Perbedaan antara Sistem Mesin Bensin dan Mesin Diesel

Apa itu mesin bensin dan mesin diesel? Mobil, truk, bus, dan mobil lainnya menggunakan mesin berdasarkan bahan bakar fosil. Dua jenis mesin yang paling umum adalah mesin bensin dan mesin diesel. Sebagian besar kendaraan berjalan baik pada mesin bensin atau mesin diesel. 

Perbedaan utama antara mesin bensin dan mesin diesel adalah bahwa dalam mesin bensin, bahan bakar dan udara keduanya dikompresi dengan percikan api, sedangkan di mesin diesel, hanya udara yang dikompresi, dan bahan bakar disuntikkan di udara terkompresi. 

Mesin bensin dan mesin diesel masing-masing bekerja pada siklus otto dan siklus diesel. Untuk lebih lanjutnya silakan simak selengkapnya.

Perbedaan antara Sistem Mesin Bensin dan Mesin Diesel

PERBEDAAN ANTARA MESIN BENSIN DAN MESIN DIESEL

A. SISTEM MESIN BENSIN

Mesin bensin sebagian besar digunakan pada mobil, skuter, mesin, dll. Ini adalah mesin pembakaran internal dengan pengapian percikan. Ini juga dikenal sebagai mesin bensin. Itu adalah 1 ditemukan di Eropa, 1876. 

Itu adalah model mesin bensin yang sangat mendasar. Setelah ini banyak improvisasi telah dilakukan dan model saat ini yang digunakan orang adalah yang terbaru. Dalam mesin bensin, udara dan bahan bakar dicampur sebelum kompresi dan kemudian percikan listrik digunakan untuk pengapian. 

Suhu pengapian adalah suhu terendah di mana bahan bakar atau bahan yang mudah terbakar, ketika dipanaskan, terbakar. Ini bekerja pada siklus Otto. Siklus Otto menjelaskan bagaimana dalam mesin bensin, energi kimia diubah menjadi energi panas dan kemudian menjadi gerak.


Bagaimana Cara Kerja Mesin Bensin atau Sistem Injeksi Motor Bensin?

Cara Kerja Mesin Bensin atau Sistem Injeksi Motor Bensin

  • Bahan bakar (bensin) dan udara ditambahkan ke silinder dan dicampur.
  • Campuran bensin dan udara dikompresi dengan menggunakan poros engkol.
  • Sekarang percikan digunakan dalam campuran dan campuran memaksa piston ke bawah.
  • Gas keluar dari katup buang.


B. SISTEM MESIN DIESEL

Umumnya, truk dan kendaraan berat lainnya menggunakan mesin diesel. Ini juga merupakan mesin pembakaran internal yang bekerja pada diesel. 

Di mesin ini, udara dikompresi, sehingga menjadi sangat panas dan kemudian bahan bakar (diesel) disuntikkan ke dalamnya. 

Dengan demikian, diesel mencapai suhu pengapiannya dengan panas udara terkompresi. Ini juga dikenal sebagai mesin pengapian kompresi. Itu 1 dikembangkan oleh Rudolf Diesel pada tahun 1893 di Jerman. Mesin Diesel terutama digunakan di kereta api pada waktu itu.


Bagaimana Cara Kerja Mesin Diesel atau Sistem Injeksi Motor Diesel?

Cara Kerja Mesin Diesel atau Injeksi Motor Diesel

  • Mesin diesel bekerja pada siklus diesel. Hal ini dapat dijelaskan dengan langkah-langkah berikut yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:
  • Induksi Stroke-Piston mesin turun dan udara masuk ke dalam silinder.
  • Kompresi Stroke-Piston naik dan kompres udara. Sekarang udara semakin panas.
  • Langkah daya-sekarang, bahan bakar atau diesel ditambahkan ke silinder.
  • Knalpot stroke-bahan bakar atau diesel mulai terbakar karena suhu pengapian yang disediakan oleh udara panas. Asap keluar dari katup.


C. SISTEM MESIN BENSIN VS SISTEM  MESIN DIESEL

Diesel dan bensin keduanya adalah bahan bakar fosil, tetapi kerja mesin bensin dan mesin diesel berbeda satu sama lain. Perbedaan antara mesin bensin dan mesin diesel dapat dijelaskan dengan poin-poin berikut.

Mesin Bensin vs Mesin Diesel

Akhir Kata
Artikel diatas adalah pembahasan mengenai Perbedaan antara Mesin Bensin (sistem injeksi motor bensin) dan Mesin Diesel (injeksi motor diesel) yang dapat anda ketahui, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu Anda. Terima kasih.