruhi yang buruk untuk website Anda.

Ketika ingin menginstal sebuah plugin, pastikan plugin itu telah dioptimasi khusus versi WordPress. 

Anda juga diharuskan melakukan mengetahui terhadap plugin yang akan Anda install agar dapat meminimalkan keterlambatan proses bekerja pada website. 

Perlu diingat kembali untuk selalu melakukan update plugin supaya website Anda tetap berjalan dengan lebih optimal kembali.


d. Melakukan Optimasi Widget dan Optimasi Gambar

Ketika Anda membuat website, usahakan untuk memanfaatkan widget yang tidak berat sehingga tidak mempengaruhi loading. 

Lalu jangan lupa untuk melakukan update widget agar mendapatkan performa yang lebih baik lagi.

Selanjutnya optimasi gambar, gambar adalah hal tentu penting ketika Anda mempunyai website.

Akan tetapi terkadang keberadaan gambar tersebut juga membuat website menjadi berat dan mengalami keterlambatan kecepatan saat mengakses. 

Oleh sebab itu Anda perlu melakukan optimasi terhadap gambar.

Anda dapat melakukan mengconvert gambar sebelum mengunggahnya sebagai antisipasi ukuran yang terlalu besar terhadap gambar. 

Anda juga dapat memilah milih format gambar yang terbaik untuk digunakan dalam  mengembangkan website Anda. 

Agar format gambar yang lebih mudah untuk digunakan dan juga format lainnya mempunyai ukuran lebih kecil. 

Diantaranya seperti format SVGs mempunyai ukuran file lebih sedikit, apalagi apabila Anda optimasi pada web dengan mengkompresi dengan gZip.


e. Rajin Melakukan Perbaikan ulang pada WordPress

Agar tetap optimal website WordPress Anda, perlu Anda ingat untuk melakukan perbaikan ulang dengan rajin. 

Anda dapat memperhatikan supaya WordPress tetap bekerja menjadi optimal yaitu rajin dalam melakukan update terhadap WordPress dan plugin yang telah digunakan, menghapus draft postingan yang lama karena berpotensi menambah memenuhi penyimpanan dan menghapus komentar komentar yang termasuk spam yang terdapat di kolom komentar postingan Anda.


Akhir Kata

Uraian diatas adalah Cara dan Rekomendasi Optimasi Website WordPress yang dapat Anda gunakan dalam membuat atau mengembangkan website WordPress agar menjadi lebih optimal lagi dan tetap cepat juga mudah diakses. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Sumber : https://www.tempatkubelajar.my.id/2022/09/rekomendasi-optimasi-website-wordpress.html