Pengertian Komputer lengkap dengan Jenis Jenisnya

Apa itu komputer? Komputer yaitu suatu alat yang di manfaatkan atau dipergunakan untuk mengolah suatu data sesuai aturan atau intruksi telah dirumuskan atau guna memanipulasi suatu data dengan cepat dan dapat langsung diinput,diprosses, & dapat mengeluarkan data bedasarkan prossedur yang diberikan serta disimpaan di memori.

Pengertian Komputer lengkap dengan Jenis Jenisnya

Pengertian Komputer lengkap dengan Jenis Jenisnya

Komputer tentu merupakan perangkat elektronic yang saat ini sangat diinginkan oleh banyak orang untuk menunjang pekerjaan contohnya seperti untuk menginput data,mengetik data, edit data, mendesain produk, membuat suatu gambar/poster dan sebagainnya. 

Penting diingat bahwa penjelasan komputer tersebut sudah sampai kegenerasi kelima salah satunya ialah generasi kitaa.Pada zaman dulu komputer jangkauannya cuman arearumah, dizaman sekarang ini bisa anda ketahui komputer jangkauannya sangat besar.

Sebenarnya komputer mempunyai banyak sekali jenisnya tetapi, untuk mempermudahkan jenis-jenisnya dapat dikelompokkan menjadi sebagai berikut.

  1. kelommpok komputer bedasarkan Prinsip Operasioal/Operasional principle.
  2. Kelommpok komputer Penggunaan Pribadi/Personal Computer.
  3. Kelommpok komputer berdasarkan Daya Pengolahan/Processing power.


Untuk ke-3 tersebut, yang akan dibahaas ialah yang berhubungan terhadap kelompok bedasarkaan pengguna pribadi.Berdasar penguna pribadi computer mempunyai banyak jenis yakni sebagi di bawah ini.

1. Server

Untuk komputer jenis server ini umumnya mempunyai spesifikasi yang termasuk tinggi serta harga mahal. Komputer ini mempunyai kemampuan memory yang lumayan besar serta processor yang kuat. Umumnya komputer ini dipakai selaku pengontrol computer - computer lain (klien) yang terhubung dengan komputer ini. Komputer ini akan memberi data atau info ke computer klien. Umumnya komputer server ini direncanakan besar sekali sebab untuk memasangkan atau menyusun banyak hardware yang dipakai.

2. Desktop

Untuk komputer jenis ini adalah jenis komputer yang dipakai beberapa orang umumnya. Yang perlu mempunyai saluran listrik waktu memakainya. Komputer ini kerap terpasang di rumah - rumah atau dikantor dengan peralatan seperti mouse, keyboard, speaker serta headset. Sekarang ini desktop terkini telah memakai monitor dgn monitor LCD dan LED yang sedikit mengisap listrik.

3. Laptop

Untuk komputer jenis ini adalah komputer yg bisa dibawa kemana saja sebab keringanan serta portablenya untuk dibawa ke mana - mana. Sebab komputer ini sudah 1 paket dengan mouse serta keyboard dan mempunyai baterei yang selaku stok sumber listrik. Ukuran sedikit besar jadi memerlukan satu TAS untuk mengantarnya.

4. Notebook

Untuk komputer jenis ini sebetulnya nyaris sama juga dengan laptop namun ukuran lebih kecil serta detailnya lebih rendah. Nah untuk anda yang menyukai melihat Sinetron Korea atau Film dengan memakai Notebook lumayan gampang sebab lumayan ringan dibawa dimanapun. Tapi untuk bermain Game atau menjalankan Software besar cukup susah sebab Detailnya yang rendah.

5. Komputer Tablet

Komputer jenis ini adalah komputer monitor sentuh jadi semuanya akan dipermudahkan cukup dengan mendesak langsung untuk monitor computer itu dengan tangan atau dengan pena digital yang sudah diberi disana. Nyaris sama juga dengan Mobile phone tapi ukuran monitornya lebih luas. Agar batrainya tahan lama anda dapat bawa Power Bank.

Dari beberapa jenis komputer yang sudah diulas di atas Anda pun harus mengenali berkenaan alat untuk input, proses, memory serta output. Untuk Anda yang belum memahami betul berkenaan beberapa alat itu berikut beberapa alat yang Anda butuhkan untuk menjalankan komputer dengan benar dan baik.

Alat input : Alat input adalah semuanya alat elektronik yang cocok dengan computer yang berperan untuk masukkan data atau menginput data kekomputer. Contoh alat input seperti keyboard, mouse, scanner, microfon, trek ball, Joy stick, touch pad, Barcode, handycam serta ada banyak yang lain.

Alat prosess : Alat prosses adalah semuanya alat elektronikk yang dipakai untuk mengolah data dari input agar bisa dikeluarkan atau dioutputkan. Contoh alat pemrosesan.pemroduksi adalah CPU atau Central Processing Unit yang disebut otak dari komputer yang mengendalikan segala hal di computer.

Alat output : Alat output adalah semuanya alat elektronik yang dipakai untuk keluarkan data dari input. Alat ini berperan untuk keluarkan atau mengubah wujud virtual jadi wujud riil atau real. Contoh alat output ini adalah: monitor, projector, printer, speaker, ploter, serta ada banyak kembali.

Memory : untuk memory sendiri tentu banyak yang tahu bila peranan penting memory adalah simpan data yang sudah diolah awalnya. Tetapi, penting diingat jika memory dibagi jadi 2 yakni ada RAM serta ada ROM.

Itu sedikit Keterangan serta Pemahaman mengenai Komputer lengkap dengan jenis jenisnya. Mudah-mudahan dapat menolong anda dalam mengetahui lebih jauh kembali.